Analisis Strategi Pengembangan Pemasaran Komoditas Anggrek (Orchidaceae) Kebun Anggrek Bu Uli

Authors

  • Veralianta Br. Sebayang Institut Pertanian Bogor
  • Elly Rahmawati Institut Pertanian Bogor
  • Rairani Rahmasalma Dewi Institut Pertanian Bogor
  • Nadia Shafa Kamilah Institut Pertanian Bogor
  • Ahmad Ali Husen Institut Pertanian Bogor
  • Ronaldi Hasibuan Institut Pertanian Bogor
  • Fauziah Zumna Aqilah Institut Pertanian Bogor

DOI:

https://doi.org/10.53697/emak.v6i2.2392

Keywords:

Strategi Pemasaran, Anggrek, SWOT, QSPM, Pemasaran Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan pemasaran yang diterapkan oleh Kebun Anggrek Bu Uli di Kota Bogor. Dalam menghadapi persaingan bisnis di era digital yang semakin ketat, perlu adanya evaluasi terhadap kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman untuk merumuskan strategi pemasaran yang optimal. Metode yang digunakan meliputi Matriks IFE, EFE, IE, SWOT, dan QSPM. Hasil analisis menunjukkan bahwa bisnis ini berada pada posisi “Grow and Build” (Tumbuh dan Kembangkan) dalam matrik IE, dengan skor IFE sebesar 2,79 yang menunjukkan posisi internal yang cukup kuat, dan skor EFE sebesar 3,75 yang menunjukkan posisi eksternal sangat baik. Strategi utama yang direkomendasikan berdasarkan hasil QSPM adalah menyusun katalog produk yang detail dan menarik, diikuti dengan optimalisasi e-commerce dan media sosial, serta promosi online yang kreatif. Implementasi strategi ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan bisnis Kebun Anggrek Bu Uli secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, R. A., Ramadhan, R., & Artikel, I. 2022. Pentingnya Pemasaran Dalam Menunjang Perkembangan Bisnis. Journal for Management Student (JFMS, 2(4), 5–7. https://journal.unsika.ac.id/index.php/jfms

Atikah, N., & Moeliono, N. N. 2021. Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran Ramen Aboy). Jurnal Manajemen dan Bisnis, 88-99.

Dewi, N. 2022. Strategi Pemasaran Produk Hortikultura di Era Digital: Studi Kasus pada Kelompok Tani. Jurnal Agribisnis dan Pemasaran Pertanian, 150-165.

Djakaria, M. R., Hinelo, R., & Rahman, E. 2022. Analisis Swot Dalam Merumuskan Strategi Pemasaran Pada Hotel Grand Q Gorontalo. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 27-35.

Duratulhikmah, S. N., & Wijaya, F. 2024. Strategi Pengembangan Bisnis Pada Bidang Usaha Putu Bagja Catering Menggunakan Analisis SWOT dan QSPM. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 629-637.

Endarwita. “STrategi Pengembangan Objek Wisata Linjuang Melalui Pendekatan Analisis SWOT.” Jurnal Ilmiah Edunomika, vol. 05, 2021, p. 645, https://jurnal.stie- aas.ac.id/index.php/jie/article/download/2133/pdf. Accessed 26 02 2025.

Hermanie, K. N., Mbti, P. S., Ekonomi, F., & Telkom, U. 2016. Identifikasi Lingkungan Internal Dan Eksternal Dalam Strategi Pengembangan Bisnis : Studi Kasus Pada Sari Ater Hotel & Resort Identification of Internal and External Environment in the Business Development Strategy : a Study Case in Sari Ater Hotel & Reso. 3(2), 1303–1310.

Hidayati, N. I., Rohman, A., Pertanian, F., Yudharta, U., Pertanian, F., Yudharta, U., Novi, P., & Hidayati, I. 2024. HYβRIDA HYβRIDA. 1–7. https://doi.org/10.3766/hibrida.v1i2.3753

Hilmi, R. Z., Hurriyati, R., & Lisnawati. 2018. No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 3(2), 91–102.

Jupri, A., Saadah, R., Sukiman, S., Sukenti, K., Jannah, W., & Husain, P. 2024. Preservation of orchid plants through cultivation as nature tourism objects in Mount Rinjani National Park, Lombok island. Jurnal Biologis Tropis, 402 – 411.

Kodrata, K. F., & Dewi, E. 2023. Strategi Pemasaran Tanaman Anggrek Melalui Digital Marketing. Jurnal AGRIBIS, 9(2), 29–36. https://doi.org/10.36563/agribis.v9i2.850

Nurairin, D. A., & Orgianus, Y. 2022. Perbaikan Strategi Pengembangan Perusahaan dengan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Jurnal Riset Teknik Industri, 161-170.

Putri, M. A., Rahayu, A., & Dirgantari, P. D. 2023. Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT, Matriks IFE, Matriks EFE, dan Matriks IE (Studi Kasus pada Bisnis BANJAGGIM.ID). Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 224-234.

Putri, M. S. 2021. Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pemelian Tanaman Hias Dalam Perspektif Ekonomi Islam Di Banda Aceh. In Skripsi.

Reken, F., Erdawati, Rahayu, S., & Apriansyah, R. et.al. 2024. Pengantar Ilmu Manajemen Pemasaran.

Padang: CV. Gita Lentera.

Rizki, M. F., & Sari, R. P. 2024. Usulan Strategi dalam Pengembangan Bisnis Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM di PT Jaya Prakarsa. STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi), 9(1), 76-85.

Saputra, R., & Rahayu, S. 2021. Pengaruh Pemanfaatan E-commerce dan Media Sosial Terhadap Peningkatan Penjualan Produk Pertanian. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 78-90.

Sari, Y., Ridwansyah, R., & Anggraeni, E. 2024. Analisis SWOT Pengembangan Wisata Halal dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Daerah Lampung. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 290- 304

Sholihin, W. (2024). strategi pengembangan usaha beras organik di wiguna farm.

Zainuri, Rachmad, & Pompong Budi Setiadi. “TInjauan Literatur Sistematis: Analisis Swot Dalam Manajemen Keuangan Perusahaan.” JURNAL MANEKSI, vol. 12, 2023, p. 22, https://ejournal-polnam.ac.id/index.php/JurnalManeksi/article/view/1364/623. Accessed 26 02 2025.

Downloads

Published

2025-04-22

How to Cite

Sebayang, V., Rahmawati, E., Dewi, R., Kamilah, N., Husen, A., Hasibuan, R., & Aqilah, F. (2025). Analisis Strategi Pengembangan Pemasaran Komoditas Anggrek (Orchidaceae) Kebun Anggrek Bu Uli. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan, 6(2), 15. https://doi.org/10.53697/emak.v6i2.2392

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.