Pengaruh Financial Knowledge, Inklusi Keuangan dan Financial Attitude terhadap Perilaku Menabung pada Pelajar SMA di Kota Jember
DOI:
https://doi.org/10.53697/emak.v6i3.2663Keywords:
Financial Knowledge, Inklusi Keuangan, Financial Attitude, Perilaku MenabungAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan keuangan, inklusi keuangan, serta sikap keuangan terhadap perilaku menabung di kalangan pelajar tingkat menengah atas di Kota Jember. Studi ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan memanfaatkan teknik observasi dan penyebaran kuesioner sebagai metode utama dalam pengumpulan data.”Sebanyak 375 responden, yang seluruhnya merupakan siswa SMA di wilayah tersebut, dipilih sebagai sampel penelitian. Data yang dikumpulkan kemudian diolah dan dianalisis melalui regresi linear berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 2.7. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga variabel independen—pengetahuan keuangan, inklusi keuangan, dan sikap keuangan—memiliki pengaruh positif terhadap perilaku menabung. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan pada aspek pemahaman keuangan, akses terhadap layanan keuangan, serta pembentukan sikap finansial yang konstruktif, secara signifikan berkontribusi terhadap perbaikan perilaku menabung di kalangan pelajar.”Implikasi dari penelitian ini relevan bagi berbagai pihak, termasuk institusi pendidikan, orang tua, serta perumus kebijakan, dalam merancang strategi yang tepat guna mendorong kebiasaan menabung sejak usia sekolah. Dengan demikian, hasil studi ini diharapkan dapat menjadi landasan empiris dalam pengembangan program edukasi keuangan yang lebih terstruktur dan aplikatif di tingkat pendidikan menengah.
Downloads
References
Akeny, E., & Mwesigwa, D. (2021). Managing personal debt for household investments among primary school teachers in lira city, mid-north of Uganda. International Journal of Management and Commerce Innovations, 9(1), 93–103. www.researchpublish.com
Dewi, V. I., Febrian, E., Effendi, N., & Anwar, M. (2020). Financial literacy among the millennial generation: Relationships between knowledge, skills, attitude, and behavior. Australasian Accounting, Business and Finance Journal, 14(4), 24–37. https://doi.org/10.14453/aabfj.v14i4.3
Hasmaini, R., & Siregar, Q. R. (2024). Pengaruh Sosialisasi Keuangan Terhadap Perilaku Menabung Melalui Literasi Keuangan Dan Pengelolaan Keuangan Pada Generasi Z. Akuntasi Dan Manajemen, 3(2), 29–40.
Ismail, S., Koe, W.-L., Halim Mahphoth, M., Abu Karim, R., Yusof, N., & Ismail, S. (2020). Saving Behavior Determinants in Malaysia: An Empirical Investigation. KnE Social Sciences, 2020, 731–743. https://doi.org/10.18502/kss.v4i6.6639
Kadoya, Y., & Rahim Khan, M. S. (2020). Financial literacy in Japan: New evidence using financial knowledge, behavior, and attitude. Sustainability (Switzerland), 12(9). https://doi.org/10.3390/su12093683
Laturette, K., Widianingsih, L. P., & Subandi, L. (2021). Literasi Keuangan Pada Generasi Z. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 131–139. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p131-139
Lee, S. R., Jung, E., Jin, S., Wang, Z. A., Brown, P., & Polotsky, E. (2025). The association between subjective and objective financial knowledge: Path analysis to savings behavior by age. Social Sciences and Humanities Open, 11(April 2024), 101232. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2024.101232
Mahra, H. F. F., & Isbanah Yuyun. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Kontrol Diri, dan Teman Sebaya terhadap Perilaku Menabung Penggemar K-pop. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 482–494.
