The Pengaruh Discount, Perceived Ease of Use, Customer Satisfaction, dan E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Ulang di Jasa Go-Food (Studi Kasus Mahasiswa Perguruan Tinggi di Kabupaten Jember)

Authors

  • Sabilla Salsa Universitas Muhammadiyah Jember
  • Eko Budi Satoto Universitas Muhammadiyah Jember
  • Yohanes Gunawan Wibowo Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.53697/emak.v6i3.2690

Keywords:

Discounted Purchase Interest, Customer Satisfaction, Electronic Word of Mouth, Ease of Use

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis dampak dari discount, persceived ease of use, customer satisfaction dan e-wom terhadap Keputusan pembelian ulang jasa go-food. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif, dengan pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Latar belakang studi ini berfokus pada fenomena meningkatnya popularitas layanan pengantaran makanan online, terutama di kalangan mahasiswa yang menghargai kepraktisan, kecepatan, dan harga yang terjangkau. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mencerminkan perkembangan peradaban manusia. Peran digital dalam perekonomian global terus mengalami peningkatan, dan Indonesia tidak terkecuali dalam mengikuti tren ini. Bahkan, Indonesia diprediksi menjadi pemimpin dalam ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara.  Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 400 mahasiswa yang telah menggunakan layanan GoFood lebih dari dua kali. Teknik analisis data yang diterapkan adalah regresi linier berganda untuk menilai pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Temuan penelitian menunjukkan bahwa diskon berpengaruh positif terhadap Keputusan pembelian ulang. Diskon menarik perhatian mahasiswa karena berkaitan erat dengan harga yang terjangkau. Di sisi lain, customer satisfaction memiliki peranan penting karena mencerminkan pengalaman positif yang mendorong mereka untuk membeli lagi. Sebaliknya, perceived ease of use tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian ulang. Untuk E-WOM memiliki pengaruh terhadap Keputusan pembelian ulang. Hal ini menunjukkan bahwa variabel ini merupakan faktor penting dalam penelitian, mahasiswa lebih memprioritaskan discount, tingkat kepuasan pelanggan dan E-WOM secara keseluruhan. Kesimpulannya, untuk meningkatkan Keputusan pembelian ulang, penyedia layanan seperti GoFood harus lebih meningkatkan strategi pada diskon dan kepuasan pelanggan dan E-WOM yang dapat memperbaiki kepuasan pelanggan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basuki, I. N. (2021). Pengaruh electronic word of mouth, harga, dan pemberian hadiah terhadap keputusan pembelian: Studi pada konsumen Ghealsyshoes Malang Jawa Timur.

Delviana, A. S., Sarwoko, E., & Hidayat, C. W. (2023). Peran electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian ulang: Citra merek sebagai mediasi. MBR (Management and Business Review), 7(1), 142–150.

Dwisakti, N. W. M., Suprapto, H., & Sugandini, D. (2021). Peran Mediasi Kepercayaan Pada Pengaruh Kualitas Website Dan E-Wom Terhadap Minat Beli Ulang Di Tokopedia Oleh Konsumen Online Generasi Milenial Di Daerah Istimewa Yogyakarta. SEMNASIF : Seminar Nasional Informatika, 337–35.

Handayani, S. P. N., & Suradi. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi, Harga, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk di Planet Distro Sragen. Smoothing, 16(4), 82–89.

Handrian, N., & Soliha, E. (2022). Keputusan pembelian: peran price discount, lifestyle, dan kepercayaan konsumen. Jurnal Mirai Management, 7(2), 348–355.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Kurniawan, J. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Brand.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Nahdliana, E. S. (2024). Pengaruh Keragaman Produk Dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Griya Snack Ns Att Plurahan Talun Pekalongan). UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan.

Norhermaya, Y. A. (2016). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang (Studi pada Online Store Lazada.co.id). Diponegoro Journal of Management, 5(3), 1–13.

Nugrahanto, N. F. R., Farida, N., & Listyorini, S. (2015). Pengaruh kualitas produk dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian ulang melalui kepuasan konsumen (Studi pada konsumen Yamaha Vixion PT. Mataram Sakti Setiabudi). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(3), 178–185.

Prastiwi, E., Djumali, D., & Widayanti, R. (2019). Analisis Standar Mutu, Diskon dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Kembali Buku Pendamping Maestro (Studi pada Sekolah Dasar di Kabupaten Wonogiri). Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(01).

Puspitasari, R., & Aprileny, I. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Konsumen Pelanggan Aplikasi Grab Di PT. Sidomuncul Kebon Jeruk). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–15.

Putri, D. F., & Sumaryono, S. (2021). Peran persepsi terhadap electronic service quality dan electronic word-of mouth (e-wom) terhadap intensi pembelian ulang melalui e-commerce. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 9(2), 164–171. https://doi.org/10.22219/jipt.v9i2.12933

Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(2).

Ryansa, M., & Pradhanawati, A. (2023). Studi pada Generasi Z Mahasiswa S1 Universitas Diponegoro. In Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis (Vol. 12, Issue 2). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab

Saputri, C. N., & Rivai, A. R. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Sikap Konsumen dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Niat Beli Ulang E-Wallet Shopeepay. Journal of Management & Business, 5(1), 153–163. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1522

Sari, F. C. P., Suzana, A. J., Achadi, A., Masita, T. E., & Arinastuti, A. (2023). Pengaruh Pengalaman Pelanggan, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Konsumen, Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Niat Beli Ulang Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Kota Purwokerto. Seminar Nasional LPPM UMMAT, 2, 1019–1032.

Silaen, E., & Prabawani, B. (2019). Pengaruh persepsi kemudahan menggunakan e-wallet dan persepsi manfaat serta promosi terhadap minat beli ulang saldo e-wallet Ovo. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–9.

Suryani, S., & Rosalina, S. S. (2019). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating Pada Startup Business Unicorn Indonesia. Journal of Business Studies, 4(1), 41–53.

Swastha, B., & Handoko, T. H. (2002). Manajemen pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.

Tony Sitinjak, M. M. (2019). Pengaruh persepsi kebermanfaatan dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat penggunaan layanan pembayaran digital Go-Pay. Jurnal Manajemen, 8(2).

Wicaksono, A. P., Rachma, N., & ABS, M. K. (2019). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan di Toko Distortion Merch Malang. E-JRM e-Jurnal Riset Manajemen, 8(18), 130–139.

Wulandari, N., & Sholihin, H. (2019). Pengaruh Persepsi Keinformatifan, Harga, Kegunaan, dan Kemudahan Penggunaan terhadap Minat Beli. Tjyybjb.Ac.Cn, 27(2), 58–66.

Zulkarnain, M., & Abdul, L. (2021). Kualitas Produk, Servicescape dan Word of Mouth Serta Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Ulang. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 3(1), 38–44.

Downloads

Published

2025-07-09

How to Cite

Salsa, S., Eko Budi Satoto, & Yohanes Gunawan Wibowo. (2025). The Pengaruh Discount, Perceived Ease of Use, Customer Satisfaction, dan E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Ulang di Jasa Go-Food (Studi Kasus Mahasiswa Perguruan Tinggi di Kabupaten Jember). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan, 6(3), 11. https://doi.org/10.53697/emak.v6i3.2690

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.