Analisis Framing Pemberitaan Indonesia Gelap Pada Media Online CNNIndonesia.com dan Tempo.Co (Analisis Framing R Entman)

Authors

  • Fadil Muharrom Universitas Lampung
  • Oriza Putri Feriyanti Universitas Lampung
  • Zaki Radivan Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.53697/jkomitek.v5i1.2434

Keywords:

Analisis Framing, CNNIndonesia.com, Tempo.Co, Indonesia Gelap

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembingkaian yang dilakukan oleh portal berita media online CNNIndonesia.com dan Tempo.co dalam memberitakan isu Indonesia Gelap, dengan menggunakan model analisis framing Robert Entman. Gerakan yang digagas oleh mahasiswa dan kelompok masyarakat sipil ini muncul sebagai respons terhadap kebijakan pemerintah yang tidak berpihak pada rakyat. Penelitian deskriptif kualitatif ini menganalisis dua artikel dari masing-masing portal berita, dengan fokus pada empat elemen framing utama, yaitu mendefinisikan masalah, mendiagnosis penyebab, membuat penilaian moral, dan menyarankan solusi. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa CNNIndonesia.com menggunakan nada netral dan deskriptif, menekankan aspek visual dan logistik tanpa menyelidiki akar penyebabnya. Sebaliknya, Tempo.co menyajikan perspektif kritis, menyoroti masalah  dalam kebijakan pemerintah, mempertanyakan kecenderungan otoriter pemerintah, dan menuntut transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi publik.

References

Acemoglu, D., & Robinson, J. A. (2012). Why Nations Fail: The Origins of Power, Prosperity, and Poverty. Crown Publishing Group.

Alfani, H., Rustanta, A., Oktivera, E., & Lee, S. (2023). Media Framing Against Identity Political Orientation as a Representation of Political Interests Ahead of the 2024 Presidential Election. KnE Social Sciences, 2023(17), 365–376. https://doi.org/10.18502/kss.v8i12.13685

Ayu, R. A. (2025, Februari 17). Ramai tagar Indonesia gelap, apa maksudnya? Dipetik Maret 24, 2025, dari Tempo.Co.: https://www.Tempo.Co/politik/ramai-tagar-indonesia-gelap-apa-maksudnya--1208171

CNN Indonesia. (2025, Februari 21). Massa Indonesia Gelap Menyemuti di TIM, Almamater Diganti Baju Hitam. CNN Indonesia. https://www.CNNIndonesia.com/nasional/20250221140521-20-1200966/massa-indonesia-gelap-menyemut-di-tim-almamater-diganti-baju-hitam

CNN Indonesia. (2025, Februari 22). Pengamat: Demo Indonesia Gelap Respons Publik pada Kebijakan Negara. CNN Indonesia. https://www.CNNIndonesia.com/nasional/20250222132007-20-1201276/pengamat-demo-indonesia-gelap-respons-publik-pada-kebijakan-negara

CNNIndonesia.com. (2025). CNNIndonesia.com. Dipetik Maret 24, 2025, dari Tentang Kami: https://www.CNNIndonesia.com/tentang-kami

Eliya. (2019). Framing, Jurus Slick Menjebak Pembaca. Bitread Publishing.

Eriyanto. (2012). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. LKis.

Fahmy Fotaleno, Udi Rusadi, & Asrul Mustaqim. (2024). Journalists’ Ethical Dilemma In Applying Deontological Principles To The News Production Process In The Era Of Technological Determinism (Case Study of INDOZONE.id and GATRA.com Journalists). International Journal of Social Science, 3(5), 693–698. https://doi.org/10.53625/ijss.v3i5.7433

Fukuyama, F. (2014). Political Order and Political Decay: From the Industrial Revolution to the Globalization of Democracy. Farrar, Status and Giroux.

Kovach, B., & Rosenstiel, T. (2014). The Elements of Journalism: What Newspeople Should Know and the Public Should Expect. Crown Publishing Group.

Liaw, T. (2016). CNN Indonesia: Between Nationalism and Globalism. Pustaka Gramedia.

Masduki, & D’Haenens, L. (2022). Concentration of Media Ownership in Indonesia: A Setback for Viewpoint Diversity. International Journal of Communication, 16, 2239–2259.

McQuail, D. (2011). McQuail’s Mass Communication Theory (6th ed.). Sage.

Merriam, S. B. (2009). Qualitative research: A guide to design and implementation. In Jossey Bass: A Wiley Imprint (2nd ed.). Jossey-Bass: A Wiley Imprint.

Paramitha, G. A., & Karim, A. A. (2022). Analisis Framing Berita Penembakan Jurnalis AS di Ukraina pada CNNIndonesia.com dan Sindonews.com. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(5), 376–383. https://doi.org/10.5281/zenodo.6504844

Putra, B. A. (2024). The CNN effect in Indonesia: re-arguing the relevance of communication theories in international relations. Frontiers in Communication, 9. https://doi.org/10.3389/fcomm.2024.1467727

Smith, A. (2009). The Wealth of Nations. Digireads.com Publishing.

Snyder, T. (2014). Bloodlands: Europe Between Hitler and Stalin. Basic Books.

Sobur, A. (2015). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotika, dan Analisis Framing. PT Remaja Rosdakarya.

Stiglitz, J. E. (2002). Globalization and its Discontents. W.W. Norton & Company.

Tullock, G. (1987). Autocracy. Kluwer Academic Publishers.

Tunggali, A. P. (2020). Manajemen Media Massa (Konsep Dasar, Pengelolaan, dan Etika Profesi). Pustaka Baru Press.

Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211.

Downloads

Published

2025-05-19

How to Cite

Fadil Muharrom, Oriza Putri Feriyanti, & Radivan, Z. (2025). Analisis Framing Pemberitaan Indonesia Gelap Pada Media Online CNNIndonesia.com dan Tempo.Co (Analisis Framing R Entman). Jurnal Komputer, Informasi Dan Teknologi, 5(1), 14. https://doi.org/10.53697/jkomitek.v5i1.2434

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.