Mardiana, V., & Rochmawati, R. (2020). Self-Control Sebagai Moderasi Antara Pengetahuan Keuangan, Financial Attitude, Dan Uang Saku Terhadap Perilaku Menabung. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 30(2), 83–98. https://doi.org/10.23917/jpis.v30i2.11872
Mertha Jaya Laut, I. M. (2020). METODE PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF. https://books.google.co.id/books?id=yz8KEAAAQBAJ&lpg=PA167&ots=soxb5TxQcQ&dq=metode penelitian kuantitatif dan kualitatif&lr&hl=id&pg=PA63#v=onepage&q&f=false
Mohd, J., Kadir, A., & Shoukat, A. (2021). Saving Behavior in Emerging Country: The Role of Financial Knowledge, Peer Influence and Parent Socialization Supply. Pakistan Business Review, 22(4), 629–644.
Muningsih Arum Nuri, Hanim Wasifah, P. R. I. (2021). Pengaruh Inklusi Keuangan Literasi Keuangan Dan Love Of Money Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Mahasiswa Dalam Penggunaan E-Commerce Shopee. Sustainabilty Accounting & Finance Journal, 1(2), 1–8.
Ofori-Abebrese, G., Baidoo, S. T., & Essiam, E. (2020). Estimating the effects of financial inclusion on welfare in sub-Saharan Africa. Cogent Business and Management, 7(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1839164
OJK. (2024). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2024. 6. https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-(SNLIK)-2024.aspx
Purwanto, H., Yandri, D., & Yoga, M. P. (2022). Perkembangan Dan Dampak Financial Technology (Fintech) Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Di Masyarakat. Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 11(1), 80–91. https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol11no1.220
Putri, E. B., & Wahjudi, E. (2022). Pengaruh Literasi Finansial, Inklusi Keuangan, Teman Sebaya, dan Kontrol Diri terhadap Perilaku Menabung Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 10(3), 217–231. https://doi.org/10.26740/jpak.v10n3.p217-231
Reni Nurlaela, D. B. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Perencanaan Keuangan Terhadap Perilaku Menabung (Studi pada UMKM di Desa Sukamanah, Kec. Cugenang, Kab. Cianjur). JEMASI : Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 17(1), 34–38. http://117.74.115.107/index.php/jemasi/article/download/532/154
Riska Firdatus Samadiyah, N., Nersiwad, N., & Verlandes, Y. (2024). Pengaruh Financial Knowledge, Financial Attitude dan Self Control terhadap Perilaku Menabung Siswa Kelas XI SMAN 1 Wringinanom. MASMAN : Master Manajemen, 2(3), 150–163. https://doi.org/10.59603/masman.v2i3.469
Sufyati HS, & Alvi Lestari. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Keuangan Pada Generasi Milenial. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(5), 2415–2430. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i5.396
Talwar, M., Talwar, S., Kaur, P., Tripathy, N., & Dhir, A. (2021). Has financial attitude impacted the trading activity of retail investors during the COVID-19 pandemic? Journal of Retailing and Consumer Services, 58, 102341. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102341
Tendean, R. L., Charista, B. T., & Malelak, M. I. (2022). Pengaruh Financial Knowledge, Financial Attitude, Dan Financial Self Efficacy Terhadap Saving Behavior Pada Pengguna E-Commerce Generasi Z. Distribusi - Journal of Management and Business, 10(2), 141–154. https://doi.org/10.29303/distribusi.v10i2.228
Thasia Charista, B., Leroy Tendean, R., & Ing Maleak, M. (2022). Pengaruh FK , FA dan FSE terhadap Saving Behaviour pada Pengguna E-Commerce Generasi Z.
Worang, J. J. K. J., Tulung, J. E., & Pandowo, M. H. C. (2022). The Influence of Financial Literacy and Financial Inclusion on Saving Behavior in Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(4), 893–902.
Yandi Suprapto, Z. K. (2021). PENGARUH ANTARA FINANCIAL LITERACY, PARENTAL SOCIALIZATION, PEER INFLUENCE, SELF CONTROL DAN ATTITUDE TOWARDS SAVING TERHADAP SAVING BEHAVIOR MAHASISWA DI BATAM. … : Journal of Management, 4(2), 128–137. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.xxx
Zakiyah, Z., & Wahab, A. (2022). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, FINANCIAL ATTITUDE, LOKASI DAN RELIGIOSITAS TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Sirap Juai Kab. Balangan). Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 124–144. https://doi.org/10.61136/wye1jc11
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dewi Sri Wahyuni, Maheni Ika Sari, Wenny Murtalining Tyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.