Motivasi Perempuan Memilih Jurusan Teknik Mesin di Universitas Riau

Authors

  • Amanda Tifani Universitas Riau
  • Yoskar Kadarisman Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2697

Abstract

Di Universitas Riau terdapat jurusan yang di dominasi oleh laki-laki atau dengan kata lain jarang dipilih oleh perempuan. Seperti halnya Teknik Mesin, jurusan ini umumnya jarang menjadi kategori pilihan bagi perempuan karena di jurusan teknik ini dominan mempelajari mengenai mekanika mesin ini tentu akan sulit dan berbahaya jika dilakukan oleh perempuan. Namun, tidak jarang juga ada beberapa kaum perempuan yang memilih jurusan tersebut dikarenakan berbagai motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi apa yang menjadi penyebab perempuan memilih jurusan Teknik Mesin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan gform, dan dokumentasi. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik sensus, dengan kriteria perempuan jurusan teknik mesin yang masih aktif pada semester 4 hingga semester 12, dengan jumlah 27 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh responden, perempuan teknik mesin yang masih aktif hingga saat ini di dominasi oleh angkatan 2020 dengan rentang usia 21-22 tahun. Kemudian dari ketiga motivasi Maslow yang peneliti gunakan kebutuhan sosial ternyata berpengaruh tinggi, kebutuhan penghargaan berpengaruh sangat tinggi, dan kebutuhan aktualisasi berpengaruh rendah. berdasarkan hasil tersebut maka diketahui bahwa kebutuhan penghargaan sangat memotivasi perempuan dalam memilih jurusan teknik mesin. Maka dapat disimpulkan berdasarkan ketiga motivasi tersebut rata-rata motivasi perempuan teknik mesin tergolong tinggi. Kemudian jika dilihat dari segi keberhasilannya selama berkuliah di jurusan teknik mesin mayoritas responden tergolong berhasil, artinya motivasi mereka memilih jurusan teknik mesin merupakan pilihan yang tepat.

References

Adikaram, A. (2025). Against all odds: women's motivation to become STEM entrepreneurs in Sri Lanka. Journal of Business and Socio Economic Development, 5(1), 37-54, ISSN 2635-1374, https://doi.org/10.1108/JBSED-09-2022-0101

Hamdan, H. (2024). Gender equality: The moderating role of motivation on the effect of personality and emotional intelligence towards women leadership. Aip Conference Proceedings, 2750(1), ISSN 0094-243X, https://doi.org/10.1063/5.0148614

Hidir, A., & Malik, R. (2024). Teori Sosiologi Modern. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.

Hikmah, A. N. (2018). Pengaruh Latar Belakang Jurusan di SMA Terhadap Pemilihan Jurusan di Perguruan Tinggi. 94.

Kraige, J. L. M. & L. G. (2007). Engineering Mechanics Dynamics (6th ed.)

Malik, R., Hidir, A., Habibi, A., & Paramitha, N. A. (2025). Examining the Dual Role of Working Women in Kabanjahe and Its Role in Fulfilling Maslow’s Hierarchy of Needs. Langgas: Jurnal Studi Pembangunan, 4(1), 23-33.

Martono, N. (2010). Statistik Sosial (1st ed.). Gava Media.

Muhfizar, Saryanto, Ningsih, A., Rudiyanto, M., Nasution, F., Nurhikmah, Badrianto, Y., Dewi, Sandra, N., Kasanova, R., Wardhana, A., Djampagau, H. R. D., & Rochmi, A. (2021). Pengantar Manajemen (Teori dan Konsep) (M. M. Dr. Hartini, S.E. (ed.)). Media Sains Indonesia.

Nurwulandari, A. & Darwin, M. (2020). Heywood Case Data Statistik: Menggunakan Teknik Respesifikasi Model. Nucleus, 1(2), 74–84.

Phillips, M. J. (2024). Empowering Undergraduate Women in Science, Technology, Engineering, Mathematics, and Medicine: Exploring Experiences, Fostering Motivation, and Advancing Gender Equity. Social Sciences, 13(2), ISSN 2076-0760, https://doi.org/10.3390/socsci13020074

Sania, S. W. (2021). Motivasi Siswa Dalam Melanjutkan Studi ke Jenjang Pendidikan Tinggi (Studi Kasus di Kelas XII SMA Islam Karangploso Kabupaten Malang dari Keluarga Buruh Harian Lepas). Etheses UIN Malang, 1(9), 1–10.

Sholeh, M. (2005). Politik Pendidikan (A. Ismanto (ed.); 1st ed.). Grafindo Khazanah Ilmu Jakarta.

Sihite, R. (2007). Perempuan, Kesetaraan, & Keadilan: Suatu Tinjauan Berwawasan Gender (R. Sihite (ed.); 1st ed.). PT Raja Grafindo Persada.

Sistem, J., & Kaputama, I. (2020). Jurnal Sistem Informasi Kaputama (JSIK), Vol 4 No 1, Januari 2020. 4(1), 1–6.

Starr, C. R. (2024). pSTEM Implicit Stereotypes and pSTEM Motivation Among Black and Latina Undergraduate Women: The Role of Gender and Ethnic/Racial Typicality. Sex Roles, 90(9), 1154-1168, ISSN 0360-0025, https://doi.org/10.1007/s11199-024-01492-z

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulaeman, M. & Homzah, S. M. (2010). Kekerasan Terhadap Perempuan: Tinjauan dalam Berbagai Disiplin Ilmu & Kasus Kekerasan (M. Dr. M. Munandar Sulaeman & Ir. Siti Homzah (ed.); 1st ed.). PT Refika Aditama.

Sung, J. S. (2024). Motivational design for inclusive digital learning: Women college engineering students’ motivation for online STEM learning. Contemporary Educational Technology, 16(1), ISSN 1309-517X, https://doi.org/10.30935/cedtech/14047

Susanti, N. I. M. (2010). Statistika Deskriptif & Induktif (Pertama). Graha Ilmu.

Sutirna, M. P. (2013). Perkembangan & Pertumbuhan Peserta Didik (P. Christian (ed.); 1st ed.).

Voss, J. (2025). What’s driving them? A qualitative approach to explore women entrepreneurs’ motivations in STEM. International Journal of Gender and Entrepreneurship, 17(2), 215-244, ISSN 1756-6266, https://doi.org/10.1108/IJGE-09-2023-0241

Willis, D.T. (2024). An Examination of Black Undergraduate Women’s Intersectional Experiences and Academic Motivation in Computing Education. ACM Transactions on Computing Education, 24(2), ISSN 1946-6226, https://doi.org/10.1145/3635314

Downloads

Published

2025-06-23

How to Cite

Tifani, A., & Kadarisman, Y. (2025). Motivasi Perempuan Memilih Jurusan Teknik Mesin di Universitas Riau. Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 5(1), 11. https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2697

Issue

Section

Articles