Penerapan Kualitas Pembelajaran Pada Tk. Pupuk Kujang Cikampek Menggunakan Metode Algoritma C45 dan SAS (Struktural Analitik dan Sintetik)

Authors

  • Agum Gumbira Universitas Bina Sarana Informatika Kramat Jati 98
  • Rini Anisha Universitas Bina Sarana Informatika Kramat Jati 98
  • Salsabila Shifa Nuraeni Universitas Bina Sarana Informatika Kramat Jati 98
  • Adika May Sari Universitas Bina Sarana Informatika Kramat Jati 98

DOI:

https://doi.org/10.53697/jkomitek.v5i1.2323

Keywords:

Algoritma C45, SAS (Struktural Analitik Sintetik), Kualitas Belajar

Abstract

Pendidikan merupakan elemen penting dalam pembentukan karakter anak, dengan Taman Kanak-kanak (TK) berfungsi sebagai jembatan antara pendidikan keluarga dan masyarakat. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 1990, TK menyediakan program pendidikan untuk anak usia dini dengan tujuan mengembangkan berbagai aspek tumbuh kembang. Observasi di TK Pupuk Kujang Cikampek menunjukkan bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam membaca, yang berpengaruh pada perilaku mereka di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penerapan metode algoritma dan SAS (Structural Analytical and Synthetic) dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Metode ini dimulai dengan memperkenalkan kalimat utuh, kemudian menganalisis dan menyintesis komponen kalimat untuk membantu siswa memahami dan meningkatkan keterampilan membaca secara efektif.

References

Adawiyah, R., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Kecakapan Bicara Anak dengan Kegiatan Menyusun Puzzle Gambar Seri di TK Dharma Wanita Persatuan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 883–887. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.507

Agram, N. (2024). Deep learning for quadratic hedging in incomplete jump market. Digital Finance, 6(3), 463-499, ISSN 2524-6984, https://doi.org/10.1007/s42521-024-00112-5

Anggy Giri Prawiyogi, Tia Latifatu Sa’diah, & Hikmatun Nadzilah. (2024). Penggunaan Metode Struktural Analitik Sintetik Terhadap Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Buana Pengabdian, 6(1), 180–188. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v6i1.6236

Antonio, B.O. (2024). Examining user behavior with machine learning for effective mobile peer-to-peer payment adoption. Financial Innovation, 10(1), ISSN 2199-4730, https://doi.org/10.1186/s40854-024-00625-3

Artika, Y. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) pada Siswa Kelas 1 MIN 5 Seluma. Skula: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2, 71–80.

Asrulla, Risnita, Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26320–26332.

Febriani, O. M., Putra, A. S., & Prayogie, R. P. (2020). Rancang Bangun Sistem Monitoring Sirkulasi Obat Pada Pedagang Besar Farmasi (PBF) Di Kota Bandar Lampung Berbasis Web. Jurnal Darmajaya, 1, 122–132. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/2472/1155

Hadi, M.S. (2024). Enhancing low-temperature long-time milk pasteurization process with a C4.5 algorithm-driven AIoT system for real-time decision-making. Journal of Food Process Engineering, 47(4), ISSN 0145-8876, https://doi.org/10.1111/jfpe.14606

Irianto, Afrisawati, & Sudarmin. (2021). Penerapan Metode Saw Untuk Pemilihan Komputer Multimedia Di Stmik Royal Kisaran Menggunakan Metode Saw. Journal of Science and Social Research, 4(1), 11–19.

Jabeur, S.B. (2024). Forecasting gold price with the XGBoost algorithm and SHAP interaction values. Annals of Operations Research, 334(1), 679-699, ISSN 0254-5330, https://doi.org/10.1007/s10479-021-04187-w

Kartal, M.T. (2024). Modeling the link between environmental, social, and governance disclosures and scores: the case of publicly traded companies in the Borsa Istanbul Sustainability Index. Financial Innovation, 10(1), ISSN 2199-4730, https://doi.org/10.1186/s40854-024-00619-1

Lalihatu, M., & Setiyanti, A. A. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Marvel Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMA YPK Tabernakel Nabire Papua Tengah. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI), 8(1), 56–71.

