Strategi Perencanaan dan Pengembangan Portofolio Produk pada Bisnis Mochi untuk Meningkatkan Daya Saing di Pasar

Authors

  • Safa Alifiah Sagita Administrasi Bisnis, UPN ”Veteran” Jawa Timur
  • Putri Sahya Fadiah Administrasi Bisnis, UPN ”Veteran” Jawa Timur
  • Sefiyana Jihanuri Nisrina Administrasi Bisnis, UPN ”Veteran” Jawa Timur
  • Salsabilla Devi Ulfia Administrasi Bisnis, UPN ”Veteran” Jawa Timur
  • Sonja Andarini Administrasi Bisnis, UPN ”Veteran” Jawa Timur
  • Indah Respati Kusumasari Administrasi Bisnis, UPN ”Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.53697/emba.v5i1.2582

Keywords:

Strategi Produk, Inovasi, Diferensiasi, Mochi, Daya Saing, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi perencanaan dan pengembangan portofolio produk dalam bisnis mochi guna meningkatkan daya saing di pasar makanan ringan. Fokus utama terletak pada identifikasi bentuk inovasi produk mochi dalam aspek varian rasa, tampilan, dan bahan isian, serta bagaimana inovasi tersebut dapat mendorong diferensiasi produk untuk mengatasi kejenuhan pasar. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif eksploratif, penelitian dilakukan di kawasan Rungkut, Surabaya, dengan melibatkan pelaku usaha, konsumen, dan komunitas sekitar kampus UPN Veteran Jawa Timur sebagai subjek. Teknik pengumpulan data mencakup wawancara, observasi partisipatif, penyebaran kuesioner, dan dokumentasi kegiatan bisnis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan portofolio produk yang responsif terhadap preferensi konsumen dan berbasis inovasi mampu meningkatkan daya tarik serta keunggulan kompetitif produk mochi di pasar lokal.

References

Ali, Sampor. “View of Strategi Pengembangan Portofolio Produk Investasi Bank ABC.” Ipb.ac.id, 2025. Accessed 2 June 2025.

Alma, B. (2011). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Alfabeta.

Assauri, S. (2013). Manajemen pemasaran: Dasar, konsep, dan strategi. Rajawali Pers. Fandy, T. (2007). Strategi pemasaran. Andi.

Gracia, N., & Aripradono, H. W. (2024). Pengembangan ide inovasi mochi berisi brownies dengan menggunakan proses design thinking. Jurnal Paradigma Ekonomika, 19(4), 971-981.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education Limited.

Lidya, C., Jalianti, H. Z., Rufaida, A., Septiani, M. R. P. R., & Rahayu, T. (2024). Model Bisnis dan Strategi Pemasaran Produk “Mochi Bites” di Industri Makanan Modern. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya (Vol. 5, No. 2, pp. 29-35)

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Naomi Putri, Theresia . “View of Strategi Inovasi Produk, Aliansi Strategis, Dan Diversifikasi Portofolio Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan.” Siberpublisher.org, 2025,. Accessed 2 June 2025.

Panular, K. A., Mutia, J., Musthafawi, Z., & Dianah, R. (2024, May). PENGEMBANGAN PRODUK MOCHI DAIFUKU UBI JALAR UNGU (CHINGGU). In Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK) (Vol. 3, pp. 699-706).

Pemasaran, Strategi, et al. “Analisis Matrik Boston Consulting Group (BCG) Terhadap Portofolio Produk Guna Perencanaan” Jurnal Universitas Tulungagung BONOROWO, vol. 1, no. 1, 2013. Accessed 2 June 2025.

Sudrajat, Darjat . “View of Analisis Portofolio Produk-Pasar Untuk Mengembangkan Perencanaan Pasar Strategis Pada Perusahaan Jasa Logistics.” Binus.ac.id, 2025. Accessed 2 June 2025.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suryana. (2013). Kewirausahaan: Kiat dan proses menuju sukses. Salemba Empat.

Swastha, B., & Handoko, T. H. (2000). Manajemen pemasaran: Analisa perilaku konsumen. BPFE Yogyakarta.

Umar, H. (2005). Strategi pemasaran: Strategi memenangkan pasar era globalisasi. Gramedia Pustaka Utama.

Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods (6th ed.). SAGE Publications.

Downloads

Published

2025-06-14

How to Cite

Sagita, S. A., Fadiah, P. S., Nisrina, S. J., Ulfia, S. D., Andarini, S., & Kusumasari, I. R. (2025). Strategi Perencanaan dan Pengembangan Portofolio Produk pada Bisnis Mochi untuk Meningkatkan Daya Saing di Pasar. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi Review, 5(1), 12. https://doi.org/10.53697/emba.v5i1.2582

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.