Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Komunitas Fandom Boygroup NCT (Neo Culture Technology) Kota Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2607Keywords:
Komunitas NCTzen, Instagram, Perilaku KonsumtifAbstract
Media sosial instagram mempengaruhi penggemar dalam berperilaku konsumtif. Penggemar NCT menggunakan media sosial instagram sebagai wadah untuk berbagi informasi, berinteraksi, membentuk komunitas dan melakukan pembelian merchandise. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor media sosial instagram terhadap perilaku konsumtif pada komunitas fandom NCTzen, dan mengetahui dampak media sosial instagram terhadap bentuk perilaku konsumtif pada komunitas fandom NCTzen kota pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kuantatif dengan pendekatan teori perilaku konsumtif dari Jean Baudrillard. Penelitian ini menggunakan populasi dan sampel, pengambilan sampel menggunakan total sampling berjumlah 70 responden. Data primer dan sekunder digunakan sebagai sumber data. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media sosial instagram berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif pada komunitas fandom NCTzen Kota Pekanbaru. Adapun faktor– faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif NCTzen dalam media sosial instagram yang terdiri dari mengakses instagram, pengaruh iklan, fitur instagram dan dampak media sosial instagram terhadap bentuk perilaku konsumtif terdiri dari pembelian merchandise secara implusif dan pembelian tidak rasional. Terbukti dengan nilai t hitung > t tabel yaitu sebesar 5,266 > 1,995 dan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05. Maka disimpulkan H1 diterima. Penelitian ini variabel bebas dapat menjelaskan variabel terkait dengan nilai koefisien korelasi r = 0,538 yang menunjukkan bahwa 53.8 % variabilitas dalam variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen yang mana dalam penelitian ini variabel dependen adalah perilaku konsumtif dan variabel independen adalah media sosial Instagram
References
Agnihotri, D. (2023). Investigating the impact of authenticity of social media influencers on followers' purchase behavior: mediating analysis of parasocial interaction on Instagram. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 35(10), 2377–2394. https://doi.org/10.1108/APJML-07-2022-0598
Ananda, M., Hadi, N., Harda, N., & Meiji, P. (2021). Di balik perilaku konsumtif NCTZEN dalam pembelian merchaindise NCT (studi kasus komunitas NCTzen Malang). Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(9), 1011–1026. https://doi.org/10.17977/um063v1i92021p1011-1026
Baudrillard, J. P. (2011). Masyarakat Konsumsi. Kreasi Wacana.
Fakhreddin, F. (2022). Instagram Influencers: The Role of Opinion Leadership in Consumers’ Purchase Behavior. Journal of Promotion Management, 28(6), 795–825. https://doi.org/10.1080/10496491.2021.2015515
Fetais, A. H. (2023). Do Social Media Marketing Activities Improve Brand Loyalty? An Empirical Study on Luxury Fashion Brands. Information Systems Frontiers, 25(2), 795–817. https://doi.org/10.1007/s10796-022-10264-7
Han, M. C. (2023). Checkout button and online consumer impulse-buying behavior in social commerce: A trust transfer perspective. Journal of Retailing and Consumer Services, 74. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2023.103431
Hidayat, M., Ahmadiyati, J. N., Sulistiyani, R., Vebryana, L. C., Azzahra, Y., Bobihu, N. A.-R., & Maknuna, L. (2022). Keberagaman Pada Kelompok Penggemar K-pop Di Indonesia. Abrahamic Religions: Jurnal Studi Agama-Agama, 2(2), 106. https://doi.org/10.22373/arj.v2i2.12194
Hidir, Achmad dan Rahman Malik. (2024). Teori Sosiologi Modern. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah, Bukittinggi.
Hussain, A. (2023). Integrating the S-O-R Model to Examine Purchase Intention Based on Instagram Sponsored Advertising. Journal of Promotion Management, 29(1), 77–105. https://doi.org/10.1080/10496491.2022.2108185
Irene, R., Cahyaning, A., Siahaan, C., Komunikasi, P., & Indonesia, U. K. (2022). Peranan Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi Remaja Penggemar Kpop. 12(1), 65–83.
Karagür, Z. (2022). How, why, and when disclosure type matters for influencer marketing. International Journal of Research in Marketing, 39(2), 313–335. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2021.09.006
Kaur, G. (2023). A deep learning-based model using hybrid feature extraction approach for consumer sentiment analysis. Journal of Big Data, 10(1). https://doi.org/10.1186/s40537-022-00680-6
Kim, K. (2023). The role of interactivity from Instagram advertisements in shaping young female fashion consumers’ perceived value and behavioral intentions. Journal of Retailing and Consumer Services, 70. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2022.103159
Koay, K. Y. (2022). Social media influencer marketing: the moderating role of materialism. European Business Review, 34(2), 224–243. https://doi.org/10.1108/EBR-02-2021-0032
Lee, J. A. (2022). Why are consumers following social media influencers on Instagram? Exploration of consumers’ motives for following influencers and the role of materialism. International Journal of Advertising, 41(1), 78–100. https://doi.org/10.1080/02650487.2021.1964226
Malik, Rahman dan Achmad Hidir. (2025). Sosiologi Digital: Dinamika Sosial di Era Teknologi. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah, Bukittinggi.
Nanang, M. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif (R. Pers, Ed.).
Onofrei, G. (2022). Social media interactions, purchase intention, and behavioural engagement: The mediating role of source and content factors. Journal of Business Research, 142, 100–112. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.12.031
Puspitasari, D., Hariadi, S., & Rahmawati, A. (2022). Celebrity Worship Dan Perilaku Konsumtif Remaja Penggemar K-Pop. Seminar Nasional Sistem Informasi, 2022.
Putri, S. I., & Resdati, R. (2024). Penggunaan Instagram terhadap Perilaku Konsumtif Penggemar Korean Pop (K-Pop) di Kota Pekanbaru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 10269–10275. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5925
Rinata, A. R., & Dewi, S. I. (2019). Fanatisme Penggemar Kpop Dalam Bermedia Sosial Di Instagram. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 13. https://doi.org/10.14710/interaksi.8.2.13-21
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&D.
Vazquez, E. E. (2023). Images, reviews, and purchase intention on social commerce: The role of mental imagery vividness, cognitive and affective social presence. Journal of Retailing and Consumer Services, 74. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2023.103415
Wishandy, W., Loisa, R., & Utami, L. S. S. (2020). Fanatisme Penggemar K-Pop Melalui Media Sosial (Studi pada Akun Instagram Fanbase Boyband iKON). Koneksi, 3(1), 133. https://doi.org/10.24912/kn.v3i1.6156
Wulandari, S. A., Budiati, A. C., & Nurhadi. (2020). Perilaku konsumtif peserta didik penggemar k-pop di SMA Negeri 4 Surakarta. Jurnal FKIP Universitas Sebelas Maret, 8(1), 1–15. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sosant/article/view/11782
Yolanda, W., & Yanna Primanita, R. (2023). Kontribusi fanatisme terhadap perilaku konsumtif pada Nctzen Indonesia. Edusociata Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(2), 877–883.