Pengaruh Influencer Marketing, Electronic Word of Mouth, dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Skintific

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53697/emak.v6i3.2360

Keywords:

Influencer Marketing, Electronik Word Of Mouth, Inovasi Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Dalam era digital, strategi pemasaran melalui influencer dan electronic word ou mouth menjadi faktor utama yang mempengaaruhi keputusan konsumen, terutama dalam industri kecantikan. Inovasi produk juga berperan penting dalam meningkatkan daya tarik dan kepercayaan konsumen terhadap suatu merek. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Influencer Marketing, Electronic Word Of Mouth, dan Inovasi Produk terhadap keputusan pembelian Skincare Skintific. Penelitian ini menggunakan sampel 100 responden yang pernah menggunakan Skintific di seluruh Indonesia. Kuesioner digunakan sebagai instrumen penelitian, sementara survei adalah metode pengumpulan data.  Temuan dari uji instrumen menunjukkan validitas dan reliabilitas data penelitian ini. Berdasarkan uji asumsi tradisional, model regresi penelitian ini bebas dari heteroskedasitas dan multikolinearitas serta terdistribusi secara normal. Temuan menunjukkan: (1) Influencer marketing secara signifikan dan positif memengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk perawatan kulit skintific; (2) Electronic Word Of Mouth tidak berdampak yang nyata terhadap keputusan ini; dan (3) Inovasi produk secara signifikan dan positif mempengaruhi keputusan ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, Y. T. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Riau). Universitas Islam Riau.

Badir, M., & Andjarwati, A. L. (2020). The Effect of E-WOM, Ease of Use and Trust on Purchase Decisions (Study on Tokopedia Application Users). Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 7(1), 39–52.

Bahi, H., Pratikto, H., & Dhewi, T. S. (2020). The Impact of E-WOM and Advertising on Purchase Decision Si.Se.Sa Syar’i Clothes with Brand Awareness as an Intervening Variable (A Study on Si.Se.Sa Fashion Consumers). International Journal of Business, Economics and Law, 23(1), 255–261.

Darmawan, A. T., & Setiawan, M. B. (2024). Pengaruh Influencer Marketing, Electronic Word Of Mouth Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pembelian Produk Erigo Di Kota Semarang). Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 7(1), 778-789.

Harahap, A. T. M., Pradekso, T., & Santosa, H. P. (2021). Hubungan Terpaan Iklan Youtube dan Terpaan Influencer Marketing di Instagram pada Kampanye# EminaBeautyBestie dengan Keputusan Pembelian Rangkaian Produk Emina Bright Stuff Series. Interaksi Online, 9(3), 14–26.

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Eksekutif, 15(1), 133–146.

Irfansyah, M. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 1(4), 900-909

Kasakeyan, R. F., Tawas, H. N., & Poluan, J. G. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Kualitas Produk Dan Experiential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Street Boba Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(4), 1208-1217.

Kotler, A., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing. Pearson Education Limited.

Kristiawan, T. A., & Keni, K. (2020). Pengaruh Packaging, Social Media Marketing Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Busana Brand Lokal [The Effect Of Packaging, Social Media Marketing And Electronic Word Of Mouth On Purchase Decisions On Local Brand Fashion]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 15(2), 244–256.

Lengkawati, A. S., & Saputra, T. Q. (2021). Pengaruh influencer marketing terhadap keputusan pembelian (studi pada Elzatta Hijab Garut). Prismakom, 18(1), 33-38.

Luki, R., Suparman, H., & Harahap, D. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Diferensiasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Prosiding Manajemen, 7(1).

Mahardini, S., Singal, V. G., & Hidayat, M. (2023). Pengaruh content marketing dan influencer marketing terhadap keputusan pembelian pada pengguna aplikasi Tik-Tok di Wilayah DKI Jakarta. Ikraith-Ekonomika, 6(1), 180-187.

Nasir, A. (2017). Pengaruh Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran Industri Mebel di Kabupaten Pasuruan. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 5(1), 20–25.

Ni'mah, N. N. I., & Saputro, E. P. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Skincare Skintific (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Putri, N., Ayuningtyas], N., & Ambarwati, N. (2019). Fakto-faktor Keputusan Konsumen Dalam Membeli Kosmetika Perawatan Wajah. Jurnal Tata Rias, 9, 22–31. https://doi.org/10.21009/9.2.3.2009.

Raturandang, V. E. (2022). Pengaruh Lifestyle, Inovasi Produk dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Ms Glow Pada Reseller Pasar 45 Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2), 620–631.

Setiawan, A. T., DH, A. F., & Sanawiri, B. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang Membeli, Menggunakan dan Mengetahui Smartphon. J. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB.), 62(1).

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Violita, D. R., Djatola, H. R., & Nurhadi, N. (2024). Pengaruh Inovasi Produk dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Scarlett di Kota Palu. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(2), 861–866.

Wijaya, I. G. N. S., Pratami, N. W. C. A., Muryatini, N. N., & Yasa, I. G. D. (2022). Pengaruh electronic word of mouth (e-wom), persepsi risiko, kepercayaan pelanggan, dan keputusan pembelian e-commerce tokopedia. Jurnal Manajemen, 11(1), 190-209.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Maga, A., & Harsoyo, T. (2025). Pengaruh Influencer Marketing, Electronic Word of Mouth, dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Skintific. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan, 6(3), 13. https://doi.org/10.53697/emak.v6i3.2360

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.