Rancang Bangun dan Implementasi Website Kasir pada Toko Mainan Tradisional Berbasis Web dengan metode ADDIE dan Black Box Testing
DOI:
https://doi.org/10.53697/jkomitek.v5i1.2575Keywords:
Aplikasi, Web, Kasir, CodeIgniter, UMKM, Mainan, BudayaAbstract
Pelestarian mainan tradisional Indonesia menghadapi tantangan besar akibat dominasi permainan digital modern. Salah satu usaha untuk menjaga budaya adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai media promosi dan edukasi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk merancang dan membangun serta implementasi aplikasi toko mainan tradisional berbasis website yang mendukung pelestarian budaya dan pemberdayaan UMKM. Metode Research and Development (R&D) digunakan dalam pengembangan, implementasi, dan evaluasi aplikasi ini. Sasaran penelitian adalah UMKM Toko Mainan yang berlokasi di Surabaya. Data diperoleh melalui wawancara untuk menggali kebutuhan sistem digital yang sesuai. Aplikasi dikembangkan menggunakan PHP 7.4 dan framework CodeIgniter 4, serta dilengkapi fitur katalog produk, pemesanan, dan informasi edukatif. Evaluasi dilakukan oleh ahli media dan sistem yang menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian telah menunjukkan aplikasi yang dikembangkan dinilai layak digunakan melalui pengujian blackbox testing dan dapat menjadi sarana efektif dalam promosi produk serta pelestarian nilai-nilai budaya lokal.
References
Ahadi, A. H., & Gustina. (2023). Perancangan Sistem Informasi POS Berbasis Web (Studi Kasus Minimarket SMJ Paal 11). FORTECH: Forum Teknik Elektro dan Komputer, 13(1), 88–97.
Al Harits, A., & Dewayani, E. (2023). Perancangan Aplikasi POS Berbasis Web pada Kedai Boxking Ricebox. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 6(1), 15–24.
Anggraini, H., & Susanti, D. (2025). Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Membaca Anak dengan Media Gambar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1), 407–417.
Annisa, L. H., Farizi, P. S., Mustofa, I. H., Khoerunnisa, K., & Jati, A. (2023). Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Kasir Berbasis Web pada UMKM Toko Ritel. Technology and Informatics Insight Journal, 2(1), 12–23.
Burhanudin, M., & Hermanto, D. (2025). Pengembangan Aplikasi Kasir Berbasis Web Dalam Pengelolaan Transaksi Keuangan. Jurnal Aplikasi Teknologi dan Komputasi, 1(1), 1-12.
Chen, C. (2025). Low-tech serious games in higher education: bridging the digital divide and enhancing student thinking and performance. Humanities and Social Sciences Communications, 12(111), 1–10. https://doi.org/10.1057/s41599-024-04341-2
Fadillah, S. A., Chandra, N., & Rivatunisa, C. (2024). Implementasi Agile Scrum Pada Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Kuliner. Decode : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(1), 301–315.
Haitsam, U., & Sitio, S. L. M. (2023). Implementation of a Web-Based Point of Sale System Using the Waterfall Method. Journal of Computer Science and Big Data, 2(2), 101–110.
Hu, Q., Zhu, Y., & Liang, Y. (2025). Escapist fantasy vs. digital socialization: personality traits, gameplay styles, and social anxiety of online game players in China. Humanities and Social Sciences Communications, 2(6), 1–13. https://doi.org/10.1057/s41599-025-04705-2
Ilhamsyah, M., & Abdurrazzaq, M. A. (2024). Perancangan Aplikasi Kasir Pada Toko “PTB CATSHOP” Berbasis Website. KALBISCIENTIA Jurnal Sains dan Teknologi, 11(01), 73-81.
Indah, M. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Moka Pos (Mobile Kasir) Dalam Mengelola Keuangan Pada Toko Anugrah Kado (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Negeri Datokarama Palu).
Kudin, M., & Hamid, M. (2020). Pengembangan Aplikasi Kasir Online UKM di Kota Makassar. Eprints Unm, 1–7.
Kurnia, I., Lestyaningrum, M., Trisiana, A., Safitri, D. A., & Pratama, A. Y. (2022). Pendidikan Global Berbasis Teknologi Digital Di Era Milenial.
Kurniawan, D., & Sari, R. A. (2023). Pengembangan Aplikasi Point of Sale Berbasis Web untuk Mendukung Digitalisasi UMKM. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK), 7(4), 489–498.
Noviandri, F., & Bani, A. U. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Point Of Sale Berbasis Web Studi Kasus Pada Toko Toys Amanah. Jurnal Jaring SainTek, 4(2), 59-68.
Prayogi, A., Fitri, R., & Nuraini, T. (2022). Aplikasi POS Berbasis Website pada Toko Sembako Tegar. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 11(3), 202–210.
Rahayu, D. A., Mangsur, F. Al, & Anggia, A. A. (2022). Sosialisasi Pengenalan Seni Budaya Lokal kepada Masyarakat Desa Boyolangu Melalui Digitalisasi untuk Meningkatkan Nasionalisme. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 2(6), 1945–1952.
Rahmadhani, D. I., & Maryam. (2024). Pengembangan Sistem Point of Sale Berbasis Web pada Toko Faafoo Menggunakan Framework Laravel. METHOMIKA: Jurnal Teknik Informatika, 6(2), 73–82.
Rahman, M. N., Hidayat, A., & Nurhalimah. (2022). Sistem Informasi POS Berbasis Web pada Toko Afridah Cake. Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, 6(2), 67–76.
Rifany, R., & Pratiwi, N. (2024). Perancangan dan Implementasi Sistem POS Berbasis Web Menggunakan Laravel 11 (Studi Kasus UMKM Nasution). Prosiding Seminar Teknoka, 6(1), 21–28.
Rizki, M., Hasan, A., Pamungkas, B. A., Anggraini, B., Angandarto, H., Dwinar, N. S., Seputri, N. A., Shafar, A., Ocha, Q., & Qoirunnisa, F. (2025). Pemanfaatan Media Teknologi Digital untuk Memberdayakan UMKM dan Melestarikan Kebudayaan Tradisional Desa Jangrana , Kesugihan , Cilacap Utilization of Digital Technology Media to Empower MSMEs and Preserve Traditional Culture of Jangrana Village , Kesugi. Kegiatan Positif: Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat, 3(1), 69–82.
Safitri, R., Setiawan, H., Ariyanti, N., & Dijaya, R. (2024). Rancang Bangun Aplikasi Notifikasi Dan Geolocation Pada Pedagang Keliling Terdekat Berbasis Android. Decode : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(1), 52–64.
Senoprabowo, A., & Septiani, Y. A. (2021). Komik Digital Warak Ngendog Untuk Memperkenalkan Nilai Kearifan Lokal Kepada Anak Di Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Desain Komunikasi Visual, 1–13.
Sukirno, & Suhendar. (2022). Pengembangan Sistem Point of Sale Menggunakan Framework CodeIgniter Berbasis Web. Jurnal Algoritma, 19(1), 45–54.
Syawaluddin, A., & Aeni, N. (2025). Play and learn : digital traditional games for vocabulary mastery in young learners. Discover Education, 4(103), 1–15. https://doi.org/10.1007/s44217-025-00485-8
Yuliana, & Ronal. (2025). Rancang Bangun Sistem Point of Sales (POS) Berbasis Web dan Mobile untuk UMKM. ProTekInfo: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komputer, 10(1), 34–42.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Sonhaji Akbar; Sintia Agustin Yasa, Vania Rusprameswari, Jihan Adisti Rizki Insyirah, Revian Atheyla, Alfi Fadliana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.