Optimalisasi Meta Business Suite Sebagai Media Branding Digital Untuk Membangun Brand Exposure dan Brand Awareness Melalui Penerapan Strategi Social Media Marketing Pada Usaha Mikro: Studi Kasus Toko Syakir Collection di Kota Medan
DOI:
https://doi.org/10.53697/emak.v6i3.2707Keywords:
Meta Business Suite, Sosial Media Marketing, Content Marketing, Instagram, Facebook, Brand Exposure, Brand AwarenessAbstract
Penelitian ini bertujuan mengedukasi, mengarahkan, dan membentuk aktivitas pemasaran digital Toko Syakir Collection dalam memanfaatkan transformasi teknologi untuk memperluas jangkauan pelanggan, dengan menerapkan strategi social media marketing melalui pengimplementasian content marketing menggunakan platform sosial media Instagram Business dan Facebook Page yang terintegrasi dengan aplikasi Meta Business Suite terhadap bisnis Toko Syakir Collection, sebagai bentuk promosi dalam membangun brand exposure dan brand awareness secara digital. Metode yang digunakan adalah Mixed Methods, yaitu gabungan antara pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari analisis insight digital atas 24 konten yang diunggah di masing-masing platform, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari sebaran kuesioner kepada 96 responden yang mengenal Toko Syakir Collection secara konvensional, untuk menilai persepsi terhadap konten yang diimplementasikan. Analisis data dilakukan melalui tabulasi silang menggunakan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan implementasi content marketing dalam membangun brand exposure dan brand awareness secara digital, baik itu pada platform sosial media Instagram Business dan Facebook Page. Hal ini terlihat dari hasil insight akumulasi kedua platfrom sosial media tersebut pada Meta Business Suite, seperti total views/impressions sebesar 27.663, watch time 15,9%, average watch time 10,46%, accounts engaged 9,36%, accounts reached 2.679, serta total followers 773 akun. Kuesioner juga menunjukkan bahwa responden merasa lebih sadar akan keberadaan Toko Syakir Collection serta menunjukkan keterlibatan dengan konten yang diunggah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan sosial media secara optimal dapat memberikan dampak signifikan dalam memperluas jangkauan audiens, membangun brand exposure, serta meningkatkan dan memperluas brand awareness secara berkesinambungan dalam ranah digital
Downloads
References
Ahmad Rodini, Salmah Ayu Non Ninin, & Kurbani Adie. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada PT. Honda Bintang Motor Angkatan 66 Palembang.
Amri, S., & Fahmi, N. (2022). JIMSI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Komunikasi Analisis Pemasaran Online Aplikasi Meta Business Suite Sebagai Teknologi Meta. Jimsi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Komunikasi, 2(2), 48–56.
Anderson, M. (2015, August 28). Men catch up with women on overall social media use. Pew Research Center. https://www.pewresearch.org/short-reads/2015/08/28/men-catch-up-with-women-on-overall-social-media-use/
Arthana Rony, Noermijati, & Susilowati Christin. (2016). Recall (Studi pada Produk Smartphone di Wilayah Kota Malang) Rony Arthana.
Bahtiar, M., Rommy, N., & Ittaqullah, N. (2025). Analisis Strategi Bisnis Pada Warung Makan Chinese Food Kendedess Di Kota Kendari. 17(1), 99–111.
Creswell, W. John. (2020). Buku Penelitian Mixed Methods. Creswell.
Delfina, & Canday. (2023). Pengembangan Strategi Pemasaran Digital guna Meningkatkan Eskposur UMKM Winny Skincare Batam. 4, 4711–4718. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i4
Devy Kusuma Dian Andani, Fadillah Sauma Ramadani, & Muhammad Davin Dwi Prastiyo. (2023). Pengaruh Revolusi Industri 4.0 Terhadap Konsumerisme Warga Lokal Desa Sumbersari, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(2), 288–300. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v1i2.420
Fauzi Ikhsan Dikha, & Gofur Abdul. (2021). Pengaruh Komunikasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Fit And Health Indonesia Cabang Cilandak Jakarta Selatan.
Febriyanti, E., Rifai, Z., Hasanah, S. N., Wijayanti, D. F., Suhening, L., & Frastika, L. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Facebook Sebagai Media Pemasaran Produk (Study Kasus UKM Har’s Gordyn). http://www.facebook.com/harsgordyn
Ferdinan Irawan, D., Ali, H., & Author, C. (2024). Pengaruh Content Marketing, Kolaborasi Brand dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Sepatu Aerostreet di Kranji Bekasi Barat. https://doi.org/10.38035/jim.v3i2
Fikri El Miftah, Baskoro Ajar Danny, & Ahsan Jabal. (2024). Pendampingan Usaha Penyewaan Alat Camping Melalui Penerapan Digitalisasi Pemasaran Pada Kelompok Gerakan Pramuka.
