Tingkat Kepercayaan Publik dalam Mengonsumsi Berita Melalui Media Sosial Vs Media Konvensional

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2466

Keywords:

Kepercayaan Publik, Media Sosial, Media Konvensional

Abstract

Kemajuan teknologi informasi telah mengubah cara masyarakat mengakses berita, dengan media sosial menjadi sumber utama informasi bagi banyak orang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan tingkat kepercayaan publik terhadap berita yang disampaikan melalui media sosial dan media konvensional. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner online yang disebarkan kepada 67 responden. Analisis dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan uji komparatif untuk melihat perbedaan kepercayaan terhadap kedua jenis media. Hasil menunjukkan bahwa meskipun media sosial lebih sering digunakan karena akses yang cepat dan mudah, tingkat kepercayaan publik terhadap media konvensional lebih tinggi. Hal ini terlihat dari persepsi responden terhadap akurasi dan kredibilitas informasi yang lebih baik pada media konvensional. Sebaliknya, media sosial dinilai kurang dapat dipercaya akibat maraknya informasi tidak valid. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kecepatan akses belum mampu menggantikan pentingnya integritas dan keandalan dalam membentuk kepercayaan publik. Temuan ini dapat menjadi masukan penting bagi pengelola media dan pemangku kebijakan dalam meningkatkan kualitas dan kepercayaan terhadap informasi di era digital.

References

Adistri, N., Rusman, A. A., & Irwansyah. (2024). Pemenuhan Kebutuhan Informasi pada TikTok: Studi Uses and Gratification di Era Digital. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 8(2), 103–116.

Akbari, R. (2024). Di antara literasi dan bias politik: Studi tentang tingkat kepercayaan publik terhadap media di Indonesia. Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia.

Amin, N. F., Garancang, M. & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. PILAR, 14(1), 15–31.

Afiyah, A., Bahfiarti, T. & Akbar, M. (2024). Analisis Perilaku Electronic Word of Mouth Konsumen Mabello Indonesia Di Era Digital: Pendekatan Uses and Gratification. CARAKA : Indonesia Journal of Communication, 5(2), 154–165.

Aqsal, M., Duku, S., & Jufrizal. (2023). Studi Kepercayaan Publik Terhadap Pemberitaan Media Konvensional Dan New Media Di Kelurahan Prabumulih. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial , 215-225

Febriyanti, I. Murtinugraha. R. E. & Iriani, T. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Tambahan Video Pendek Vertikal (Tiktok) pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal Pendidikan Tambusai,

Guo, Y, & Lei, Y (2025). The Media Trust Gap and Its Political Explanations: How Individual and Sociopolitical Factors Differentiate News Trust Preferences in Asian Societies. The International Journal of Press/Politics, journals.sagepub.com,

Hasan, K. (2021). Meningkatkan Kredibilitas Media di Indonesia dalam Era Disrupsi Informasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 45–60.

Hasan, K., Utami, A., Eni, S., Izzah, N., & Cahya Ramadhan, S. (2023). Komunikasi di Era Digital: Analisis Media Konvensional vs New Media Pada Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Malikussaleh Aangkatan 2021. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 2(1), 56–63.

Zulkarnain, I. & Febry ichwan butsi. (2021). Media Konvensional Vs New Media: Studi Komparatif Surat Kabar Dan Media Online Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 3(2), 50–57.

Karunia, H., Ashri, N., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena penggunaan media sosial: Studi pada teori uses and gratification. Jurnal Teknologi dan Sistem, 1(1).

Prana, K. & Sunarto. (2025). Pengaruh Terpaan Konten Hoaks Isu Kesehatan di Media Sosial dan Tingkat Literasi Digital Masyarakat Terhadap Tingkat Kepercayaan Masyarakat Menggunakan Facebook. Interaksi Online, 13(2), 1–10.

Kurniawan, L, & Tjahjadi, D (2024). Analisis Kepuasan Pelanggan Tokopedia Dengan Model Analisis Jalur. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, scholar.archive.org.

Mardhiyyah, M. (2023). Konvergensi Media (Analisis Transformasi Media konvensional dalam Perspektif Ekonomi Kritis). An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam, ejournal.unisnu.ac.id.

Marta, R. F., Kristina., Yulianto. A & Febrianto. Y. (2024). Metode penelitian memahami pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan campuran. buku referensi, repository.mediapenerbitindonesia. Mediapenerbitindonesia.com,

Okta, W., & Muhammad Alfikri Matondang. (2024). Pola Konsumsi Berita dalam Era Digital: Perbandingan Preferensi Generasi Z Terhadap Sumber Berita Tradisional dan Modern. Tapis Jurnal Penelitian Ilmiah, 8(2), 225–225.

Rahmatullah, S. & Yuliati, R. E. D. (2022). Media Sosial Sebagai Sumber Berita Altenatif. Jurnal Studi Jurnalistik, journal.uinjkt.ac.id.

Silviah, R. (2025). Dampak Literasi Digital : Kepercayaan Publik, Partisipasi Politik dan Media Sosial (Literature Review Ilmu Sosial dan Politik). 2(1), 38–45.

Riyanto, A. D. (2025, February 28). Hootsuite (We are Social): Data Digital Indonesia 2025. Dosen, Praktisi, Konsultan, Pembicara/Fasilitator Digital Marketing, Internet Marketing, SEO, Technopreneur dan Bisnis Digital.

Septian, M. (2025). Kredibilitas dan Etika di Era Hoaks: Studi Kasus Pendekatan Jurnalistik Tirto.id. MERDEKA : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 28–34.

Siroj, R. A., Afgani, W. Fatimah, F. Septaria. D. & Salsabila, G. Z. (2024). Metode penelitian kuantitatif pendekatan ilmiah untuk analisis data. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, journal.universitaspahlawan.ac.id,

Sitorus, A. F. & Rizkia, N (2025). Studi Bibliometrik: Analisis Tren Media Digital Pada Pembelajaran Kimia SMA Saat dan Setelah Covid-19. Journal of Research and Education Chemistry, journal.uir.ac.id,

Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel: Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, jipp.unram.ac.id,

Suparto, D. & Habibullah, A. (2021). Efektivitas penggunaan sosial media Twitter dalam penyebaran informasi dalam pelayanan publik (Studi kasus Kabupaten Pemalang). Indonesian Governance Journal, igj.upstegal.ac.id.

Suryawati, N., & Irawan, D. (2022). Dampak Media Online Terhadap Perkembangan Media Konvensional. Jurnal Politikom Indonesiana, 2(2), 33–34.

Susanto, P. C., Arini, D. U., Yuntina, L., Soehaditama, J. P. & Nuraeni. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multidisiplin, pdfs.semanticscholar.org,

Wardhani, A. C., Ashaf, A. F., Kartika, T, & Aryanti. (2024). Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Media di Lampung. Jurnal Ilmu Komunikasi, jurnal.upnyk.ac.id.

Downloads

Published

2025-05-28

How to Cite

Suratman, A., Salsabila, N., Sari, A., Lutfiana, R., Wijayanti, N., & Nugraha, J. (2025). Tingkat Kepercayaan Publik dalam Mengonsumsi Berita Melalui Media Sosial Vs Media Konvensional. Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 5(1), 15. https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2466

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.