Pengaruh Penggunaan Media Sosial, Keterampilan Komunikasi Digital, dan Personal Branding Terhadap Employability Generasi Z di Daerah Istimewa Yogyakarta

Authors

  • Salsaminia Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia
  • Awan Santosa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53697/jim.v5i1.2228

Keywords:

Penggunaan Media Sosial, Keterampilan Komunikasi Digital, Personal Branding, Employability, Generasi Z

Abstract

Kemajuan teknologi di era digital telah secara signifikan mengubah pasar kerja, terutama dengan munculnya media sosial sebagai alat penting untuk proses rekrutmen, pengembangan karier dan kemampuan Generasi Z mendapatkan pekerjaan di tengah persaingan pasar kerja yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial, keterampilan komunikasi digital, dan personal branding terhadap employability Generasi Z di Daerah Istimewa Yogyakarta. Generasi Z, dihadapkan pada tantangan untuk memasuki dunia kerja yang semakin kompetitif dan berorientasi pada teknologi. Populasi dalam penelitian ini adalah Generasi Z yang sudah bekerja di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan populasi tidak diketahui secara pasti atau infinite population. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, metode kuantitatif dilakukan dengan cara survey untuk mengetahui respon dari subyek penelitian, Teknik pengumpulan data dari kuesioner dan diolah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan variabel Penggunaan Media Sosial (X1) secara parsial berpengaruh posistif dan signifuikan terhadap Employability Generasi Z (Y) di Daerah Istimewa Yogykarta. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan variabel Keterampilan Komunikasi Digital (X2) menyatakan tidak ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Employability Generasi Z (Y). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan variabel Personal Branding (X3) menyatakan tidak ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Employability Generasi Z (Y) di Daerah Istimewa Yogykarta. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi dan perhatian bagi Generasi Z di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk lebih memerhatikan faktor-faktor yang dapat meningkatkan employability, yaitu kemampuan memperoleh dan mempertahankan pekerjaan. Terutama, perhatian lebih perlu diberikan pada variabel-variabel yang diangkat dalam penelitian ini.

References

Aichner, T., Grünfelder, M., Maurer, O., & Jegeni, D. (2021). Twenty-Five Years of Social Media: A Review of Social Media Applications and Definitions from 1994 to 2019. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 24(4), 215–222. https://doi.org/10.1089/cyber.2020.0134

Alfaruqy, M. Z. (2022). Generasi Z Dan Nilai-Nilai Yang Dipersepsikan Dari Orangtuanya. PSYCHE: Jurnal Psikologi, 4(1), 84–95. https://doi.org/10.36269/psyche.v4i1.658

Amir, M. T., & Bambang, S. W. (2022). Making Personal Branding Work Better: The Role of Positive Communication in Organization. 317–330. https://doi.org/10.15405/epsbs.2022.01.02.27

Chandra, F. S. (2017). Kepuasan Pengguna Jejaring Sosial LinkedIn sebagai Jejaring Sosial yang Berorientasi pada Dunia Bisnis dan Profesional di Indonesia. Jurnal E-Komunikasi, 5(2), 1–11.

Deng, J., Liu, J., Deng, W., Yang, T., & Duan, Z. (2021). Redefinition and measurement dimensions of sustainable employability based on the swage-model. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(24). https://doi.org/10.3390/ijerph182413230

Fery Riyanto, Hardani Widhiastuti, & Rusmalia Dewi. (2023). Keterampilan Apa Yang Siap Digunakan Gen Z Saat Bekerja Di Era Industri 4.0: Bukti Di Pendidikan Tinggi Indonesia. Journal of Applied Management Studies, 5(1), 117–129. https://doi.org/10.51713/jamms.v5i1.111

Gao, X., Xin, X., Zhou, W., & Jepsen, D. M. (2019). Combine your “Will” and “Able”: Career adaptability’s influence on performance. Frontiers in Psychology, 9(JAN), 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.02695

Gorbatov, S., Khapova, S. N., & Lysova, E. I. (2019). Get Noticed to Get Ahead: The Impact of Personal Branding on Career Success. Frontiers in Psychology, 10(December). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02662

Hapsari, R. N., Agustina, S. M., Wijaya, R., & Romadona, M. R. (2024). Kurangnya Keterampilan Komunikasi Generasi Z Memasuki Pasar Kerja Inadequate Communication Skills of Generation Z Entering the Workplace. https://doi.org/10.56873/jpkm.v9i1.5241

Hardiansyah, R., Danial, R. D. M., & Nurmala, R. (2023). Efektivitas E-Recruitment dan Media Sosial Dalam Meningkatkan Minat Pelamar Kerja Generasi Z. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(1), 682–691. https://doi.org/10.31539/costing.v7i1.6257

Kamil, R., & Laksmi. (2023). Generasi Z, Pustakawan, dan Vita Activa Kepustakawanan. BACA: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 9008(105), 25–34. https://doi.org/10.55981/baca.2023.1119

Kanasan, M., & Rahman, T. A. (2024). Personal Branding in the Digital Era: Social Media Strategies for Graduates. Journal of Communication, 5(1), 40–59. https://doi.org/10.47941/jcomm.1828

Kapoor, K. K., Tamilmani, K., Rana, N. P., Patil, P., Dwivedi, Y. K., & Nerur, S. (2023). Advances in Social Media Research: Past, Present and Future. Information Systems Frontiers, 20(3), 531–558.

