Tantangan Reformasi Birokrasi di Indonesia: Analisis Program Lapor Mas Wapres dalam Perspektif Good Governance

Authors

  • Alila Arsyi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta image/svg+xml
  • Jasmine Maryam Btarindra Ubaedi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta image/svg+xml
  • Salma Huroidhoh Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta image/svg+xml
  • Siti Atika Optafiyacha Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta image/svg+xml
  • Jerry Indrawan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2421

Keywords:

Reformasi Birokrasi, Good Governance, Lapor Mas Wapres

Abstract

Dalam upaya menghadapi perkembangan teknologi yang menuntut reformasi birokrasi, pemerintahan Prabowo-Gibran meluncurkan program Lapor Mas Wapres dalam upaya mendukung layanan pengaduan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah reformasi birokrasi dalam program Lapor Mas Wapres telah  sesuai dengan prinsip Good Governance. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif digunakan melalui observasi website Lapor Mas Wapres dan juga studi literatur pada sumber akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini meski bertujuan baik dengan mengadopsi teknologi digital dan kolaborasi layanan tatap muka, namun dalam implementasinya masih menghadapi berbagai tantangan seperti kendala teknis, keterbatasan akses, masalah perlindungan data, serta potensi tumpang tindih dengan SP4N Lapor. Sehingga program ini belum sepenuhnya mendukung langkah-langkah reformasi birokrasi sesuai dengan keenam prinsip utama Good Governance. Berdasarkan analisis, terdapat keterbatasan infrastruktur digital sehingga tidak inklusif, keterbukaan informasi yang minim di website, efektivitas yang kurang karena pengaduan langsung yang hanya ada di pusat kota, dan perlu adanya kepastian jaminan hukum agar tidak rentan diskriminatif dalam layanan pengaduan.

References

Aisyah, E. N. A., Nabila, D. S., & Sabrina, M. A. (2024). Penerapan Platform LAPOR sebagai Sistem Pengaduan Masyarakat Berbasis Digital di Kota Malang. Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 7(1), 92-100.

Antara News. (2024, November 15). Pengamat: Program "Lapor Mas Wapres" harus perhatikan lima hal. Antara News. Retrieved 2025, from https://www.antaranews.com/berita/4468289/pengamat-program-lapor-mas-wapres-harus-perhatikan-lima-hal

Ardiansah, A. A., Fadli, Y., Chumeidy, A., & Hermawan, D. (2024). Analisis Efektivitas Sp4n-Lapor! Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Kabupaten Tangerang. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 10(4), 828-847.

CNN Indonesia. (2025). Layanan 'Lapor Mas Wapres' diperbaiki, apa yang baru? CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20250215172141-20-1198675/layanan-lapor-mas-wapres-diperbaiki-apa-yang-baru

Cordella, A., & Tempini, N. (2015). E-government and organizational change: Reappraising the role of ICT and bureaucracy in public service delivery. Government Information Quarterly, 32(3), 279-286.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian kualitatif & desain riset: memilih diantara lima pendekatan. Pustaka Pelajar.

Dwi Gayati, M. (2024). “Lapor Mas Wapres” terintegrasi kanal laporan SP4N kementerian-lembaga. ANTARA News. https://www.antaranews.com/berita/4466434/lapor-mas-wapres-terintegrasi-kanal-laporan-sp4n-kementerian-lembaga

Elvia, V., Adnan, M. F., & Khaidir, A. (2025). The Role of Technology in Achieving Good Governance: A Public Administration Theory Perspective. Journal of Practice Learning and Educational Development, 5(1), 199-206.

eMedia DPR. (2025, Maret 14). Andreas Hugo Pareira Tanyakan Kelanjutan Program “Lapor Mas Wapres”. eMedia DPR. Retrieved 2025, from https://emedia.dpr.go.id/2025/03/14/andreas-hugo-pareira-tanyakan-kelanjutan-program-lapor-mas-wapres/

Hood, C., & Margetts, H. (2007). The Tools of Government in the Digital Age. Macmillan Education UK.

Indonesia.go.id. (2024). Era Baru Perlindungan Data Pribadi.

Jangkara. (2024, November 14). Lapor Mas Wapres, Strategi Politik Performatif? Jangkara. Retrieved 2025, from https://jangkara.id/trending-issue-analysis/lapor-mas-wapres-strategi-politik-performatif/

Kamil, I., & Rastika, I. (2024). Kuota “Lapor Mas Wapres” Penuh, Warga Antre Masukkan Dokumen Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kuota “Lapor Mas Wapres” Penuh, Warga Antre Masukkan Dokumen. Kompas.com. https://nasional.kompas.com/read/2024/11/15/10255351/kuota-lapor-mas-wapres-penuh-warga-antre-masukkan-dokumen

Kompas. (2024, November 11). Warga Datang Jauh-jauh dari Makassar dan Surabaya untuk Mengadu lewat "Lapor Mas Wapres". Kompas. Retrieved 2025, from https://nasional.kompas.com/read/2024/11/11/15232941/warga-datang-jauh-jauh-dari-makassar-dan-surabaya-untuk-mengadu-lewat-lapor

Kompas. (2024, November 15). "Lapor Mas Wapres” Program Pemerintah yang Jamin Aduan Warga Ditindaklanjuti Halaman all - Kompas.com. KOMPAS.com. Retrieved April 28, 2025, from https://nasional.kompas.com/read/2024/11/15/06304731/lapor-mas-wapres-program-pemerintah-yang-jamin-aduan-warga-ditindaklanjuti?page=all

Kompasiana. (2024, November 24). "Lapor Mas Wapres" dari Perspektif Teknologi. Kompasiana. Retrieved 2025, from https://www.kompasiana.com/vrgultom/67434860ed6415337813bd72/lapor-mas-wapres

Kusmiyati, R., Ginting, R., & Thariq, M. (2023). Digitalisasi Birokrasi Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (Peluang Dan Tantangannya). KOMUNIKOLOGI:Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial, 7(1), 33-46.

