Analisis Hubungan antara Pengelolaan Anggaran, Pola Konsumsi, dan Tabungan dalam Meningkatkan Ketahanan Keuangan Mahasiswa

Authors

  • Fitria Intan Novianti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Nurul Aini Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Agustin Cintya Masita Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Azra Maharani Yashita Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Maria Yovita R Pandin Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.53697/emak.v6i3.2659

Keywords:

Pengelolaan Anggaran, Pola Konsumsi, Tabungan, Ketahanan Keuangan, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pengelolaan anggaran, pola konsumsi, dan kebiasaan menabung terhadap ketahanan keuangan mahasiswa, khususnya pada mahasiswa kelas malam Program Studi Akuntansi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya angkatan 2023. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan, pengelolaan anggaran, pola konsumsi, dan tabungan berpengaruh signifikan terhadap ketahanan keuangan mahasiswa. Namun secara parsial, hanya pengelolaan anggaran yang berpengaruh signifikan, sedangkan pola konsumsi dan tabungan tidak memberikan pengaruh signifikan. Nilai koefisien determinasi (Adjusted R²) sejumlah 46,3% memperlihatkan ketiga variabel independen tersebut mampu menjelaskan hampir separuh variasi ketahanan keuangan. Temuan ini mengindikasikan bahwa perencanaan dan pengendalian anggaran memiliki peranan penting dalam meningkatkan kestabilan finansial mahasiswa, sementara pengaruh dari konsumsi dan tabungan perlu ditinjau lebih lanjut

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alam, A. (2010). Perpustakaan Tempat Belajar Sepanjang Hayat. Media Indonesia, Jakarta: Kamis, 7 Oktober: hlm.1, kolom 2.

Annamaria L, Olivia M. (2007). Financial literacy and retirement preparedness: evidence and implications for financial education.

Ari Irawan. (2025). Tantangan dan Solusi dalam Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Penerima KIP Kuliah di Institut Bisnis dan Teknologi Kalimantan. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 9(1), 53–57.

Ariani, N. A., & Susanti. (2015). Pengaruh Faktor Demografi Terhadap Financial Literacy Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya Angkatan 2012. JPKA Jurnal Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya, 3(2), 1–11.

Arta, I. A., Chasanah, A. N., Prawitasari, D., & Samasta, A. S. (2025). Faktor yang Mempengaruhi Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Di Era Digital. Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business, 5(1), 4306–4319.

Ashar, K., & Azriana, F. H. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pola Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Ekonomi. Kompak: Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi.

Atkinson, A., & Messy, F.-A. (2012). Measuring financial literacy: Results of the OECD / International Network on Financial Education (INFE) pilot study. OECD Working Papers on Finance, Insurance and Private Pensions, No. 15, OECD Publishing.

Chotimah, C., & Rohayati, S. (2015). Pengaruh Pendidikan Keuangan Di Keluarga, Sosial Ekonomi Orang Tua, Pengetahuan Keuangan, Kecerdasan Spiritual, Dan Teman Sebaya Terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(2), 1–10.

Conyers, D. (1994). Perencanaan Sosial di Dunia Ketiga: Suatu Pengantar. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Dewi, N. P. Y. P., & Suarmanayasa. (2020). Pengaruh Jenis Kelamin, Indeks Prestasi Kumulatif Serta Angkatan Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa. 6(2), 198–206.

Engel, E. (1857). Die Produktions- und Konsumtionsverhältnisse des Königreichs Sachsen. Dresden: Statistik des Königlich Sächsischen Ministeriums des Innern.

Gahagho, Y. D., Rotinsulu, T. O., & Mandei, D. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Sikap Keuangan Dan Sumber Pendapatan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsrat Dengan Niat Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(1).

Herawati, N. T. (2015). Kontribusi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 48(1–3).

Herdjiono. (2016). Jurnal Pengaruh Financial Attitude, Financial Knowledge, Parental Income Terhadap Financial Management Behavior. Tahun 9, No. 3, Desember 2016.

Hilgert, M. A., Hogarth, J. M., & Beverly, S. G. (2003). Household financial management: The connection between knowledge and behavior. Federal Reserve Bulletin, 89(7), 309–322.

Khotimah, A. N. K., & Ariani, K. R. (2025). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Gender Dan Perencanaan Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Ums. Jurnal Ilmiah Edunomika, 9(1).

Khumairo, Nur Uthfi. (2016). Studi Komparasi Literasi Keuangan Berdasarkan Faktor Demografi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya Angkatan 2013. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 4(3).

Lusardi. (2014). Journal of Economic Literature, 52(1), 5–44.

Mahendra. (2025). Jurnal Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Dan Jenis Kelamin Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa. VOLATILITAS, 7(2), E-ISSN 3031–4569.

OECD. (2020). OECD/INFE 2020 International Survey of Adult Financial Literacy. OECD Publishing.

OJK. (2021). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021–2025. Otoritas Jasa Keuangan. https://www.ojk.go.id/

Putri, H. N., & Rahmi, E. (2019). Pengaruh Pendapatan Orang Tua Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNP. Jurnal Ecogen, 2(3), 315–326.

Risdy, Absari Indah. (2025). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan, Gaya Hidup Dan Ekonomi Orang Tua Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Nias Di Universitas Maritim Raja Ali Haji. S1 Thesis, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Rizaldi, M. H., & Asandimitra, N. (2019). Pengaruh Demografi, Pengalaman Bekerja dan Pendidikan Pengelolaan Keuangan Orang Tua Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(2), 291–298.

Sakinah, G., & Mudakir, B. (2018). Analisis Literasi Keuangan Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro Angkatan 2014–2017. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, 1(2).

Siswanti, I. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengelolaan Keuangan Pribadi terhadap Ketahanan Keuangan Mahasiswa. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 8(2), 1–15.

Sofia, N., & Irianto, A. (2016). Pengaruh Pendapatan Orang Tua, Kelompok Acuan, Dan Hasil Belajar Ekonomi Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi, 3(1), 2–18.

Subroto, E., Tensiska, & Indiarto, R. (2014). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan dalam upaya Mendukung Ketahanan Pangan di Desa Girijaya dan Mekarjaya, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut. Dharmakarya, 13(1), 1–4.

Suwahyono, N. (2004). Pedoman Penampilan Majalah Ilmiah Indonesia. Jakarta: Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah, LIPI.

Tarigan, S., Rosanti, R., & Ginting, J. (2025). Kemampuan Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Akuntansi Politeknik Negeri Medan.

Wiharno, H., & Nurhayati, E. (2017). Literasi Keuangan Di Kalangan Mahasiswa (Survei Pada mahasiswa Universitas Kuningan). Jurnal Riset Keuangan Dan Akuntansi, 3(2), 20–33.

Wijayanti, Agustin, G., & Rahmawati, F. (2016). Pengaruh Jenis Kelamin, IPK, Dan Semester Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa Prodi S1 Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 87–96.

Yushita, A. N. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Jurnal Nomina.

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Fitria Intan Novianti, Nurul Aini, Agustin Cintya Masita, Maharani Yashita, A., & Maria Yovita R Pandin. (2025). Analisis Hubungan antara Pengelolaan Anggaran, Pola Konsumsi, dan Tabungan dalam Meningkatkan Ketahanan Keuangan Mahasiswa. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan, 6(3), 15. https://doi.org/10.53697/emak.v6i3.2659

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.