Karácsony, P., Izsák, T., & Vasa, L. (2020). Attitudes of z generation to job searching through social media. Economics and Sociology, 13(4), 227–240. https://doi.org/10.14254/2071-789X.2020/13-4/14

Karuniawati Dewi Ramadani, S.Si., M.E.K.K. Andry Poltak L. Girsang, S.ST., M.Ec.Dev. Mega Silviliyana SST, M.E.K.K. Nindya Putri Sulistyowati, S. S., & Kurniawan Tri Yulianto, S. T. S. (2023). Statistik Pemuda Indonesia 2023. Badan Pusat Statistik, 21(1), 1–412. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Kee, D. M. H., Anwar, A., Gwee, S. L., & Ijaz, M. F. (2023). Impact of Acquisition of Digital Skills on Perceived Employability of Youth: Mediating Role of Course Quality. Information (Switzerland), 14(1). https://doi.org/10.3390/info14010042

Maulana Yusuf No, J., Tangerang, K., & Tangerang, K. (2024). Dialektika Komunika: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah. Jurnal Kajian Komunikasi Dan Pembangunan Daerah |, 11(1), 2023.

Maulidimas, P., Yuniati, N., Widiyanto, N., & Sidiq, M. F. (2023). Pengaruh Tingkat Rasa Percaya Diri Lulusan Perguruan Tinggi Pariwisata Terhadap Employability Skills Karyawan Operasional Hotel Di Yogyakarta. ULIL ALBAB: Jurnal, 2(7), 2704–2721.

Murire, O., Cilliers, L., & Chinyamurindi, W. T. (2023). Social media role in addressing employability challenges of graduates: An expert opinion analysis. SA Journal of Human Resource Management, 21, 1–9. https://doi.org/10.4102/sajhrm.v21i0.2047

Nurudin. (2013). Media Sosial Baru dan Munculnya Renovasi Komunikasi Baru. Jurnal Komunikator, 5(2), 83–93.

Nurul Fahmi, A., Komariah, S., & Wulandari, P. (2024). Flexing Dan Personal Branding: Konten Analisis Sosial Media Generasi Z Di Indonesia. Jurnal Analisa Sosiologi, 13(1), 22–40.

O’Boyle, C., Atack, J., & Monahan, K. (2017). Generation Z enters the workforce: Generational and technological challenges in entry-level jobs. Deloitte Insights, 24, 1–24.

Pathmanathan, P., & Dodamgoda, N. (2018). The Impact of Personal Characteristics on Personal Branding in Reflection to the Employability. In Information Management and Business Review (Vol. 10, Issue 2, pp. 38–50). https://doi.org/10.22610/imbr.v10i2.2391

Qualman. (2020). Social Media 2020: A Global Perspective. Journal of Social Media Studies, 8(2), 45–59.

Rachmawati, D. (2022). Pandangan Generasi Z Mengenai Personal Branding Online Fresh Graduates Dalam Mencari Pekerjaan. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 21(1), 137–149. https://doi.org/10.32509/wacana.v21i1.1916

Rahayu, T., & Marka, M. M. (2024). The Role of Personal Branding in Increasing Generation Z Career Success. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 12(3), 673–682. https://doi.org/10.37641/jimkes.v12i3.2530

Riyanto, F., Amron, & Astuti, S. D. (2023). The Role of Digital Skills Advantage Enhancing Gen Z Work Readiness for the Future Digital Workplace: Evidence from Indonesia (Vol. 2022). Atlantis Press International BV. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-284-2_46

Smaldone, F., Ippolito, A., Lagger, J., & Pellicano, M. (2022). Employability skills: Profiling data scientists in the digital labour market. European Management Journal, 40(5), 671–684. https://doi.org/10.1016/j.emj.2022.05.005

Stone, R. W., Eveleth, D. M., & Baker-Eveleth, L. J. (2019). SPECIAL ISSUE The Influence of Social-Media Sites on Job-Seeker Intentions: Facebook, LinkedIn, and Twitter. The Journal of Social Media in Society Fall, 8(2), 18–29.

Wandhe, P. (2021). Role of Employability Skills and Attributes in Management Education-An Approach. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3771764

Downloads

Published

2025-01-21

How to Cite

Salsaminia, & Santosa, A. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Sosial, Keterampilan Komunikasi Digital, dan Personal Branding Terhadap Employability Generasi Z di Daerah Istimewa Yogyakarta. Journal of Indonesian Management, 5(1), 18. https://doi.org/10.53697/jim.v5i1.2228

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.