Lapor Mas Wapres. (2025). Alur Pengaduan Tatap Muka. lapormaswapres.id. Retrieved April 28, 2025, from https://lapormaswapres.id/tatap-muka

Lintang, D., & Suherman, A. (2023). Standar Pelayanan Publik (Studi pada Pelayanan Administrasi Kepedudukan di Kecamatan Jatiuwung Kota Tangerang). Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 13(1), 64-73. https://doi.org/10.33592/jiia.v13i1.3322

Malik, D. E. H., Nurmanto, A., Putra, J. M., & Saputro, A. A. (2023). Analisis Efisiensi Birokrasi dalam Administrasi Publik: Tinjauan Terhadap Proses Pengambilan Keputusan. Eksekusi: Jurnal Ilmu Hukum dan Administrasi Negara, 1(3), 232-237.

Manurung, T. Y. (2023). Analisis Hukum tentang Kebijakan Privasi Data di Era Digital. Writebox, 6(1).

Metro News. (2024, November 13). Alasan di Balik Peluncuran Layanan Aduan Lapor Mas Wapres oleh Gibran, dan Alur Proses Pengaduannya. metronews.co. https://www.metronews.co/alasan-di-balik-peluncuran-layanan-aduan-lapor-mas-wapres-oleh-gibran-dan-alur-proses-pengaduannya/

Nasution, A. R., Handayani, A., Hasugian, F. M. S., Rinaldi, R., Gilbert, T. E., Angelia, T., & Septian, Y. (2024). Analisis Permasalahan Dalam Birokrasi Di Indonesia. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(1), 2610-2616.

Pusat Telaah dan Informasi Regional. (2024, Desember 13). LAPOR Mas Wapres: Solusi atau Sekadar Simbol? Pusat Telaah dan Informasi Regional. Retrieved 2025, from https://pattiro.org/2024/12/lapor-mas-wapres-solusi-atau-sekadar-simbol/

Pusat Telaah dan Informasi Regional. (2024, December 13). LAPOR! menerima 2,1 juta pengaduan sejak 2018. pattiro.org. Retrieved April 28, 2025, from https://pattiro.org/2024/12/lapor-mas-wapres-solusi-atau-sekadar-simbol/

Roskin, M. G., Jones, W. S., Medeiros, J. A., & Cord, R. L. (2011). Political Science: An Introduction. Pearson Longman.

Santoso, A., Alfiyah, S., Miftahurrohmah, Z., Latifah, D. U. L., & Zidyani, N. (2024). Tantangan Dan Peluang Digitalisasi Pelayanan Publik Di Desa Karangsemanding. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(4), 101-108.

Suari, K., R, A., & Sarjana, I. M. (2023). Menjaga Privasi di Era Digital: Perlindungan Data Pribadi di Indonesia. Jurnal Analisis Hukum, 6(1), 132-142.

Tempo. (2025, Februari 13). Pemerintah Punya 27.000 Aplikasi, Kemenpan RB: Setiap Tahun Ada Pemeliharaan. Tempo.co. https://www.tempo.co/ekonomi/pemerintah-punya-27-000-aplikasi-kemenpan-rb-setiap-tahun-ada-pemeliharaan-1206382

United Nations Development Programme. (1997). Governance for Sustainable Human Development: A UNDP Policy Document. United Nations Development Programme.

VIDA. (2024). Perlindungan Data Pribadi: Pentingnya UU di Era Digital.

Wapres RI. (2024, November 14). KKK Klarifikasi Program Lapor Mas Wapres Sebagai Program Pemerintah. wapresri.go.id. https://www.wapresri.go.id/kkk-klarifikasi-program-lapor-mas-wapres-sebagai-program-pemerintah/

Wirawan, D. G., & Tjenreng, M. B. (2025). Penerapan Good Governance dalam Reformasi Birokrasi untuk Peningkatan Layanan Publik di Indonesia. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 5(1), 179-193.

World Bank. (2024). Governance Overview. https://www.worldbank.org/en/topic/governance/overview

Yasin, A. S. Y., Anwar, A., Sagena, U. W., & Masjaya. (2024). Analisis Kebijakan Publik Dan Reformasi Birokrasi Dalam Mewujudkan Good Governance. Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi, 17(2), 410-418.

Downloads

Published

2025-05-07

How to Cite

Arsyi, A., Ubaedi, J., Huroidhoh, S., Optafiyacha, S. A., & Indrawan, J. (2025). Tantangan Reformasi Birokrasi di Indonesia: Analisis Program Lapor Mas Wapres dalam Perspektif Good Governance. Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 5(1), 15. https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2421

Issue

Section

Articles