Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Pertimbangan Pasar Kerja dan Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Akuntansi Untuk Berkarir Dibidang Perpajakan
DOI:
https://doi.org/10.53697/emak.v6i3.2517Keywords:
Pengetahuan Perpajakan, Pertimbangan Pasar Kerja, Motivasi, Minat Karir, PerpajakanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan perpajakan, pertimbangan pasar kerja, dan motivasi mahasiswa terhadap minar karir di bidang perpajakan setelah menyelesaikan studi perkuliahan. Total responden berjumlah 294 orang, dan populasi penelitian ini terdiri dari mahasiswa semester enam dan delapan yang telah menyelesaikan mata kuliah di Universitas Djuanda, Universitas Ibnu Khaldun, Universitas Pakuan, dan Universitas Nusa Bangsa. Metode Slovin digunakan untuk preparasi sampel dengan error rate 5%. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Patrial Least Square (PLS). Temuan penelitian menunjukkan bahwa minat mahasiswa dalam perpajakan dipengaruhi oleh pengetahuan perpajakan, perimbangan pasar kerja, dan motivasi
Downloads
References
Ab Hamid, M. R., Sami, W., & Mohmad Sidek, M. H. (2017). Discriminant Validity Assessment: Use of Fornell & Larcker criterion versus HTMT Criterion. Journal of Physics: Conference Series, 890(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/890/1/012163
Aini, N., & Goenawan, Y. A. (2022). Pengaruh Persepsi, Motivasi, Minat dan Pengetahuan Mahasiswa Tentang Pajak terhadap Pilihan Berkarir Dibidang Perpajakan. In JOURNAL INTELEKTUAL 2022 (Vol. 1, Issue 2).
Aji, A. W., Ayem, S., Rizky, Y., Ratrisna, C. T., & Sarjanawiyata Tamansiswa, U. (2022). PERPAJAKAN (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa).
Dewi, I. F., & Setiawanta, Y. (2014). Pengaruh persepsi dan motivasi mahasiswa jurusan akuntansi yang sedang mengambil skripsi terhadap peminatan karir dalam bidang perpajakan. Udirus Repo, 274–282.
Direktorat Data dan Informasi Pajak. (2023).
Fornell, C., & Larcker, D. F. (1981). Structural Equation Models with Unobservable Variables and Measurement Error: Algebra and Statistics. Journal of Marketing Research, 18, 382–388.
Ghazali, L. &. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Universitas Diponegoro.
Hair, J. F., Hult, G. T., & Ringle, C. M. (2017). A Primer On Partial Least Square Structural Equation Modeling (Pls-Sem). United States of America: Sage Publications, Inc.
Koa, J. V. A. A., & Mutia, K. D. L. (2021). Pengaruh Persepsi, Motivasi, Minat, Dan Pengetahuan Tentang Pajak Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Nusa Cendana Terhadap Pilihan Berkarir Di Bidang Perpajakan. Jurnal Akuntansi: Transparansi Dan Akuntabilitas, 9(2), 131–143.
Miradji, M. A., & Adi, B. (2020). The Influence of Motivation and Professional Perception of Career in Taxation of FEB Students of PGRI Adi Buana University of Surabaya for Career in Taxation. Business and Accounting Research (IJEBAR), 4(4), 1082–1088.
Naradiasari, N. S., & Wahyudi, D. (2022). Pengaruh Persepsi, Motivasi, Minat, dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Berkarir Di Bidang Perpajakan. 6, 99–110.
Novianingdyah, I. (2022). Pengetahuan Pajak, Persepsi Mahasiswa, Minat Mahasiswa Berkarir di Bidang Perpajakan: Asas Kemandirian Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Literasi Akuntansi, 2(Accounting 2018), 24–34.
Nurchayati, N., Ufaida, A., Parju, P., & Muchayatin, M. (2023a). Minat berkarier mahasiswa akuntansi di bidang perpajakan: Pengetahuan perpajakan, motivasi dan penghargaan finansial. Serat Acitya, 12(2), 131–142.
Oktavia, A., & Fajarudin, I. (2023). The Influence of Perceptions, Motivation, Interests, and Knowledge of Students about Tax on Career Choices in Taxation (Empirical Studies on Accounting Students Class). JWC: Journal of World Conference, 5(2), 84–93.
Rolencius Manurung, H., & Efrianti, D. (2024). Pengaruh Motivasi, Persepsi Dan Pengetahuan Pajak Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Pemilihan Karir Di Bidang Perpajakan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 6(2), 1–10.
Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA Al Fattah Sumbermulyo. Utility: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1), 21–36. http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility
Sampaio, C., Régio, M., & Sebastião, J. R. (2024). The Influence of Students’ Perceptions and Motivation on Accounting and Taxation Careers. Administrative Sciences, 14(1).
Septiani, D., Hambani, S., & J, A. A. (2024). Pengaruh Penghargaan Finansial, Pengakuan Profesional, Dan Pertimbangan Pasar Kerja Terhadap Pemilihan Karir Sebagai Konsultan Pajak Pada Mahasiswa Akuntansi. Journal of Economic, Business and Accounting (COSTING), 7(3), 4105–4115.
Sitompul, I. Y., & Sihotang, R. B. (2023). Penggunaan E-Filing Dan Pengetahuan Perpajakan Dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(30), 849–865.
Sri Rahmawati Aulia Nurul Fiqri, M. Nur, A., & Didi. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sistem Pengendalian Internal Menggunakan Elemen COSO Terhadap Efektivitas Dan Efisiensi Siklus Pengeluaran Di PT Yongjin Javasuka Garment Factor 3. The Accounting Journal of Binaniaga, 8(02), 135–148. https://doi.org/10.33062/ajb.v8i02.38
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. PT. Alfabet.
Suharto, R. B. (2014). Ekonomi Sumber Daya Manusia Indonesia. In Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi… (Issue August).
Suharno, & Kristianto, D. (2020). Pasar, Pertimbangan Keputusan, Terhadap Prodi, Mahasiswa Untuk, Akuntansi Di, Berkarier Perpajakan, Bidang. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 20(4), 484–492.
Utami, A. F., Sopiah, P., Saidah, S. H., Riany, M., & Faris, R. M. (2023). The Influence of Motivation on the Interest of Accounting Students to Join the Tax Brevet Program. Atlantis Press International BV.
Yasa. (2019). Peran Lingkungan, Pertimbangan Pasar Kerja, dan Persepsi Mahasiswa Pengaruhnya Terhadap Keputusan Mahasiswa Berkarir Di Bidang Perpajakan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Elin Aulia Nahda, M. Nur Afif, Didi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.