Pengaruh Promosi, Harga dan E-Service Quaility Terhadap Keputusan Pembelian di Tiktok Shop Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jember Tahun 2020
DOI:
https://doi.org/10.53697/emak.v6i1.2261Keywords:
Promosi, Harga, E-service Quality, Keputusan PembelianAbstract
Berjalannya aktivitas bisnis tidak terlepas dari komunikasi dengan para konsumen dalam upaya menginformasikan sebuah produk dan sekaligus untuk membujuk konsumen menggunakan produk tersebut sehingga produk memiliki hubungan erat dengan konsumen. Oleh karena itu, perusahaan harus membangun komunikasi dengan promosi yang relevan dengan konsumen, harga yang kompetitif dan pelayanan yang berkualitas sehingga konsumen dapat dengan mudah memilih produk perusahaan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dari promosi, harga dan e-service quaility terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pengujian regresi linier berganda. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jember angkatan 2020 sebanyak 180 responden. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa promosi, harga dan e-service quaility berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil ini memberi penekanan pada pentingnya keputusan pembelian terhadap pertumbuhan bisnis bagi perusahaan dengan faktor-faktor pendukung yang harus menjadi perhatian sehingga produk perusahaan dapat menjadi pilihan utaman konsumen.
Downloads
References
Ahdiat, A. (2024). TikTok Shop Gabung Tokopedia, Ini Jumlah Penggunanya. Katadata.Co.Id.
Christy, F. E. (2020). Prediksi Angka Pengguna E-commerce di Indonesia 2024. Tempo.Com.
Dewangkara, P., & Hasin, A. (2023). Pengaruh Standar Operasional Prosedur (SOP) terhadap Kualitas Layanan (Studi Pada Balakosa.Co). Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(2), 8–19.
Eng, C.W. (2022). Dietary practices, food purchasing, and perceptions about healthy food availability and affordability: a cross-sectional study of low-income Malaysian adults. BMC Public Health, 22(1), ISSN 1471-2458, https://doi.org/10.1186/s12889-022-12598-y
Flowers, S. (2019). Consumer preferences for beef with improved nutrient profile. Journal of Animal Science, 97(12), 4699-4709, ISSN 0021-8812, https://doi.org/10.1093/jas/skz327
Grigsby-Duffy, L. (2020). The healthiness of food and beverages on price promotion at promotional displays: A cross-sectional audit of australian supermarkets. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(23), 1-18, ISSN 1661-7827, https://doi.org/10.3390/ijerph17239026
Ji, D. (2022). Effects of providing total cost of ownership information on below-40 young consumers’ intent to purchase an electric vehicle: A case study in China. Energy Policy, 165, ISSN 0301-4215, https://doi.org/10.1016/j.enpol.2022.112954
Kim, E.L. (2021). Turning Discounts Into Profits: Factors Influencing Online Purchasing Decisions for Hotel Add-on Items. Cornell Hospitality Quarterly, 62(4), 438-454, ISSN 1938-9655, https://doi.org/10.1177/1938965520935397
Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (New Jersey).
Kumrotin, E. L., & Susanti, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe Ko.We.Cok di Solo. Journal Manajemen Indonesia, 6(1).
Li, W. (2019). Would personal carbon trading enhance individual adopting intention of battery electric vehicles more effectively than a carbon tax?. Resources, Conservation and Recycling, 149, 638-645, ISSN 0921-3449, https://doi.org/10.1016/j.resconrec.2019.06.035
Li, Z. (2022). Price, online coupon, and store service effort decisions under different omnichannel retailing models. Journal of Retailing and Consumer Services, 64, ISSN 0969-6989, https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102787
Luo, X. (2019). When and How to Leverage E-commerce Cart Targeting: The relative and moderated effects of scarcity and price incentives with a two-stage field experiment and causal forest optimization. Information Systems Research, 30(4), 1203-1227, ISSN 1047-7047, https://doi.org/10.1287/isre.2019.0859
Maulida, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Zafi Studio di Mangaran Situbondo. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis GROWTH, 19(2), 189–203.
Melović, B. (2020). Food for thought: Identifying the influential factors that affect consumption of organic produce in today's youth. British Food Journal, 122(4), 1130-1155, ISSN 0007-070X, https://doi.org/10.1108/BFJ-10-2019-0761
Melovic, B. (2020). The analysis of marketing factors influencing consumers’ preferences and acceptance of organic food products—recommendations for the optimization of the offer in a developing market. Foods, 9(3), ISSN 2304-8158, https://doi.org/10.3390/foods9030259
Munalifah, Jariah, A., & Irwanto, J. (2021). Pengaruh Iklan, Harga dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Kereta Api Berbasis Online Pada Pengguna KAI Access Di Kota Lumajang. Journal of Organization and Business Management, 3(4), 294–303.
Ningtiyas, A. W., Muslih, B., & Soedjoko, D. K. H. (2022). Analisis Pengaruh E-Service Quality, E-Trust dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Artee Collection Nganjuk. Proceding Simposium Manajemen Dan Bisnis, 1, 214–222.
Pinto, I. (2019). Online travel agencies: factors influencing tourists’ purchase decisions. Tourism and Management Studies, 15(2), 7-20, ISSN 2182-8458, https://doi.org/10.18089/tms.2019.150201
Rosales-Tristancho, A. (2022). Analysis of the barriers to the adoption of zero-emission vehicles in Spain. Transportation Research Part A: Policy and Practice, 158, 19-43, ISSN 0965-8564, https://doi.org/10.1016/j.tra.2022.01.016
Shafitri, M., Aryani, L., & Nobelson. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Vivo. KORELASI. Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2, 201–212.
Singh, S. (2020). An empirical evidence study of consumer perception and socioeconomic profiles for digital stores in Vietnam. Sustainability (Switzerland), 12(5), 1716, ISSN 2071-1050, https://doi.org/10.3390/su12051716
Wu, B. (2022). Equilibrium Strategy Analysis of Demand Response for Integrated Energy Service Provider Participating in Multi-energy Market Transaction. Dianwang Jishu/Power System Technology, 46(5), 1800-1809, ISSN 1000-3673, https://doi.org/10.13335/j.1000-3673.pst.2021.2244
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rafiudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.