Pengaruh Artificial Intellegincies/ Ai Terhadap Prestasi Mahasiswa UMUSLIM

Authors

  • Iis Marsithah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Almuslim
  • Putri Nadila Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Almuslim
  • Chandra Suci Ramadani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Almuslim
  • Amelia Putri Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.53697/jkomitek.v4i2.2121

Keywords:

Artificial Intelligence (AI), Prestasi Akademik, Pembelajaran Berbasis AI, Literasi Digital, Pendidikan Tinggi

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh penggunaan Artificial Intelligence (AI) terhadap prestasi akademik mahasiswa di Universitas Almuslim (UMUSLIM). Metode kuantitatif dengan pendekatan survei digunakan untuk mengumpulkan data dari mahasiswa aktif yang menggunakan platform pembelajaran berbasis AI. Hasil analisis menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara penggunaan AI dan prestasi akademik, di mana 75% responden yang menggunakan alat AI setidaknya tiga kali seminggu melaporkan peningkatan prestasi. Temuan menunjukkan peningkatan prestasi akademik sebesar 45% untuk setiap peningkatan penggunaan AI dan peningkatan keterlibatan mahasiswa sebesar 68% berkat umpan balik real-time dan pengalaman belajar yang dipersonalisasi. Namun, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur teknologi dan rendahnya literasi digital di kalangan mahasiswa juga teridentifikasi. Rekomendasi termasuk peningkatan infrastruktur teknologi, pelatihan literasi digital, dan pengembangan konten pembelajaran berbasis AI. Secara keseluruhan, AI memiliki potensi besar untuk meningkatkan prestasi akademik, namun memerlukan dukungan yang memadai untuk implementasi yang efektif

References

Anwar, R. (2021). Integrasi Kecerdasan Buatan dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 9(2), 39-50.

Baba, K. (2024). Mobile-Optimized AI-Driven Personalized Learning: A Case Study at Mohammed VI Polytechnic University. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 18(4), 81–96. https://doi.org/10.3991/ijim.v18i04.46547

Baltezarević, R. (2024). Students’ Attitudes on The Role of Artificial Intelligence (Ai) In Personalized Learning. International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education, 12(2), 123–145. https://doi.org/10.23947/2334-8496-2024-12-2-387-397

Bhatt, V. (2024). Optimizing Classroom Teaching with AI-Based Adaptive Learning Tools. 2024 International Conference on Advances in Computing Research on Science Engineering and Technology, ACROSET 2024. https://doi.org/10.1109/ACROSET62108.2024.10743688

Haris, M. (2023). Tingkat Literasi Digital Mahasiswa dalam Pemanfaatan Teknologi AI di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Digital, 12(1), 52-65.

Irawan, S. (2022). Optimalisasi AI dalam Mendukung Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Inovatif, 11(2), 56-68.

Jaboob, M. (2024). Integration of Generative AI Techniques and Applications in Student Behavior and Cognitive Achievement in Arab Higher Education. International Journal of Human-Computer Interaction. https://doi.org/10.1080/10447318.2023.2300016

Pratama, Y. (2023). Kendala Implementasi AI dalam Pendidikan Tinggi di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 6(1), 72-85.

Putri, A. D. (2022). Dampak Teknologi AI terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi, 11(3), 61-73.

Ou, C. (2024). Open, Collaborative, and AI-Augmented Peer Assessment: Student Participation, Performance, and Perceptions. L@S 2024 - Proceedings of the 11th ACM Conference on Learning @ Scale, 496–500. https://doi.org/10.1145/3657604.3664705

Overono, A. L. (2024). The Use of AI Disclosure Statements in Teaching: Developing Skills for Psychologists of the Future. Teaching of Psychology. https://doi.org/10.1177/00986283241275664

Rodzi, Z. M. (2024). Unraveling the Complexity: A DEMATEL Analysis of the Negative Impact of Artificial Intelligence (AI) Adoption among Students in Higher Education. Journal of Intelligent Systems and Internet of Things, 11(2), 30–41. https://doi.org/10.54216/JISIoT.110203

Rahmawati, D. (2021). Sistem Penilaian Otomatis Berbasis AI: Solusi untuk Penilaian Akademik yang Efisien. Jurnal Pendidikan Digital, 5(2), 56-65.

Riyadi, T. (2022). Personalized Learning Berbasis AI dalam Meningkatkan Prestasi Akademik. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 27-35.

Santoso, M. (2021). Pengaruh Penerapan Kecerdasan Buatan pada Prestasi Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, 14(2), 33-42.

Sari, N. (2022). Tantangan dan Peluang dalam Penerapan AI di Pendidikan. Jurnal Pendidikan Digital, 10(1), 58-70.

Shete, S. G. (2024). The Impact of AI-Powered Personalization on Academic Performance in Students. 5th International Conference on Recent Trends in Computer Science and Technology, ICRTCST 2024 - Proceedings, 295–301. https://doi.org/10.1109/ICRTCST61793.2024.10578480

Sudaryanto, B. (2021). Peran Artificial Intelligence dalam Pendidikan Modern. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Informasi, 7(3), 15-28.

Suryani, N. (2022). Kendala dan Peluang Implementasi AI di Perguruan Tinggi. Jurnal Inovasi Pendidikan Teknologi, 10(4), 34-47.

Zaibout, N. (2024). Optimizing Academic Assessment: The Impact of AI on Student Integrity, Creativity, and Achievement. International Journal of Engineering Trends and Technology, 72(11), 357–370. https://doi.org/10.14445/22315381/IJETT-V72I11P134

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Marsithah, I., Nadila, P., Ramadani, C., & Putri, A. (2024). Pengaruh Artificial Intellegincies/ Ai Terhadap Prestasi Mahasiswa UMUSLIM. Jurnal Komputer, Informasi Dan Teknologi, 4(2), 9. https://doi.org/10.53697/jkomitek.v4i2.2121

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.