Evaluasi UI/UX Design Berbasis Mobile pada Aplikasi Ezmo Dental Clinic
DOI:
https://doi.org/10.53697/jkomitek.v4i1.1642Keywords:
Aplikasi Ezmo Dental Clinic, Evaluasi UI/UX, Pendekatan Kualitatif dan KuantitatifAbstract
Penelitian ini mengevaluasi secara komprehensif UI/UX pada aplikasi Ezmo Dental Clinic menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Evaluasi UI/UX mengukur seberapa baik pengguna dalam mempelajari dan menggunakan aplikasi untuk mencapai tujuan mereka. Selain itu, evaluasi juga mengukur kepuasan pengguna dalam menggunakan aplikasi. Metode yang dilakukan pada aplikasi Ezmo Dental Clinic ini dengan identifikasi pengguna, observasi tugas, dan melakukan pengujian dengan mengisi kuisioner. Diketahui user journey yang telah dilakukan masih perlunya dievaluasi aplikasi tersebut, setiap halaman tampilan yang perlu diperbaiki karena kurang menarik dan tidak jelasnya alur pada setiap halamannya bagi pengguna, dilakukannya pengujian kepada partisipan yang sudah pernah dan belum pernah menggunakan aplikasi tersebut dengan mendapatkan predikat sangat buruk terhadap aplikasi Ezmo Dental Clinic.
References
Alkindi, M. M. (2022). Perancangan desain user interface pada aplikasi mobile RS Syarif Hidayatullah Menggunakan Metode Goal Directed Design (GDD) dan Usability Testing. Skripsi, Universitas Negeri Islam Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.
Aziza, R. F. (2020). Analisis Kebutuhan Pengguna Aplikasi Menggunakan User Persona dan User Journey. Information System Journal, 3, 9. doi:https://doi.org/10.24076/infosjournal.2020v3i2.420
Farida, L. D. (2016). Pengukuran User Experience Dengan Pendekatan Usability (Studi Kasus: Website Pariwisata Di Asia Tenggara). 56.
Hartadi, G., Swandi, I. W., & Mudra, I. W. (2020, April). Warna dan PrinsipDesain User Interface (UI) Dalam Aplikasi Seluler "BUKALOKA". doi:http://dx.doi.org/10.25105/jdd.v5i1.6865
Himawan, H., & Yanu, M. (2020). Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UPN Veteran Yogyakarta. Retrieved from http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26163
Jamilah, Y. S., & Padmasari, A. C. (2022, April). Perancangan User Interface dan User Experience Aplikasi Say.co. Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar, 9, 74-75. doi:https://doi.org/10.26858/tanra.v9i1.29458
Laksono, B. (2021). Evaluasi dan Perancangan User Interface/User Experience Pada Website Inmax Property Menggunakan Model Double Diamond. 3.
Liana, K. L., Rokhmawati, R. I., & Brata, A. H. (2020, April 17). Perancangan User Experience menggunakan Perspective-Based Inspection pada Pengembangan SCRUM Situs Web PT.Nodeflux Indonesia. JPTIIK, 3, 9908.
Muhammad, A. S., & A. S. (2020, November). Perancangan UI/UX Aplikasi MY CIC Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma. 10, 209. doi:https://doi.org/10.51920/jd.v10i2.171
Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). Perancangan UI/UX Aplikasi MY CIC Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma. Digital Of Information Technology, 10, 209. doi:https://doi.org/10.51920/jd.v10i2.171
Ngurah, W. R. (2021). User Interface dan User Experience Untuk Mengelola Kepuasaan Pelanggan. 3(2), 18. Retrieved from https://scholarhub.ui.ac.id/jsht/vol3/iss2/2
Norman, K., & Kiarakowski, J. (2017). The Wiley Handbook of Human Computer Interaction. doi:10.1002/9781118976005
Octaviana, D., Dewi, S. L., Heriyanto, Y., Yenni, H. P., & Andhita, A. S. (2023, Oktober). Teknologi Informasi Dalam Bidang Kesehatan. 15, 165-172.
Pristantingdiah, R. (2020). Perancangan User Experience Aplikasi E-health Pelayanan Kesehatan dan Kecantikan dengan Metode Lean UX dan Usability Testing. Skripsi, Universitas Negeri Islam Syarif Hidayatullah Jakarta, Fakultas Sains dan Teknologi, Jakarta.
Restyandito, R., Nugraha, K. A., & Konda, V. W. (2022, Agustus). Evaluasi dan Perancangan Ulang Tampilan Antarmuka Aplikasi SehatQ Terhadap Lansia. Teknologi Informasi, 19, 228-247. doi:https://doi.org/10.24246/aiti.v19i2.228-247
Saputra, R. Y., E. M., & S. S. (2022, April). Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Pada Klinik Gigi Drg. Ratih Elisa Banjarbaru. 1.
Wibawanto, Nugrahani, W., & Rahina. (2018, Juli). Desain antarmuka (User Interface) Pada Game Edukasi. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/imajinasi
Yani, A. (2018). Pemanfaatan Teknologi Dalam Bidang Kesehatan Masyarakat Utilization of Technology in the Health of Community Health. 8, 97-102. doi:https://doi.org/10.56338/pjkm.v8i1.235
Yulianti, S. J., & Ayung, C. P. (2022, April). Perancangan User Interface dan User Experience Aplikasi Say.co. 9, 74-75.
Zulfiandri, Putri, S. N., & Subiyakto, A. (2021). Evaluating User Interface of A Transport Application Using Usability Evaluation Methods. 9th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM), 1-7. doi:http://dx.doi.org/10.1109/citsm52892.2021.9589020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Brenna Kurnia Hana, Teduh Dirgahayu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.