The Effect of Perceptions of Service Quality on Parents' Decisions in Making Choices at IT Rabbani Private Middle School Bengkulu City

Authors

  • Alvafindo Alvafindo Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Khairul Bahrun Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.53697/emba.v3i1.1283

Keywords:

Perceptions of Service Quality, Parents, Decision

Abstract

This study aims to determine the influence of the influence of perceived service quality on the decisions of parents in making choices at private junior high schools IT Rabbani Bengkulu City. This type of research uses a quantitative descriptive research method. The population used in this study were parents of IT Rabbani Private Middle School students, Bengkulu City. The number of respondents in this study amounted to 132 people. The data collection method uses a questionnaire and uses analytical techniques using multiple linear regression analysis tests and hypothesis testing, namely the t test and f test. Based on the results of multiple linear regression, the regression equation Y = 10.646 + 0.436X and the results of the t-test and f-test of this study can be concluded that the perception of service quality has a significant effect on student parents' decisions. 7.909 > 1.657) and (sig α = 0.03 <0.50). This means H_0 is rejected and H_a is accepted. Perceptions of Service Quality (X) have a significant direct effect on Student Parents' Decisions (Y) at Private Junior High School IT Rabbani City of Bengkulu, this is evidenced by the F test showing the value of F_count>F_table, namely (62,545 > 3.16) and (sig α = 0.000 <0.050, this means that H_0 is rejected and H_a is accepted.

References

Agus Ahyari. (1997). Manajemen Produksi. Yogyakarta: BPFE.

Andini & Khasanah. (2010). Analisis pengaruh persepsi terhadap keputusan orang tua murid memilih jasa pendidikan di SDIT Bina Insani Semarang. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi.

Arianto. (2018). Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Mazda Di Kota Batam. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi.

Arnoldi Zainal. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas dan Kepercayaan Orang Tua/Wali Murid dalam Memilih Sekolah Menengah Pertama Islam untuk Putra-Putrinya (Studi pada SMP Islam Al-Azhar 12 Rawamangun). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi.

Engkoswara dan Komariah. (2010). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Fandy Tjiptono. (2017). Manajemen Pemasaran jasa. Jakarta: Gramedia.

Faqihuddin. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Orang Tua Memilih Sekolah Untuk Putera-Puterinya (Studi Kasus Pada Orang Tua Santri Pondok Modern Almuttaqin Jayapura). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi.

George R. Terry. (2005). Principles of Management. New York: Alexander Hamilton.

Gibson dkk dalam Rahmatullah. (2014). Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

James A.F. Stoner. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Lupiyoadi. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa (Praktik dan Teori). Jakarta: Salemba Empat.

Nina Yulinda. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Orang Tua Memilih Menyekolahkan Anaknya di SMA Islam Bawari. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi.

Nur Hijjah Isriana, Rina Selva Johan & RM Riadi. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Memilih Sekolah. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi.

Nurul Andini. (2010). Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Orang Tua Murid Memilih Jasa Pendidikan Di SD IT Bina Insani Semarang. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi.

Parasuraman dalam Arni Purwani dan Rahma Wahdiniwa. (2017). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menjadi Nasabah pada Perusahaan Asuransi. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Teknologi.

Parasuraman dalam Etta Mamang Sangadji. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.

Prajudi Atmosudirjo. (2004). Pokok-pokok Materi Teori Pengambilan Kepututsan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sondang P. Siagian. (2004). Filsafat Administrasi. Jakarta: Gunung Agung.

Sugihartono dkk. (2007). Psykologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

suharman. (2005). Psykologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumiyati. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Orang Tua Menyekolahkan Anaknya Di TK Islam Bina Empat Lima Kecamatan Pontianak Timur. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM.

Tjiptono. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Grab di Kota Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM.

Udin Ahadin. (2019). Analisis Keputusan Orang Tua Siswa Memilih Pendidikan Melalui Kualitas Pelayanan Jasa Pendidikan (Studi Empiris Pada Taman Kanak-Kanak Islam Di Kelurahan Cinere Kota Depok). Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Teknologi.

Waidi. (2006). Pemahaman dan Teori Persepsi. Bandung: Remaja Karya

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Alvafindo, A., & Bahrun , K. . (2023). The Effect of Perceptions of Service Quality on Parents’ Decisions in Making Choices at IT Rabbani Private Middle School Bengkulu City. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi Review, 3(1), 211–220. https://doi.org/10.53697/emba.v3i1.1283

Issue

Section

Articles