Kepuasan Mahasiswa dalam Berbelanja Online di Aplikasi e-commerce: Pendekatan Deskriptif Kuantitatif

Authors

  • Natasya Eva Tania Universitas Tidar
  • Syfa Nandya Saputri Universitas Tidar
  • Amanda Putri Yusniawaty Universitas Tidar
  • Aulia Wuri Nurpriyanti Universitas Tidar
  • Mohamad Nasir Halim Mowavik Universitas Tidar
  • Joko Tri Nugraha Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2521

Keywords:

Kepuasan pelanggan, E-Commerce, Shopee, Mahasiswa, Layanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa dalam berbelanja online menggunakan aplikasi e-commerce Shopee serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menyebarkan kuesioner skala likert 5 poin dan menggunakan teknik sampling purposive sampling kepada 59 responden mahasiswa Administrasi Negara Universitas Tidar yang pernah berbelanja melalui Shopee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden merasa puas terhadap kualitas produk, kemudahan pembayaran, variasi produk, dan kompetitivitas harga. Namun, ditemukan keraguan pada aspek ketepatan waktu pengiriman, responsivitas customer service, serta proses retur dan komplain. Analisis dilakukan dengan bantuan SPSS, menggunakan analisis deskriptif. Temuan ini memberikan gambaran objektif mengenai pengalaman mahasiswa dalam menggunakan layanan e-commerce serta menjadi dasar evaluasi peningkatan kualitas layanan oleh penyedia platform.

References

Abdullah, A., Basir, N., Abdullah, S., & Harun, W. N. (2024). Customer Satisfaction Level in Online Selling Buying on E-commerce Platform. Advanced International Journal of Business, Entrepreneurship and SMEs. https://consensus.app/papers/customer-satisfaction-level-in- online -selling-buying-on-abdullah-basir/3a2e4a4b94995bd489cc305c8b8eaae8

Alamin Z., M. R. S. S. F. F. & K. K. (2023). Perkembangan E-commerce: Analisis Dominasi Shopee sebagai Primadona Marketplace di Indonesia. J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah), 6(2), 120–131. https://doi.org/10.52266/jesa.v6i2.2484

Andhini, A., & Khuzaini, K. (2017). Pengaruh transaksi online shopping, dan kepercayaan konsumen terhadap kepuasan konsumen pada e-commerce. Jurnal Ilmu dan Riset …. jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id. https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/1753/1763

Bachir, M. M., Laallam, F. Z., Mezati, M., Rayane, A., & Ahlam, D. (2024). Enhancing Customer Satisfaction. Brazilian Journal of Technology. https://consensus.app/papers/enhancing-customer-satisfaction-bachir-laallam/64049efbb8b45ed485d3c383bcc184b1

Bunga Pertiwi A., A. H. & D. S. S. F. (2022). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan pada E-commerce Shopee. Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(2), 537–553. https://doi.org/10.38035/jim.v1i2

Etikan, I., Musa, S. A., & Alkassim, R. S. (2016). Comparison of convenience sampling and purposive sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1–4. https://doi.org/10.11648/j.ajtas.20160501.11

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis (7th ed.). Pearson Education Limited.

Hidayat A., & L. D. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pengguna E-commerce. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 23–31.

Ibrahim A., E. O. A. F. S. P. U. Y. & K. R. D. (2022). Peningkatan Pengetahuan Teknologi Informasi untuk masyarakat Kelurahan Mariana Ilir Kecamatan Banyuasin Ilir Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 3(1), 207–212. https://doi.org/10.54082/jamsi.571

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Iprice Insight. (2021). Indonesia’s E-Commerce Map in 2021. ResearchGate. Retrieved from: https://www.researchgate.net/figure/ndonesias-E-Commerce-Map-in-2021-Source-Iprice-insight-2021_fig6_360774670

Juhana, D., Komara, A. T., Sidharta, I., & Suzanto, B. (2024). Pengantar E-commerce dan Platform Digital. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=9rsFEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=buku+kepuasan+%22e+commerce%22&ots=vNh8jRNsms&sig=q_aRqRGjKqUOvqTFBieXRbhSVSM

Kurniawati D., & P. R. (2021). Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pengguna E-commerce di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 10(2), 45–52.

Meidita, Y., Suprapto, S., & Rokhmawati, R. I. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan, Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan pada E-commerce (Studi Kasus: Shopee). … Teknologi Informasi Dan …. http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/3399

Nurakhmawati, R., Purnamawati, A., & Fahmi, I. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan e-commerce Shopee terhadap kepuasan pelanggan melalui keputusan pembelian. pdfs.semanticscholar.org. https://pdfs.semanticscholar.org/4e7d/59f85370a1f2aa83bafa4d28e3d15ac90d09.pdf

Nurfitri, A. B., & Ratnawati, D. (2023). Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas, dan Partisipasi Masyarakat terhadap Pengelolaan Alokasi Dana Desa. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan …. https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1181

Nurlela. (2021). Perkembangan E-Commerce di Indonesia: Analisis Perilaku Konsumen Selama Pandemi Covid-19.

Rasyid, R. A., Ratnasari, V., & Anshori, M. Y. (2024). The Effect of Buy Local Campaign and Consumer Ethnocentrism on Brand Love Among Indonesian Youth Consumers. Journal of Ecohumanism, 3(8), 9522–9543. https://doi.org/10.62754/joe.v3i8.5568

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, D. W., & Pratama, R. A. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan E-commerce (Studi Kasus: Shopee).

Tajudinnur M., F. F. F. R. I. I. & I. I. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Pemasaran Digital Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Sebatik, 26(2), 673–687.

Ubaidillah, R. (2025). Determinan yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan dan Niat Pembelian Ulang di E-commerce (Shopee) di Yogyakarta. dspace.uii.ac.id. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/54771

Usvita, M., Desda, M. M., Saununu, S. J., Indrawan, M. G., & ... (2023). Manajemen Pemasaran E-commerce. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=U2jeEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=buku+kepuasan+%22e+commerce%22&ots=uC5FNaiR7h&sig=2Iz8t-3c62C1yOJ4xfWuLlY1AbE

Wardhani, A. R. R., & Setyawati, L. (n.d.). KEPUASAN BELANJA ONLINE MELALUI APLIKASI SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Muhammadiyah Lampung). Jurnal Manajemen & Pemasaran, 4(2). https://jurnal.utb.ac.id/index.php/jmp/article/download/836/544/2362

Widyanita, F. A. (2018). Analisis pengaruh kualitas pelayanan e-commerce Shopee terhadap kepuasan konsumen Shopee Indonesia pada Mahasiswa FE UII pengguna Shopee. dspace.uii.ac.id. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/7821

Yuniarti, D., & Pratiwi, L. (2025). Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada E-Commerce Shopee. STIBSA Jurnal, 4(1). https://jurnal.stibsa.ac.id/index.php/jbma/article/download/215/215/1168

Downloads

Published

2025-06-05

How to Cite

Tania, N. E., Saputri, S. N., Yusniawaty, A. P., Nurpriyanti, A. W., Halim Mowavik, M. N., & Tri Nugraha, J. (2025). Kepuasan Mahasiswa dalam Berbelanja Online di Aplikasi e-commerce: Pendekatan Deskriptif Kuantitatif. Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 5(1), 14. https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2521

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.