Perencanaan Konten Kreatif Dalam Campaign “The Portal” Untuk Meningkatkan Awareness Gen Z Pada Pilkada 2024

Authors

  • Fitri Ayu Faddilla Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • R. Yuniadi Rusdianto Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.53697/iso.v4i2.2105

Keywords:

Gen Z, Campaign, Pilkada

Abstract

Laporan ini berfokus pada perencanaan konten kreatif pada campaign "The Portal". Campaign ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran Gen Z tentang pentingnya berpartisipasi dalam Pilkada 2024 dengan menggunakan pendekatan pada sosial media instagram. Laporan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menggunakan dokumentasi serta observasi selama program magang berlangsung sebagai data. Dari perencanaan konten kreatif tersebut, terdapat empat konten utama yang berhasil menarik audience serta tepat sasaran dilihat dari antusias audience dalam interaksi like ataupun comment pada platform instagram portaljtvcom. Laporan ini menunjukkan pentingnya strategi serta kreatifitas dalam perencanaan konten kreatif dalam campaign “The Portal”.

References

Ashghali-Farahani, M. (2024). Content analysis of succession planning in nursing management: A qualitative study. BMJ Leader. https://doi.org/10.1136/leader-2024-000973

Brittingham, S. (2024). What’s inside matters: an assessment of the family planning content of digital self-care platforms. Reproductive Health, 21(1). https://doi.org/10.1186/s12978-024-01848-4

Djiovanis, S. G. (2024). Integrating Web 2.0 Social Media and Care Planning for Critical Appraisal of Online Content. Nurse Educator, 49(2), 79. https://doi.org/10.1097/NNE.0000000000001467

Fara Amelia, F. B. (2024). Pemanfaatan Tiktok Sebagai Media Informasi Publik Oleh Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 11-20.

Fitrah Maharani, S. R. (2024). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula Di Kalangan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial, 274-280.

Fu, Y. (2024). Joint Assortment and Cache Planning for Practical User Choice Model in Wireless Content Caching Networks. IEEE Transactions on Mobile Computing, 23(5), 4709–4722. https://doi.org/10.1109/TMC.2023.3297987

Istilah, P. d. (2023). Pengertian Kampanye Menurut Ahli, Jenis-jenis, dan Tekniknya. Diambil kembali dari Kumparan: https://kumparan.com/pengertian-dan-istilah/pengertian-kampanye-menurut-ahli-jenis-jenis-dan-tekniknya-214v5tCRzAS/2

Jasso, F. (2024). Planning for everyone? An examination of state bike plans for equity related content. Cities, 149. https://doi.org/10.1016/j.cities.2024.104923

JTV, P. (t.thn.). Tentang Kami. Diambil kembali dari portaljtv.com: https://portaljtv.com/pages/tentang-kami

Lee, D. (2024). The Demise of “Advocacy Planning” in Community Design? A Content Analysis of the Mission Statements of Community Design Centers (CDCs) in the United States. Journal of Planning Education and Research, 44(4), 2140–2153. https://doi.org/10.1177/0739456X231163453

Lynch, T. (2024). The Content of Patient-Identified Suicidal Drivers within CAMS Treatment Planning. Archives of Suicide Research, 28(1), 411–417. https://doi.org/10.1080/13811118.2022.2151958

Nour, M. (2024). Lane Planning of Connected Autonomous Vehicles using a Graph Representation of Road Contents. 2024 IEEE International Conference on Smart Mobility, SM 2024, 230–235. https://doi.org/10.1109/SM63044.2024.10733406

Novendra, D. (2023). Perancangan Konten Media Sosial Instagram Sebagai media Promosi Sejuta Kuliner Indonesia. Surabaya: Respository Dinamika.

Park, K. (2024). A Study On “South Seoul City Planning (1961)” BY HEUNG-SIK PARK − About the contents of the plan and its significance. AIJ Journal of Technology and Design, 30(76), 1594–1599. https://doi.org/10.3130/aijt.30.1594

Prakosa, R. C. (2021). Penerapan Content Marketing Untuk Meningkatkan Customer Engagement Kidos Agency di PT Purwo Production Indonesia. Semarang: Repository Unissula.

Sabrina, D. N. (2024). Laporan Akhir Magang Mandiri Bersertifikat Web Developer Di PT. Jawapos Media Televisi (JTV).

Sari, D. P. (2023). Strategi Kreatif Program Acara BBM di JTV Surabaya. Repository Uksw.

Surabaya, M. U. (2024, Oktober 9). KPU Itu Apa? (Taaba, Pewawancara)

Valian Yoga Pudya Ardhana, M. D. (2023). Optimalisasi Digital Marketing Bagi Generasi Z Dalam Pengembangan Pemasaran Berbasis Teknologi. Jurnal Pengabdian Literasi Digital Indonesia, 144-159.

Yan, F. (2024). Application and Prospect of Artificial Intelligence Technology in Low-Carbon Cities—From the Perspective of Urban Planning Content and Process. Land, 13(11). https://doi.org/10.3390/land13111834

Yulia Emidari, H. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Televisi Lokal JTV dalam Tahap Awal Pelaksanaan Analog Switch Off (ASO). Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi (JIKOMSI), 45-54.

Downloads

Published

2024-12-20

How to Cite

Faddilla, F., & Rusdianto, R. (2024). Perencanaan Konten Kreatif Dalam Campaign “The Portal” Untuk Meningkatkan Awareness Gen Z Pada Pilkada 2024. Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 4(2), 6. https://doi.org/10.53697/iso.v4i2.2105

Issue

Section

Articles