Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Dalam Pengambilan Sertifikasi Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi di Perguruan Tinggi Kabupaten Jember)
DOI:
https://doi.org/10.53697/emba.v5i1.2610Keywords:
Minat Mahasiswa, Motivasi, Persepsi, Pemahaman, Sertifikasi AkuntansiAbstract
Kebutuhan akan akuntan profesional bersertifikat terus meningkat seiring dengan perkembangan ekonomi dan tuntutan pasar kerja yang semakin kompetitif. Namun, masih banyak mahasiswa akuntansi yang belum tertarik untuk mengikuti sertifikasi akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi, persepsi, dan tingkat pemahaman terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam mengambil sertifikasi akuntansi. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data diperoleh dari 63 mahasiswa akuntansi di perguruan tinggi Kabupaten Jember melalui kuesioner berskala Likert. Analisis dilakukan menggunakan regresi linier berganda setelah data melalui uji validitas, reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi, berpengaruh signifikan terhadap Minat Mahasiswa untuk mengikuti Sertifikasi Akuntansi Profesional. Sedangkan persepsi, dan tingkat pemahaman tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Minat Mahasiswa dalam mengikuti Sertifikasi Akuntansi Profesional. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun mahasiswa memiliki pandangan dan pemahaman terhadap sertifikasi, faktor penentu utama minat mereka adalah tingkat motivasi yang dimiliki. Penelitian ini memberikan implikasi bagi institusi pendidikan untuk lebih menekankan pendekatan yang membangun motivasi mahasiswa dalam pengembangan karier melalui sertifikasi profesional.
References
Davianti, A., & Arnova, M. (2023). Minat mahasiswa dan sertifikasi profesi. Perspektif Akuntansi, 6(3), 1–21.
Ghozali, I. (2018). Application of multivariate analysis with IBM SPSS 25 program (Vol. 1, Issue 1, pp. 1–99). Agency.
Green, S. B. (1991). How many subjects does it take to do a regression analysis? Multivariate Behavioral Research, 26(3), 499–510. https://doi.org/10.1207/s15327906mbr2603_7
Hastuti, A. P. (2023). Jenis-jenis sertifikasi untuk profesional di bidang akuntansi. Retrieved from https://www.kelas.com
Ikatan Akuntan Indonesia. (2024). Ujian sertifikasi akuntan profesional. https://web.iaiglobal.or.id/Sertifikasi-IAI/Ujian%20Sertifikasi%20Akuntan%20Profesional#gsc.tab=0
Institut Akuntan Manajemen Indonesia. (2024). Ujian CPMA. https://www.iamiglobal.or.id/page/sertifikasi-cpma.html
Institut Akuntan Publik Indonesia. (2020). Jalur reguler ujian profesi akuntan publik. https://iapi.or.id/jalur-reguler/#
Institute of Internal Auditors Indonesia. (2024). The only globally recognized certification for internal auditors. https://iia-indonesia.org/wp-content/uploads/brochure/Booklet-Sertifikasi-IIA-Update-030624.pdf
Jayanti, F., & Arista, N. T. (2019). Persepsi mahasiswa terhadap pelayanan perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura. Competence: Journal of Management Studies, 12(2), 205–223.
Kadji, Y. (2012). Tentang teori motivasi. Jurnal Inovasi, 9(1), 1–15. http://id.portalgaruda.org/index.php?page=2&ipp=10&ref=search&mod=document&select=title&q=teori+motivasi
Kurniyawati, I., & Listyowati, E. (2021). Tantangan, hambatan dan peluang karir profesi akuntan publik di Indonesia. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 723–731.
Matondang, Z. (2014). Validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Applied Mechanics and Materials, 496–500(1), 1510–1515.
Mihartinah, D., & Corynata, I. (2018). Pengaruh sikap terhadap perilaku, norma subjektif, dan kontrol perilaku persepsian terhadap niat mahasiswa akuntansi untuk mengambil sertifikasi Chartered Accountant. Jurnal Akuntansi, 8(2), 77–87.
Nisa, S. (2019). Pengaruh tingkat pemahaman, motivasi dan sikap terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengambil profesi Chartered Accountant (CA) pada Universitas Islam Swasta di Kota Medan [Undergraduate thesis, Unknown University].
Nurcahyo, B. (2018). Analisis dampak penciptaan brand image dan aktifitas word of mouth (WOM) pada penguatan keputusan pembelian produk fashion. Jurnal Nusamba, 3(1), 14–29.
https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/manajemen/article/view/12026/843
Pradana, A. I. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi niat pengambilan sertifikasi akuntan. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Prayitno, J. A. (2021). Faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi dalam memperoleh sertifikasi profesional akuntansi di Indonesia (Chartered Accountant). COMPETITIVE: Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 5(2), 91.
Prihartanta, W. (2015). Teori-teori motivasi prestasi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 1(83), 1–11.
Puspitasari, D. A. (2020). Pengaruh persepsi, pengetahuan akuntansi, dan penghargaan finansial terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk berkarir di bidang akuntan publik
Saptiningtias, M. (2022). Faktor–faktor yang memengaruhi niat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti sertifikasi akuntan. Retrieved from https://www.aging-us.com
Sugiyono. (2013). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Warmita, I. W., & Wati, N. W. A. E. (2022). Pengaruh profitabilitas, harga saham, likuiditas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018–2020. Hita Akuntansi dan Keuangan Universitas Hindu Indonesia, 4(1), 88–99. https://ejournal.unhi.ac.id/index.php/HAK/article/view/3584
Worldometer. (2025). Populasi: Asia Tenggara. https://www.worldometers.info/population/asia/south-eastern-asia/
Wulansari, S., & Hariyanto, W. (2023). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi dalam pengambilan sertifikasi akuntansi. Indonesian Journal of Innovation Studies, 21, 1–14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hayati Muyassaroh, Rendy Mirwan Aspirandi, Achmad Syahfrudin Zulkarnnaeni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.