Efektivitas Sistem e-Learning Berbasis Data Sains

Authors

  • Duta Windu Darma Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia
  • Hery Dwi Yulianto Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53697/jkomitek.v5i1.2258

Keywords:

Efektivitas, Sistem, e-Learning, Data Sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas sistem e-learning berbasis data sains dalam meningkatkan hasil belajar, keterlibatan, dan motivasi siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen pretest-posttest, dengan kelompok eksperimen yang menggunakan sistem e-learning berbasis data sains dan kelompok kontrol yang menggunakan sistem konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa personalisasi materi berbasis data sains dapat meningkatkan skor posttest siswa sebesar 25%, sementara pada kelompok konvensional peningkatan hanya mencapai 10%. Analisis log aktivitas siswa mengungkapkan adanya peningkatan frekuensi akses dan durasi belajar pada kelompok eksperimen. Selain itu, hasil survei dan wawancara mendukung temuan ini, dengan menunjukkan bahwa fitur personalisasi dan umpan balik yang relevan berperan besar dalam meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menegaskan potensi data sains dalam mengoptimalkan e-learning dan meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.

References

Abdulmajid, N. W., Pramuntadi, A., Riyanto, A. B., & Rochmah, E. (2017). Penerapan E-Learning Sebagai Pendukung Adaptive Learning Dan Peningkatan Kompetensi Siswa Smk Di Kabupaten Bantul. Jurnal Taman Vokasi, 5(2), 170–182. https://doi.org/10.30738/jtv.v5i2.2475

Dalimunthe, N., & Silalahi, C. A. P. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Kaitannya Dengan Efektifitas Belajar Dan Perkembangan Karakter. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN, 4(1), Article 1.

Damuri, A. (2020). Pengembanagn Model E-Learning Adaptif untuk Materi Pembelajaran Jaringan Komputer pada Amik Almuslim: E-Learning Adaptif. Jurnal Inovasi Informatika, 5(2), 110–120.

Dantes, G. R., Suarni, N. K., & Sujaya, I. (2010). Model dynamic intellectual learning (Dil): Pergeseran paradigma e-learning menuju adaptive learning. Prosiding Konferensi Nasional Sistem dan Informatika. https://yudiagusta.wordpress.com/wp-content/uploads/2010/09/229-235-knsi2010-039-model-dynamic-intellectual-learning-dil-pergeseran-paradigma-e-learning-menuju-adaptive-learning.pdf

Dharmayanti, W., & Nurcahyo, R. W. (2021). Analisis dan Perancangan E-Learning Adaptif di Sekolah Menengah Kejuruan. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.29408/edumatic.v5i1.2544

Dharmayanti, W., Verawardina, U., & Nurcahyo, R. W. (2018). Analisis Dan Perancangan E-Learning Adaptif Berdasarkan Gaya Belajar Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Di Smk Negeri 7 Pontianak. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(2), Article 2. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i2.2046

Dinata, V. M., Wedi, A., & Fajarianto, O. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Adaptif dengan Implementasi Learning Analytics Berdasarkan Gaya Belajar VARK. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001 Des), Article 001 Des. https://doi.org/10.58230/27454312.1444

Fakhrurrazi, F., Nurhafni, N., Ula, M., Setiawan, A. L., & Arpika, A. M. (2022). Pengembangan Desa Digital Dalam Pelayanan Publik Dan Kearsipan Berbasis Teknologi Informasi Di Gampong Reulet Timur. RAMBIDEUN : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.51179/pkm.v5i3.1468

Fathoni, M., & Zainiyati, H. S. (2020). Pemanfaatan website madrasah sebagai media pembelajaran e-learning di tengah pandemi Covid-19 di MTs Kedungjambe Singgahan Tuban. EVALUASI: Jurnal Manajemen Pendidikan islam, 4(2), Article 2.

Hakim, L., Sinaga, P., & Setiawan, A. (2018). Pengembangan Konten Materi Listrik Magnet Adaptif Untuk Calon Guru. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10987

Kusworo, N. R. (2020). Pengembangan adaptive e-learning system berbasis vark learning style (visual, auditory, reading/writing, kinesthetic) pada materi IP address / Nindia Rada Kusworo [Diploma, Universitas Negeri Malang]. https://repository.um.ac.id/140547/

Kusworo, N. R., Soepriyanto, Y., & Husna, A. (2021). Pengembangan adaptive e-learning sistem berbasis vark learning style pada materi IP address. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(1), 70–79.

Murniarti, E. (2020). Teori-Teori belajar dari pendekatan kognitif (Teori Piaget dan pengolahan informasi). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Jakarta. http://repository.uki.ac.id/2915/1/BahanAjar52020.pdf

Nugraha, A. A., & Budiyanto, U. (2022). Adaptive E-Learning System Berbasis Vark Learning Style dengan Klasifikasi Materi Pembelajaran Menggunakan K-NN (K-Nearest Neighbor). Technomedia Journal, 7(2 October), 248–261. https://doi.org/10.33050/tmj.v7i2.1900

Prasetyo, G. A., & Wantoro, J. (2024). E-Learning Mata Pelajaran Informatika melalui Model Problem Based Learning berbasis Moodle. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.29408/edumatic.v8i1.25264

Putra, I. G. J. A. (2019). Adaptive Learning: Mengidentifikasi Gaya Belajar Peserta Didik Dalam Rangka Optimalisasi Sistem E-Learning Dengan Menggunakan Bayesian Network. JURNAL ILMU KOMPUTER INDONESIA, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jik.v4i2.2773

Putra, R. D. Y. S., Susilaningsih, S., & Abidin, Z. (2020). Pengembangan media website e-learning berbasis model responsive web design untuk siswa SMA. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 292–302.

Rafiqa, R. (2015). Teori Pengolahan Informasi: Perspektif Pendidikan. KOMUNIDA : Media Komunikasi Dan Dakwah, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.35905/komunida.v5i2.105

Rahayu, T. (2019). Teori Pengolahan Informasi Dalam Pembelajaran MI. Al-Misbah (Jurnal Prodi PGMI), 5(02 Desember), Article 02 Desember.

Ruliah, R. (2017). Model E-Learning Adaptif Dengan Pendekatan Karakteristik Mahasiswa. Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.35889/jutisi.v6i1.237

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2017). Self-Determination Theory: Basic Psychological Needs in Motivation, Development, and Wellness. Guilford Publications.

Sari, I. P. (2017). Implementasi pembelajaran berbasis e-learning menggunakan claroline. Research and Development Journal of Education, 4(1). https://core.ac.uk/download/pdf/236196992.pdf

Septiana, P. M. (2021). Mobile Learning di Pedesaan dan Pemanfaatannya Bagi Masyarakat: Bahasa Indonesia. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Informatika (JUMPIKA), 3(1), Article 1.

Ziaurrahman, Z., & Surjono, H. D. (2017). Pengembangan e-learning adaptif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk kelas X SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.10458

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Duta Windu Darma, & Hery Dwi Yulianto. (2025). Efektivitas Sistem e-Learning Berbasis Data Sains. Jurnal Komputer, Informasi Dan Teknologi, 5(1), 13. https://doi.org/10.53697/jkomitek.v5i1.2258

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.