Pengaruh E-Commerce dan Keputusan Pembelian Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat di Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone
DOI:
https://doi.org/10.53697/emak.v6i3.2507Keywords:
E-commerce, Keputusan Pembelian, Perilaku KonsumtifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara variabel e-commerce dan keputusan pembelian terhadap perilaku konsumtif masyarakat di Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online melalui Google Form, sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara e-commerce terhadap perilaku konsumtif masyarakat dengan nilai signifikansi sebesar 0,008 < 0,05. Keputusan pembelian juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai signifikansi sebesar 0,014 < 0,05. Selain itu, terdapat pengaruh secara simultan antara e-commerce dan keputusan pembelian terhadap perilaku konsumtif masyarakat dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai R Square sebesar 0,793
Downloads
References
Abadi, Arya Fajar Putra, et al. “Studi Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi.” Jurnal Benefita, vol. 5, no. 2, 2020, pp. 264–74.
Ahmadi, Ahmadi. “Pengaruh E-Commerce, Promosi Penjualan, Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, vol. 1, no. 2, 2020, pp. 481–93.
Amanda, Fitria. Pengaruh Digital Payment Terhadap Perilaku Konsumtif Dalam Pandangan Ekonomi Islam (Studi Pada Konsumen Swalayan Suzuya Kota Banda Aceh). UIN Ar-raniry, 2024.
Asnawi, Anita. “Kesiapan Indonesia Membangun Ekonomi Digital Di Era Revolusi Industri 4.0.” Journal of Syntax Literate, vol. 7, no. 1, 2022.
Christy, Firdhy Esterina. “Prediksi Angka Pengguna E-Commerce Di Indonesia 2024.” Tempo. Co, 2020.
Hamzah Aksi Kamiruddin, Marzuki, Sitti Nikmah. “The Implementation of Khyar in Online Purchase and in Increasing Costumers Satisfaction.” LAA MAISYIR : Jurnal Ekonomi Islam, vol. 11, no. No. 1 2024, 2024, pp. 71–91.
Kotler, Philip, and Gary Amstrong. “Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid I, Jakarta: PT.” Salemba Empat, 1997.
Lestari, Dwi. Pengaruh E-Commerce Dan Pendapatan Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Magetan Pengguna Aplikasi Online Shop. IAIN Ponorogo, 2021.
Lestariningsih, Widiarti, et al. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen.” KENDALI: Economics and Social Humanities, vol. 1, no. 2, 2022, pp. 96–104.
Ningcahya, Iin Ratih, and Lilik Rahmawati. “Pengaruh Keputusan Pembelian Melalui Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Muslim: Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.” Al-Iqtishadiyah: Ekonomi Syariah Dan Hukum Ekonomi Syariah, vol. 6, no. 1, 2020, pp. 52–63.
Nurhidayah, Dkk. Kebiasaan Membeli (Buying Habit) Pada E-Commerce Tinjauan Ekonomi Islam. no. 1, 2024, pp. 285–92, https://doi.org/10.38043/jimb.v6i2.3227.3.
Nurkhasanah, Umi. “Pengaruh Keputusan Pembelian Konsumen, Produk, Harga Dan Promosi Melalui Situs Belanja Online (Shopee) Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa STAINIM Sidoarjo.” Ico Edusha, vol. 2, no. 1, 2021, pp. 475–85.
Nurul’Ainy, Zuhria. “Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Di Kelurahan Karang Panjang Kota Ambon.” JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), vol. 4, no. 2, 2020, pp. 226–35.
Oktaviani, Mayella, et al. “Pengaruh E-Commerce Dan Financial Technology Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa.” Journal of Applied Business & Economics (JABE), vol. 9, no. 3, 2023.
Prasetyo, Rizky Bima. “Pengaruh E-Commerce Dalam Dunia Bisnis.” JMEB Jurnal Manajemen Ekonomi & Bisnis, vol. 1, no. 01, 2023, pp. 1–11.
Rahmawati, Lili. Pengaruh E-Commerce Shopee Dan Keputusan Pembelian Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Desa Rejo Agung Kecamatan Tegineneng. IAIN Metro, 2023.
Ramdhani, Muhamad Luthfi, et al. “Analysis of the Effect of Fear of Missing Out, Sales Promotion, E-Wallet on Impulse Buying on TikTok Shop Users at the Three Largest Universities in Purwokerto.” International Journal of Business and Applied Economics (IJBAE), vol. 4, no. 1, 2025, pp. 299–318.
Razak, Syaparuddin, and Kamiruddin Amin. Berbelanja Ibu-Ibu Majelis Taklim Sosialita.
Sakhi, Lathifah Rahma, and Muhammad Iqbal Fasa. “Analisis Tren Perilaku Konsumtif Dari Konsumen Dalam E-Commerce Di Era Digital.” Jurnal Media Akademik (JMA), vol. 3, no. 4, 2025.
Santoso, Imam, and Harries Madiistriyatno. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Indigo Media, 2021.
Saputro, Lam Alif, et al. “Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Tanjungpura Pontianak.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), vol. 10, no. 1, 2021, pp. 49–56.
Sari, Saidah Putri. “Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen.” Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, vol. 8, no. 1, 2020, p. 147.
Sudarso, Andriasan, et al. Konsep E-Bisnis. Yayasan Kita Menulis, 2020.
Tini, Tini. Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna E-Commerce Pada Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Islam Uin Prof. Kh Saifuddin Zuhri Purwokerto. UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri, 2022.
Yanti, Seti Rakhma. Pengaruh Citra Perusahaan, Kepercayaan, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Di Kebumen. Universitas Putra Bangsa, 2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Herfiana Herfiana, Kamiruddin Kamiruddin, Hasni Hasni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.