Pengaruh Konten Soft Selling Instagram @gramediadigital terhadap Minat Beli Produk Gramedia Digital
DOI:
https://doi.org/10.53697/jkomitek.v5i1.2499Keywords:
Konten Soft Selling, Minat Beli, Pemasaran Digital, Strategi KomunikasiAbstract
Perkembangan teknologi digital telah mendorong perubahan signifikan dalam kebiasaan membaca masyarakat, yang kini semakin beralih ke platform digital seperti Gramedia Digital. Dalam menghadapi tantangan pemasaran produk digital, strategi konten soft selling melalui media sosial menjadi salah satu pendekatan yang digunakan untuk meningkatkan minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten soft selling di Instagram @gramediadigital terhadap minat beli produk Gramedia Digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei daring dan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 397 responden yang merupakan pengikut akun Instagram @gramediadigital dan telah melihat konten soft selling pada periode Januari-April 2025. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji korelasi Pearson setelah melalui asumsi uji normalitas dan linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi Pearson sebesar 0,884 dan angka signifikansi 0,000 (< 0,05). Sehingga, dapat dinyatakan bahwa hipotesis yang diajukan oleh peneliti terbukti, yaitu adanya pengaruh signifikan dari konten soft selling Instagram @gramediadigital terhadap minat beli produk Gramedia Digital. Dapat disimpulkan bahwa temuan ini membuktikan bahwa strategi konten soft selling yang bersifat halus, informatif, dan menarik secara visual dapat mendorong ketertarikan dan minat beli konsumen terhadap produk secara efektif, serta dapat dijadikan dasar untuk strategi Public Relations, pemasaran digital, dan pengembangan komunikasi yang lebih kreatif dan berkelanjutan
References
Abidin, K. Z., & Soegiarto, A. (2021). PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI SUBBAGIAN PROTOKOL PEMERINTAH KOTA ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR. JRK (Jurnal Riset Komunikasi), 12(2), 103–118. https://doi.org/10.31506/jrk.v12i2.11928
AFFMaven. (2024). Statistik Instagram 2025: Data Pengguna & Pertumbuhan Terbaru. AFFMaven Blog. https://affmaven.com/id/instagram-statistics/
Afifah, N. N. (2024). Skripsi Pengaruh Soft Selling TikTok @tenuedeattire Terhadap Minat Beli Konsumen dengan Brand Awareness sebagai Variabel Moderator. Universitas Tidar Magelang.
Bahri, N. N., & Husain, A. H. Al. (2024). Pengaruh Konten Soft Selling Instagram @Product.Zilla Terhadap Minat Beli Pada Followers. e-Proceeding of Management, 11(6), 6911.
Campbell, K. S., Naidoo, J. S., & Campbell, S. M. (2020). Hard or Soft Sell? Understanding White Papers as Content Marketing. IEEE Transactions on Professional Communication, 63(1), 21–38. https://doi.org/10.1109/TPC.2019.2961000
Databoks. (2023). Survei: Mayoritas Orang Indonesia Lebih Suka Baca Buku Lewat Smartphone. Katadata.co.id. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/fa04246cf1ef375/survei-mayoritas-orang-indonesia-lebih-suka-baca-buku-lewat-smartphone
DataReportal. (2025a). Digital 2025: Indonesia. DataReportal – Global Digital Insights. https://datareportal.com/reports/digital-2025-Indonesia
DataReportal. (2025b). The State of Social Media in 2025. DataReportal – Global Digital Insights. https://datareportal.com/reports/digital-2025-sub-section-state-of-social
Fajarrizka, K., Erlandia, D. R., & Octavianti, M. (2024). Pengaruh Terpaan Konten Soft Selling Instagram @Pigijo_ Terhadap Minat Beli Followers. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(4), 1–5. https://doi.org/10.62017/arima
Faudiansyah, M., Jalil, R., & Pribadi, I. (2025). Hubungan Kualitas Tidur Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga Kesehatan dan Rekreasi, 8(1), 130–142. https://doi.org/10.29408/porkes.v8i1.27614
Jonni, R. R., & Hariyanti, P. (2021). Pengaruh Konten Instagram terhadap Minat Beli Konsumen Space Coffee Roastery Yogyakarta. Jurnal Mahasiswa Komunikasi CANTRIK, 1(2), 119–134.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A Framework for Marketing Management. Pearson Education Limited.
