Analisis Prosedur Penagihan Passenger Service Charge On Ticket dalam Penerbangan Domestik di PT Angkasa Pura Indonesia Kantor Cabang Bandara Adi Soemarmo
DOI:
https://doi.org/10.53697/jim.v5i2.2406Keywords:
Passenger Service Charge On Ticket, Penagihan, PT Angkasa Pura IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prosedur penagihan Passenger Service Charge (PSC) on ticket untuk penerbangan domestik di PT Angkasa Pura Indonesia, khususnya di Kantor Cabang Bandara Adi Soemarmo. PSC merupakan salah satu komponen pendapatan utama dalam jasa aeronautika yang berperan penting dalam mendukung pendapatan dan operasional serta peningkatan layanan bandara. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur penagihan PSC on ticket dimulai dari pemindaian boarding pass, dilanjutkan dengan verifikasi data penumpang yang wajib membayar (paying pax), penginputan data ke dalam sistem Passenger Service Charge On Ticket (POT), hingga tahap rekapitulasi dan pelaporan pendapatan. Proses ini melibatkan koordinasi yang erat antara petugas PSC, tim sales, tim keuangan, dan pihak maskapai penerbangan. Penelitian ini menekankan pentingnya validasi data yang akurat dan sinergi yang efektif antar pihak terkait dalam mendukung efisiensi serta akurasi prosedur penagihan PSC on ticket di lingkungan kebandarudaraan.
References
Cahyani, F. N., Astuti, W., & Yudana, G. (2017). PENGARUH PERKEMBANGAN BANDARA INTERNASIONAL ADI SOEMARMO KOTA SURAKARTA-KABUPATEN KARANGANYAR.
Eliezer, K., Setiawan, A., Prasetyo, K. T., Penerbangan, P., Jl, S., & Andayani, J. (2019a). ANALISA IMPLEMENTASI STANDAR OPERASI PROSEDUR (SOP) TERHADAP KINERJA PETUGAS UNIT PELAYANAN JASA PENUMPANG PESAWAT UDARA (PJP2U) DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SOEKARNO HATTA JAKARTA.
Eliezer, K., Setiawan, A., Prasetyo, K. T., Penerbangan, P., Jl, S., & Andayani, J. (2019b). ANALISA IMPLEMENTASI STANDAR OPERASI PROSEDUR (SOP) TERHADAP KINERJA PETUGAS UNIT PELAYANAN JASA PENUMPANG PESAWAT UDARA (PJP2U) DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SOEKARNO HATTA JAKARTA.
Gori Insani, M., Dyahjatmayanti, D., & Manajemen Transportasi Udara Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta, J. (2024). Peran Bandar Udara terhadap Perkembangan Pariwisata Sumbawa Barat 1,*. 17(2). https://doi.org/10.56521/manajemen-dirgantara.v17i2.1236
Ishtiaq, M. (2019). Book Review Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage. English Language Teaching, 12(5), 40. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p40
Jesica. (n.d.). Aktivitas Public Relations Angkasa Pura II Dalam Menangani Pemberitaan.
Keputusan Direksi PT Angkasa Pura I (Persero) Nomor : KEP.DU.14/KB.01.01/2021 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) Dalam Tiket Atau Passenger Service Charge (PSC) On Ticket Untuk Penerbangan Berjadwal (Scheduled Flight) Pada Bandar Udara Yang Diusahakan Oleh PT Angkasa Pura I (Persero).
Peraturan Direktur Jendral Perhubungan Udara Nomor KP 59 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor KP 12 Tahun 2015 Tentang Pembayaran Passenger Service Charge (PSC) (2015). https://jdih.dephub.go.id/peraturan/detail?data=LWtGKTiQViB0Bjj1dWLDXa49abnArjQtE49Xm1Gt4QA24TzGfeqwudn4jx6VQo5kGe8glt1Jnvvya4uQoJZUxWhH4jpMdIr42F98mzLo4dCK1OKDLi327Rg1ZFDubs4MuXbNDGJWAcla3NcITcvDZB143d
PROF. DR. SUGIYONO. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Vol. 2). https://anyflip.com/xobw/rfpq/basic
Sabur, fatmawati. (2019). The Influence of Commercial Aircraft Movement on Passenger Movement at Blimbingsari Banyuwangi Airport. In Jurnal Teknik dan Keselamatan Transportasi (Vol. 2).
Saleh, S., Pd, S., & Pd, M. (2017). ANALISIS DATA KUALITATIF Editor: Hamzah Upu.
Septian, A. D., Div, ), Udara, M. T., Tinggi, S., Kedirgantaraan, T., & Abstrak, Y. (2022). ANALISIS PENGARUH PENDAPATAN PELAYANAN JASA PENUMPANG PESAWAT UDARA (PJP2U) PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP OPERASIONAL BANDAR UDARA KALIMARAU BERAU (Vol. 4, Issue 2).
Septiani, V., Suryan, V., Amalia, D., Chandra, P. W. A., & Sari, A. N. (2024). Sosialisasi Tentang Fasilitas Sisi Darat Dan Udara Untuk Peningkatan Pengetahuan Penerbangan Siswa Siswi SMK Palembang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa.
Susilawati, & Lusiwan, A. T. N. (2024). Analisis Pengakuan, Pengukuran, Penyajian dan Pengungkapan Pendapatan Menurut PSAK 72. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Perpajakan.
Syafei, I., & Basri Said, L. (2022). Analisis Persepsi Kepuasan Pengguna Transportasi Udara pada Bandar Udara Sultan Hasanuddin Kota Makassar.
Syamil, A., & Nusantara, B. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif. https://www.researchgate.net/publication/376828943
Tukwain Iriani, & Saur Costanius Simamora. (2018). EVALUASI PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN BERDASARKAN METODE FINANCIAL RATIO DAN DU PONT SYSTEM PADA PT. ANGKASA PURA I DAN PT. ANGKASA PURA II (PERIODE 2013-2016).
Waruwu, M. (n.d.). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).
Wiharja, M. K. (2023). PENGARUH TARIF DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL EL TARI KUPANG.
Wijaya, D., & Irawan, R. (2018). Prosedur Administrasi Penjualan Bearing Pada Usaha Jaya Teknika Jakarta Barat: Vol. XVI (Issue 1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Saskia Pinandhita Widyahadi, Irsyadul Ibad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.