Mahesa Putra, S., Rendi, M., & Rusda, D. (2024). Penerapan Algoritma Menggunakan Rapidminer Untuk Kategorisasi Kompetensi Dasar CPNS. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(5), 3323–3328. https://doi.org/10.36040/jati.v7i5.7293

Muth, M. (2024). The application of machine learning for demand prediction under macroeconomic volatility: a systematic literature review. Management Review Quarterly, ISSN 2198-1620, https://doi.org/10.1007/s11301-024-00447-8

Nilda, Janna Miftahul. (2020). Variabel dan skala pengukuran statistik. Jurnal Pengukuran Statistik, 1(1), 1–8.

Nurhayati, N., Saifullah, S., & Winanjaya, R. (2021). Implementasi Metode Decision Tree Pada Tingkat Prestasi Belajar Siswa di SMK Swasta Anak Bangsa. BEES: Bulletin of Electrical and Electronics Engineering, 1(3), 108–114.

Romli, I., & Zy, A. T. (2020). Penentuan Jadwal Overtime Dengan Klasifikasi Data Karyawan Menggunakan Algoritma C4.5. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI), 4(2), 694–702.

Salahshour, S. (2024). Deep prediction on financial market sequence for enhancing economic policies. Decisions in Economics and Finance, ISSN 1593-8883, https://doi.org/10.1007/s10203-024-00488-4

Siahaan, S. W., Sianipar, K. D. R., R. H. Zer, P. P. P. A. N. F. I., & Hartama, D. (2020). Penerapan Algoritma C4.5 Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Pada Mahasiswa. Petir, 13(2), 229–239. https://doi.org/10.33322/petir.v13i2.1029

Silfiyah, A., Ghufron, S., Ibrahim, M., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3142–3149. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1321

Solehuddin, M., Syafei, W. A., & Gernowo, R. (2022). Metode Decision Tree untuk Meningkatkan Kualitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan Algoritma C4.5. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 510–519. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.52840

Susanti, E. (2021). Pengaruh Metode SAS dengan Media Flash Card Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan (Penelitian pada Siswa Kelas 1 Desa Majaksingi Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang). Skripsi.

Tang, X. (2024). On Forecasting Realized Volatility for Bitcoin Based on Deep Learning PSO–GRU Model. Computational Economics, 63(5), 2011-2033, ISSN 0927-7099, https://doi.org/10.1007/s10614-023-10392-5

Tekege, M. (2023). Sistem Informasi Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) YPPGI Marantha Nabire Kabupaten Nabire. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 2(3), 297–297. https://doi.org/10.58344/locus.v2i3.916

Thompson, E.K. (2024). On modeling acquirer delisting post-merger using machine learning techniques. Journal of Management Analytics, 11(2), 247-275, ISSN 2327-0012, https://doi.org/10.1080/23270012.2024.2348475

Tripathi, B. (2024). Cryptocurrency Exchanges and Traditional Markets: A Multi-algorithm Liquidity Comparison Using Multi-criteria Decision Analysis. Computational Economics, ISSN 0927-7099, https://doi.org/10.1007/s10614-024-10655-9

Downloads

Published

2025-03-03

How to Cite

Agum Gumbira, Rini Anisha, Salsabila Shifa Nuraeni, & Adika May Sari. (2025). Penerapan Kualitas Pembelajaran Pada Tk. Pupuk Kujang Cikampek Menggunakan Metode Algoritma C45 dan SAS (Struktural Analitik dan Sintetik). Jurnal Komputer, Informasi Dan Teknologi, 5(1), 13. https://doi.org/10.53697/jkomitek.v5i1.2323

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.