Tingkat Adaptasi Guru Terhadap Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Siak Hulu Kabupaten Kampar
DOI:
https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2696Keywords:
Tingkat Adaptasi Guru, Kurikulum Merdeka, Guru, Hambatan Yang Dihadapi Dalam Pelaksanaan Kurikulum MerdekaAbstract
Penerapan Kurikulum Merdeka sebagai kebijakan pendidikan baru di Indonesia menuntut adanya perubahan paradigma pembelajaran dan peran guru di satuan pendidikan. Dalam konteks ini, kemampuan guru untuk beradaptasi menjadi faktor penting yang menentukan keberhasilan implementasi kurikulum. Transformasi sistem pendidikan melalui Kurikulum Merdeka bertujuan menghadirkan proses pembelajaran yang lebih fleksibel, kontekstual, dan berpusat pada peserta didik. Sebagai pelaksana utama kurikulum di lapangan, guru dituntut untuk tidak hanya memahami isi dan tujuan kurikulum, tetapi juga mampu menyesuaikan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kurikulum tersebut. Tingkat keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka sangat bergantung pada kesiapan dan kemampuan guru dalam menghadapi perubahan tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Siak Hulu Kabupaten Kampar. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Tingkat adaptasi guru terhadap pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Siak Hulu Kabupaten dan Hambatan dalam pelaksanaan adaptasi yang dihadapi oleh guru terhadap pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Siak Hulu Kabupaten Kampar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian metode penelitian kuantitatif deskriptif. Instrument dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan analisis data kuantitatif desjriptif dan tabulasi silang. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMA Negeri 1 Siak Hulu Kabupaten Kampar yang berjumlah 31 orang, dengan teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Tenik Sensus. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat adaptasi guru di SMA Negeri 1 Siak Hulu Kabupaten yaitu secara keseluruhan dari 4 tahapan adaptasi yang digunakan yaitu berada pada kategori tingkat tinggi, yaitru dengan hasil rekapituasi 1) Honeymoon (masa antusias awal terhadap pelaksanaanKurikulum Merdeka) tingkat adaptasi guru terhadap pelaksanaan Kurikulum Merdeka berada pada tingkat kategori tinggi dengan skor rekapitulasi dengan total skor 660, 2) Culture Shock (masa kebingungan atau keuslitan dalam adaptasi terhadap pelaksanaan Kurikulum Merdeka) tingkat adaptasi guru terhadap pelaksanaan Kurikulum Merdeka berada pada tingkat tinggi dengan skor 658, 3) Recovery (masa penyesuaian dan pencarian solusi) tingkat adaptasi guru terhadap pelaksanaan Kurikulum Merdeka berada pada tingkat tinggi dengan skor 722, 4) Adjustment masa penyesuaian penuh dan penerimaan terhadap pelaksanaan Kurikulum Merdeka) tingkat adaptasi guru terhadap pelaksanaan Kurikulum Merdeka berada pada tingkat tinggi dengan skor 721. Dan secara keseluruhan dengan rentang interval yang sudah ditentukan tingkat adaptasi guru berada pada kategori tinggi yang artinya adaptasi guru terhadap pelaksanaan Kurikulum Merdeka belum maksimal. Adapun hambatan dalam pelaksanaan adaptasi yang dihadapi guru terhadap pelaksanan Kurikulum Merdeka dapatkan dari penelitian yang peneliti lakukan yaitu berkaitan dengan pemahaman konsep, akses informasi, dan ketersediaan sarana pendukung.
References
Dani, A. R., & Nurlizawati, N. (2023). Adaptasi Guru Sosiologi Sekolah Penggerak di Kota Padang Terhadap Kurikulum Merdeka. 2, 140–147.
Harris, E.M. (2025). “Adapting for a Local Space Can be Tricky”: Designing Units for Teachers to Localize Through Phenomenon Adaptation. Science Education, ISSN 0036-8326, https://doi.org/10.1002/sce.21978
Hidir, A., & Malik, R. (2024). Teori Sosiologi Modern. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.
Hidir, A., Bekata, H. M., Malik, R., Waruwu, Y., & Syarofa, N. (2023). Use of Social Media as a Learning Media in 21st Century Learning. Al-Hijr: Journal of Adulearn World, 2(4).
Idi, A. (2013). Sosiologi Pendidikan. PT Rajagrafindo Persada.
Islam, S. (2025). Teachers’ perceptions of and adaptations to implementing a competency-based curriculum at the secondary level in Bangladesh. Oxford Review of Education, ISSN 0305-4985, https://doi.org/10.1080/03054985.2025.2470816
Jayadi, S. (2020). Konsep Dasar Sosiologi Budaya Definisi dan Teori.
Karataş, F. (2025). Reshaping curriculum adaptation in the age of artificial intelligence: Mapping teachers' AI-driven curriculum adaptation patterns. British Educational Research Journal, 51(1), 154-180, ISSN 0141-1926, https://doi.org/10.1002/berj.4068
Karyono, H. (2023). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. 05(02), 1613–1620.
Lawrence, L.E.M. (2023). Factors That Impact the Implementation of a Game Based Curriculum and Adaptations Teachers Design to Address Them. Computer Supported Collaborative Learning Conference Cscl, 918-921, ISSN 1573-4552, https://www.scopus.com/inward/record.uri?partnerID=HzOxMe3b&scp=105005950394&origin=inward
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Yogyakarta Press (1st ed.). UPN “Veteran” Yogyakarta Press.
Naitboho, M. N. (2024). Adaptasi Guru Terhadap Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 5 Kupang. 2(1), 1–13.
Nurwulandari, A. & Darwin, M. (2020). Heywood Case Data Statistik: Menggunakan Teknik Respesifikasi Model. Nucleus, 1(2), 74–84.
Ramadhan, I. (1846). Kurikulum Merdeka : Proses Adaptasi dan Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas. 4(4), 1846–1853.
Ridwan, A. (2023). Komunikasi Antarbudaya : Mengubah Persepsi dan Sikap dalam Meningkatkan Kreativitas Manusia (2nd ed.). CV Pustaka Setia.
Safitri, S. A. (2023). Hambatan-Hambatan Dalam Proses Adaptasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka (Studi Pada Guru Sma Negeri 1 Semarang) Silvie Alvionita Safitri, Fajar. 12(2), 335–347.
Steward, K. Carroll (2025). Teachers’ use and adaptation of a model-based climate curriculum: a three-year longitudinal study. Journal of Geoscience Education, 73(1), 46-58, ISSN 1089-9995, https://doi.org/10.1080/10899995.2024.2302788
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Susanti, M. N. I. (2010). Statistika Deskriptif & Induktif (Pertama). Graha Ilmu.
Taş, M.A. (2022). An Investigation of Curriculum Adaptation Efforts of Teachers Working in Disadvantaged Secondary Schools. Pegem Egitim Ve Ogretim Dergisi, 12(1), 10-24, ISSN 2146-0655, https://doi.org/10.47750/pegegog.12.01.02