Hubner, I. B., Virgiana Wijaya, J., & Dwi Nugraha, K. (2022). Efektivitas Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Produk Flash Coffee Di Jabodetabek. Jurnal Bangun Manajemen, 1(2), 73–79. https://doi.org/10.56854/jbm.v1i2.94
Iman, D., Zainul, K., & Kholid Mawardi, A. M. (2015). Pengaruh Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap Kesadaran Konsumen Pada Produk Internasional (Studi pada Pengguna Produk Uniqlo di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 24(1).
Lestar, Z., & Riyanti, Y. (2022). Analisis Pemasaran Digital Aplikasi Meta Business Suite Sebagai Teknologi Meta. Jurnal Arsip Akademik, 03(01).
Marjiatul Maghfiroh, & Nur Rahmawati. (2024). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Serta Membangun Brand Awareness pada UMKM Rengginang GR Wedoro. Jurnal Nusantara Berbakti, 2(1), 153–166. https://doi.org/10.59024/jnb.v2i1.313
Meta Platforms, Inc. (n.d.). Meta | Social Technology Company. Retrieved May 18, 2025, from https://www.meta.com/about/?utm_source=about.meta.com&utm_medium=redirect
Meyers-Levy, J., & Loken, B. (2015). Revisiting gender differences: What we know and what lies ahead. Journal of Consumer Psychology, 25(1), 129–149. https://doi.org/10.1016/j.jcps.2014.06.003
Nadyasa Putra, I. G. J. (2024, August 28). The Implementation of Meta Business Suite in Increasing Brand Awareness at Hilton Bali Resort. https://repository.pnb.ac.id/id/eprint/11837/
Narottama, N., Erinda, N., & Moniaga, P. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Destinasi Wisata Kuliner Di Kota Denpasar. JUMPA, 8(2). https://datareportal.com/reports/digital-2021-global-overview-report
Natalia Pasaribu, N. Y. (2020). The effectiveness of Social Media Instagram as a Promotion of Agricultural product of fruits. (case: Instagram TaniHub Indonesia, Pasar Minggu, Jakarta Selatan). Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 4(6), 866–879. https://doi.org/10.29244/jskpm.v4i6.745
Pomalaa, L., Mursityo, Y. T., & Herlambang, A. D. (2019). Analisis Faktor Brand Awareness, Brand Exposure, Customer Engagement, Dan Electronic Word-of-Mouth Dalam Pemasaran Melalui Media Sosial Pada The Body Shop Indonesia. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(10), 4082–4091.
Pratama, I. A., & Setiyarini, T. (2023). Analisis Efektivitas Promosi Pada Media Sosial Instagram PT. Sejahtera Wahana Gemilang Surabaya. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 6(2).
Putri. (2024, October 16). Meta Business Suite: Fitur dan Manfaat Utama. Aivia. https://www.aivia.me/apa-itu-meta-business-suite/
Qurtubi, Q., Trisnaningtias, D. M., & Yudhanata, M. F. (2019). Identifikasi Variabel yang Berpengaruh terhadap Kinerja Pemasaran dan Indikator Kinerja Pemasaran untuk Industri Hotel. Jurnal Sistem Dan Manajemen Industri, 3(1), 1. https://doi.org/10.30656/jsmi.v3i1.1432
Rahile, R., & Fimansyah, Y. (2024). Social Media Content Development At Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Mesin Dan Teknik Industri. Jurnal Sekretaris & Administrasi Bisnis (JSAB), 8(1), 13–24. https://doi.org/10.311004/jsab.v8il.361
Rahmawati, Desi, & Nahartyo, Ertambang. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Ketahanan Bisnis pada UMKM DIY di masa Pandemi Covid-19.
Rizqina, Rr. R. N., & Wikartika, I. (2024). Integrasi Sosial Media Dalam Strategi Digital Marketing Sebagai Wadah Promosi Bisnis Kudapan Nini. Jurnal Sosial & Abdimas, 6(1), 11–18. https://doi.org/10.51977/jsa.v6i1.1444
Salim Siregar, I., Leli, N., Tri Handayani, R., Studi Manajemen, P., & Ekonomi Dan Bisnis, F. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Komunikasi Massa dalam Memperluas Jangkauan dan Meningkatkan Interaksi dengan Konsumen. Jurnal Mirai Management, 8(2), 436–444.
Srivastava, A., & Malik, P. (2025, February 11). Meta Business Suite: How to Use it and Manage Effectively. Sprinklr. https://www.sprinklr.com/blog/how-to-use-meta-business-suite/
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. CV Alfabeta.
Tatasari, T. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Brand Awareness Dagoda Coffee. Business, Management, Accounting and Social Sciences (JEBMASS), 2(1), 50–54.
Utami, H. N., Fauzi, I., & Firdaus, A. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping: Perspektif Pemasaran Agribisnis. Jurnal Ecodemica, 2(1). www.kebunbibit.id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anna Sari Ashabul Jannah Siregar, Miftah El Fikri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.