Optimalisasi Penjualan UMKM Kedai Wigung di Era Digital

Authors

  • Anida Salsabila Universitas Pelita Bangsa
  • Rizky Febryansyah Universitas Pelita Bangsa
  • Khaerunnisa Universitas Pelita Bangsa
  • Nadirotul Laili Universitas Pelita Bangsa
  • Ikbal Fauji Universitas Pelita Bangsa
  • Pupung Purnamasari Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.53697/emba.v5i1.2717

Keywords:

UMKM Kuliner, Pemasaran Digital, Daya Saing, Platform Online, Literasi Digital

Abstract

Fokus penelitian ini adalah Kedai Wigung Bakso dan Mie Ayam di Cikarang Utara, yang berfokus pada cara pemasaran digital dapat meningkatkan daya saing UMKM di industri kuliner. Studi ini dilakukan di tengah kemajuan teknologi dan dampak pandemi COVID-19, menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik triangulasi, yang mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penggunaan platform online seperti ShopeeFood, GrabFood, GoFood, Instagram, dan WhatsApp dapat meningkatkan penjualan antara 20 dan 39 persen dan meningkatkan pangsa pasar. Keterbatasan anggaran pemasaran dan kurangnya pemahaman digital adalah masalah utama yang dihadapi. Strategi yang berfokus pada satu platform dan komunitas seperti Bude Market dianggap memiliki hasil yang lebih baik. Agar UMKM dapat memanfaatkan digitalisasi sepenuhnya, berbagai sektor harus mendukungnya

References

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. 6, 233–247.

Arlena, W. M. (2020). Strategi Hubungan Masyarakat Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Dalam Menyosialisasikan Program Kredit Usaha Rakyat Melalui Media Sosial. Avant Garde, 8(1), 91–107.

Chinsuvapala, P. (2017). Kotler, Philip and Keller Kelvin Lane.(2016). Marketing Management.(15th global edition) Edinburgh: Pearson Education.(679 pp). Kasem Bundit Journal, 18(2), 180–183.

Damanik, I. P. C. (2024). Tantangan UMKM Lokal dalam Algoritma Pasar Global. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS), 10(1), 37–43.

Darajat, P., Choirina, P., Wahyudi, F., Cipta, B., Jannah, U., & Tasaufi, B. (2023). Pendampingan UMKM dalam Aspek Legalitas, Branding dan Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Pagak Kabupaten Malang. I-Com: Indonesian Community Journal, 3, 2044–2050. https://doi.org/10.33379/icom.v3i4.3465

Del Rosa, Y., Idwar, I., & Abdilla, M. (2022). Literasi Keuangan dan Literasi Digital UMKM Kuliner Kota Padang Sebagai Penggerak Pemulihan Ekonomi Masa Pandemi Global Covid 19. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 24(1), 242–258.

Dewi, A. (2022). Optimalisasi Aplikasi E-Commerce Shopee Food Sebagai Media Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16, 77. https://doi.org/10.21460/jrmb.2021.162.393

Faizi, F., Wulandana, N., Alya, A., & Lombu, A. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 11, 137. https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i2.510

Hadi, D., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk Bersaing di Era Pandemi. Competitive, 16, 32–41. https://doi.org/10.36618/competitive.v16i1.1171

Iskandar, Y. A., & Redi, A. A. N. P. (2023). Peningkatan Pemahaman Transformasi Digital Pasca Pandemi Covid-19 pada Model Bisnis UMKM di Indonesia. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 57–65.

Ismail, I., & Bahgia, S. (2021). Digitalisasi Sebagai Strategi Revitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal EMT KITA, 5(2), 131–139.

Mavilinda, H. F., Nazaruddin, A., Daud, I., & Siregar, M. I. (2021). Peningkatan Daya Saing UMKM di Era New Normal melalui Strategi Pembuatan Konten Promosi Digital. Jurnal Abdimas Musi Charitas, 5(2), 62–70.

Penelitian, J., Pengabdian, D., Masyarakat, K., Putri, D. C., & Irfan, M. (2024). Strategi Pemberdayaan UMKM dalam Program Corporate Social Responsibility PT. Angkasa Pura II (Vol. 5, Issue 3).

Poodo, F., & Pabulo, A. M. (2024). Peran Konten Kreatif dalam Pemasaran Media Sosial untuk UMKM. Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2).

profil-industri-mikro-dan-kecil-2021. (n.d.).

Wardhana, A. (2025). Strategi Social Media Marketing UMKM di Indonesia (pp. 279–297).

Wijoyo, H., & Bakrie, W. (2020). Digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Era Pandemi Covid-19.

Yaskun, M., Sudarmiatin, S., Hermawan, A., & Rahayu, W. (2023). The Effect of Market Orientation, Entrepreneurial Orientation, Innovation and Competitive Advantage on Business Performance of Indonesian MSMEs. International Journal of Professional Business Review, 8, E01563. https://doi.org/10.26668/businessreview/2023.v8i4.1563

Zimmerer, T. W., Scarborough, N. M., Wilson, D., Kwary, D. A., & Fitriasari, D. (2008). Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management. PT Salemba Empat.

Downloads

Published

2025-07-09

How to Cite

Salsabila, A., Rizky Febryansyah, Khaerunnisa, Nadirotul Laili, Ikbal Fauji, & Pupung Purnamasari. (2025). Optimalisasi Penjualan UMKM Kedai Wigung di Era Digital. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi Review, 5(1), 9. https://doi.org/10.53697/emba.v5i1.2717

Issue

Section

Articles