Aktivitas Mahasiswa dalam Organisasi Ikatan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universita Riau
DOI:
https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2488Keywords:
Aktivitas Mahasiswa, Ikatan Mahasiswa Sosiologi (IMS), SosiologiAbstract
Penelitian ini menyelidiki aktivitas mahasiswa sosiologi dalam organisasi Ikatan Mahasiswa Sosiologi (IMS) di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau. Penelitian ini menyoroti aktivitas dan latar belakang mahasiswa mengikuti IMS serta penurunan signifikan dalam aktivitas partisipasi mahasiswa dari tahun 2021 hingga 2023, yang disebabkan oleh berkurangnya minat, rendahnya tingkat kehadiran, dan tantangan dalam keterlibatan. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi pengalaman subjektif mahasiswa aktif dan alumni yang terlibat dalam IMS. Temuan kunci menunjukkan bahwa meskipun mahasiswa beraktivitas aktif untuk meningkatkan keterampilan lunak dan memperluas jaringan profesional, kendala finansial dan masalah manajemen waktu secara signifikan menghambat keterlibatan mereka. Penelitian ini menekankan perlunya IMS untuk mengadopsi strategi inovatif guna meningkatkan keterlibatan dan partisipasi mahasiswa, memastikan bahwa kegiatan organisasi lebih selaras dengan tujuan akademis dan pribadi mahasiswa. Dengan mengatasi tantangan ini, IMS dapat menciptakan lingkungan organisasi yang lebih dinamis dan aktif.
References
Ardie, M. B., & Adri, Z. (2021). Dinamika Penggunaan Uang Jajan pada Mahasiswa. Borobudur Psychology Review, 1(1), 11–21. https://doi.org/10.31603/bpsr.4865
Aulia, F., Dwianggraeni, P. R., & Ishak, A. R. (2023). Peran Organisasi Mahasiswa dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal yang Efektif. Jurnal Mahasiswa Komunikasi Cantrik, 3(2), 141–150. https://doi.org/10.20885/cantrik.vol3.iss2.art5
Dani Andirmoro, N. I. M. 12720008. (2016). Dilema Aktifis Mahasiswa Atas Perkuliahan (Studi Aktifis Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora Uin Suka). 93. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22691/
Desmawangga, C. (2013). Studi Tentang Partisipasi Mahasiswa Program Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Ilmu Administrasi, 1(2), 683–697. http://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2013/08/Journal (08-19-13-07-48-21).pdf
Diehl, K. (2018). Loneliness at universities: Determinants of emotional and social loneliness among students. International Journal of Environmental Research and Public Health, 15(9), ISSN 1661-7827, https://doi.org/10.3390/ijerph15091865
Epstein, J.L. (2018). School, family, and community partnerships: Preparing educators and improving schools, second edition. https://doi.org/10.4324/9780429494673
Grove, K. (2018). Resilience. https://doi.org/10.4324/9781315661407
Hidir, Achmad dan Rahman Malik. (2024). Teori Sosiologi Modern. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah, Bukittingi
Hidir, Achmad, Rahman Malik, Dyah Widiarti, et al. (2024). Pengantar Sosiologi. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah, Bukittinggi
Hussain, M. (2018). Student Engagement Predictions in an e-Learning System and Their Impact on Student Course Assessment Scores. Computational Intelligence and Neuroscience, 2018, ISSN 1687-5265, https://doi.org/10.1155/2018/6347186
Iqbal, M. M., Muklas, I., Atmaja, F. D., Akbar, M. F., & Fauzi, A. M. (2022). PSK Dan Nilai Agama: Studi Tentang Pilihan Rasional Pekerja Seks Komersial. Palita: Journal of Social Religion Research, 7(1), 27–38. https://doi.org/10.24256/pal.v7i1.1310
Kharisma Febry Andika, Basori, dan A. E. (n.d.). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Sebelas Maret Surakarta. 11(2), 69–78.
Kosasih, K. (2017). Peranan Organisasi Kemahasiswaan Dalam Pengembangan Civic Skills Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(2), 188. https://doi.org/10.17509/jpis.v25i2.6196
Li, F. (2018). Research method innovation of college students' ideological and political education based on cognitive neuroscience. NeuroQuantology, 16(5), 296-302, ISSN 1303-5150, https://doi.org/10.14704/nq.2018.16.5.1269
Louis, M. (2021). Why international organizations hate politics: Depoliticizing the world. https://doi.org/10.4324/9780429466984
Moosmayer, D.C. (2019). Leaving the Road to Abilene: A Pragmatic Approach to Addressing the Normative Paradox of Responsible Management Education. Journal of Business Ethics, 157(4), 913-932, ISSN 0167-4544, https://doi.org/10.1007/s10551-018-3961-8
Muhammad Abduh Farras Gibran Nasution, & Randa Putra Kasea Sinaga. (2023). Analisis Dinamika Organisasi Mahasiswa dalam Program Kampus Merdeka (Studi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara). SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(3), 321–329. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v2i3.2420
Novia, I., Hendriyani, S. D., & Nuraida, S. R. (2024). 440-Article Text-1160-1-10-20240330. 10(1), 23–30.
Özgen, D.S. (2021). Usability of virtual reality for basic design education: a comparative study with paper-based design. International Journal of Technology and Design Education, 31(2), 357-377, ISSN 0957-7572, https://doi.org/10.1007/s10798-019-09554-0
Ramadhan, C. R. (2023). Teori pilihan rasional untuk memahami koruptor di Indonesia. Integritas : Jurnal Antikorupsi, 9(2), 171–182. https://doi.org/10.32697/integritas.v9i2.949
Sastrawati, N. (2020). Partisipasi Politik Dalam Konsepsi Teori Pilihan Rasional James S Coleman. Al-Risalah Jurnal Ilmu Syariah Dan Hukum, 19(2), 187. https://doi.org/10.24252/al-risalah.v19i2.12730
Satria, A., Lily, D., & Novadjaja, H. (1998). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja pengurus organisasi kemahasiswaan (studi pada himpunan mahasiswa, fakultas ekonomi dan bisnis, universitas brawijaya, malang).
Sheldon, E. (2021). Prevalence and risk factors for mental health problems in university undergraduate students: A systematic review with meta-analysis. Journal of Affective Disorders, 287, 282-292, ISSN 0165-0327, https://doi.org/10.1016/j.jad.2021.03.054
Shinta Yolanda, Suci Maela Sari, I. I. (2024). Peran Organisasi Mahasiswa dalam Membangun Karakter Kepemimpinan dan Peningkatan Soft Skill.
Suryana, N., Mumuh, M., & Hilman, C. (2022). Konsep Dasar dan Teori Partisipasi Pendidikan. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(2), 61–67. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i2.219