Kurniawati, A. L. (2022). PENGARUH PESAN SOFT SELLING SKINCARE BASE TERHADAP MINAT BELI PRODUK (SURVEI PADA FOLLOWERS INSTAGRAM @ITSMYBASE). Commercium, 5(2), 85–94.
Kustiawan, B., Apriyanto, Haryanti, T., & Rustam, A. (2025). Perilaku Konsumen (Pendekatan Strategis) (1 ed.).
Muchlis, A. F. (2023). Metode Penelitian Survei-Kuesioner untuk Kesesakan dan Privasi pada Hunian Asrama. Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia, 12(3), 154–163. https://doi.org/10.32315/jlbi.v12i3.252
Prameswari, S., & Budyastuti, T. (2023). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Kualitas Audit, Dan Capital Intensity Terhadap Agresivitas Pajak Di Masa Pandemi. Gorontalo Accounting Journal, 6(1), 47. https://doi.org/10.32662/gaj.v6i1.2667
Putri, B. A., & KN, J. (2023). PENGARUH BRAND ACTIVATION TRI INDONESIA DI INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI PERDANA H3RO. Jurnal Bincang Komunikasi, 1(1). https://www.opensignal.com
Rachmad, Y. E., Rahman, Abd., Judijanto, L., Pudjiarti, E. S., Runtunuwu, P. C. H., Lestari, N. E., Wulandari, D., Suhirman, L., Rahmawati, F. A., Mukhlis, I. R., Fatmah, Saktisyahputra, Purba, A. E., Nopiah, R., Winarni, A. T., Fanani, A. F., & Mintarsih. (2024). Integrasi Metode Kuantitatif dan Kualitatif: Panduan Praktis Penelitian Campuran. PT. Green Pustaka Indonesia.
Ristianti, D. H., & Fathurrochman, I. (2020). Penilaian Konseling Kelompok. Deepublish Publisher.
Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS KUESIONER PERILAKU PROSOSIAL. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(4), 279. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7413
Sari, B. A., Nurendah, Y., & Yusdira, A. (2022). Tinjauan Atas Direct Marketing Pada Kafe Taman Fathan Alesano Bogor. Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan, 1(2), 197–202. https://doi.org/10.37641/jabkes.v1i2.1335
Silalahi, R. A., Hafsari, A. A., Situmorang, D., Ginting, N. E. B., Girsang, A. B., Martin, M., Febriyansi, E., & Ompusunggu, D. P. (2024). HASIL PERHITUNGAN ASUMSI KLASIK: TENTANG UJI AUTOKORELASI, NORMALITAS, DAN HETEROKEDATISITAS. Jurnal Ilmiah Multidisipliner (JIM), 8(12), 218–225.
Soesana, A., Subakti, H., Karwanto, Kuswandi, A. F. S., Sastri, L., Aswan, I. F. N., Hasibuan, F. A., & Lestari, H. (2023). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yayasan Kita Menulis.
Sprout Social. (2025, Februari). Social media demographics to inform your 2025 strategy. https://sproutsocial.com/insights/new-social-media-demographics/
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RND. Penerbit ALFABETA Bandung.
Wahjusaputri, S., & Purwanto, A. (2022). STATISTIKA PENDIDIKAN. CV. Bintang Semesta Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Phoebe Valencia, Asep Soegiarto, Wina Puspita Sari, Anggun Nadia Fatimah, Menati Fajar Rizky

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.