Analisis Pengaruh Daya Tarik, Aksesbilitas, Harga, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Pulau Merah Kabupaten Banyuwangi

Authors

  • Sevi Tasari Universitas Muhammadiyah Jember
  • Feti Fatimah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Jekti Rahayu Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.53697/emak.v6i3.2480

Keywords:

Daya Tarik, Aksesbilitas, Harga, Fasilitas, Kepuasan Wisatawan, Pulau Merah, Banyuwangi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh daya tarik, aksesbilitas, harga , dan fasilitas terhadap kepuasan wisatawan pada pulau merah kabupaten Banyuwangi. Pulau Merah dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik di Jawa Timur, namun belum banyak oenelitian yang menkaji faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengunjung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuosioner yang disebarkan kepada 100 responden yang merupakan wisatawan yang mengunjungi Pulau Merah dalam periode teretentu. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda untuk mengidentifikasi pengaruh masing-masing variabel terhadap kepuasan wisatawan. Hasil penelitian menunjukan bahwa semua variabel independen. Yaitu daya tarik, aksesbilitas, harga, dan fasilitas memiolki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Daya tarik wisata yang tinggi, kemudahan akses, harga yang kompetitif serta fasilitas yang memadai berkontribusi secara signifikan dalam meningkatkan kepuasan pengunjung. Di antara keempat variabel tersebut daya tarik wisata memilki pengaruh paling besar terhadap kepuasan wisatawa diikuti oleh fasilitas dan aksebilitas serta harga. Simpulan dari penelitian ini adalah bahawa untuk meningkatkan kepuasan wisatawan di Pulau Merah pihak peneglola perlu memperhatikan dan meningkatkan daya tarik wisata memastikan aksesbilitas yang baik, menetapkan harga yang wajar serta menyediakan fasilitas yang memadai. Penelitian selanjutnya dalam bidang yang sama. Selain itu hasil penelitian ini digunakan oleh pengelola destinasi wisata untuk strategi pemasaran yang lebih efisien dan meningkatkan pengalaman wisatawan. Untuk peneliti selanjutya bisa digunakan refrensi yang menjadi acuan selanjutnya dalam mengekspolarasi faktor-faktor lain yang mempengaruhi kepuasan wisatawan di destinasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alana, P. R., & Putro, T. A. (2020). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Goa Lowo Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 5(2), 180–194.

Alvianna, S., Patalo, R. G., Hidayatullah, S., & Rachmawati, I. K. (2020). Pengaruh Attraction, Accessibillity, Amenity, Ancillary Terhadap Kepuasan Generasi Millenial Berkunjung ke Tempat Wisata. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas dan Perjalanan, 4(1), 53–59. https://doi.org/10.34013/jk.v4i1.41

Anggiani, S., Lubis, A., & Siregar, M. A. (2024). Studi Empiris : Dampak Aksesibilitas Dan Citra Destinasi Terhadap Keinginan Berkunjung Kembali Ke Pemandian Alam Sembahe. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 2307–2314. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4324

Benklah, J. Q., Rahayu, S., & AM, T. (2022). Pengaruh Harga dan Tempat terhadap Kepuasan Wisatawan dengan Loyalitas Wisatawan sebagai Variabel Intervening Pada Wisata Rekreasi Air Buatan (Waterpark) Kota Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 3(3), 129–141. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v3i3.861

Fahad, H. A., & Endrayadi, E.C. (2017). Pengembangan Sektor Pariwisata di Kabupaten Banyuwangi Tahun 2002-2013 (The Development of Tourism Sector in Banyuwangi Regency 2002-2013). Publika Budaya, 5(1), 28–35.

Fatimah, F., Ferdiansa, R. Y., & Gunawan, Y. (2022). Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Jasa Pengiriman JNE Cabang Tegal Besar. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Eksakta, 1(2), 73-84, https://trilogi.pubmedia.id/index.php/trilogi/article/view/14

Firdaus, D. F., & Alawiyah, T. (2021). Analisis Pengetahuan Masyarakat Tentang Perbankan Syariah. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(2), 654-663. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i2.2161

Fitriani, L., Nur, A. A., Rahayu, R., Jinan, R., Selviana, R. E., Rahman, F., & Laily, N. (2021). Keputusan Pemilihan Pelayanan Pengobatan Ditinjau dari Karakteristik Individu dan Aksesibilitas. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat Indonesia, 2(1), 67–75. https://doi.org/10.15294/jppkmi.v2i1.47366

Handoko, B., Fahlevi, A., & Siregar, M. S. (2021). Analisis Pengaruh Servant Leadership Dan Employee Empowerment Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Organizational Citizenship Behavior Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT. PLN (Persero) UIP3B Sumatera UPT Medan). Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.35126/ilman.v9i1.63

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya : Unitomo press.

Ivo, N., Giovanni, A., & Lionora, C. A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berkunjung Wisatawan Di Kawasan Balkondes Borobudur. Jurnal Pariwisata, 9(1), 28–36. https://doi.org/10.31294/par.v9i1.12048

Jonathan, K., & Istriani, E. (2023). Manajemen Pemasaran. Manjemen Indonesia.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2015). Principle of Marketing. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kuntari, E. D. (2021). Wisatawan Dalam Persepsi Terhadap Daya Tarik Wisata Heritage De Tjolomadoe. Journal of Tourism and Economic, 4(2), 153–163. https://doi.org/10.36594/jtec/9pmd4p26

Murtiningsih, R. S., & Puspa, T. (2019). Masihkah Job Satisfaction Dan Motivation Memengaruhi Organizational Commitment?. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 12(1), 147–164. https://doi.org/10.25105/jmpj.v12i1.3000

Prawira, S. A., & Pranitasari, D. (2020). Pengaruh Aksesibilitas, Inovasi dan Kualitas Pelayanan Fasilitas Publik Terhadap Kepuasan Penumpang Disabilitas di Kereta Rel Listrik Jakarta. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–15. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/1195

Rahmiati, F., & Dani, A. N. (2020). Pengaruh Atribut Tujuan Terhadap Kepuasan Wisatawan: Studi Pada Walking Tourism. Pariwisata, 7(2), 162. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp

Risdarani, Y., Ardiyanto, G. G., Nurdin, E. A., & Pangastuti, E. I. (2021). Analisis daya tarik wisata Pulau Merah sebagai objek wisata berbasis alam. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(11), 1159–1166. https://doi.org/10.17977/um063v1i11p1159-1166

Riyanti, A., & Lesmana, A. C. (2022). Pengembangan Daya Tarik Wisata di Kaliurang, Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 5(1), 115–126. https://doi.org/10.17509/jithor.v5i1.45008

Sari, D. R. (2022). Pengaruh Amenitas dan Aksesibilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan di Taman Margasatwa Semarang. Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 18(2), 80–90. https://doi.org/10.56910/gemawisata.v18i2.217

Sodik, M., Nawangsih, & Lukiana, ninik. (2019). Pengaruh Citra Destinasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisata Alam Puncak B29 Kabupaten Lumajang. Journal of Organization and Business Management, 1(4), 48–51.

Sudarwan, W. E., Zahra, S., & Tabrani, M. B. (2021). Fasilitas, Aksesibilitas Dan Daya Tarik Wisata Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Wisatawan Pantai Sawarna Kabupaten Lebak. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 284–294. https://doi.org/10.46306/vls.v1i1.29

Tina, R., & Kholid, M. (2020). Pengaruh Efektivitas Media Sosial, Daya Tarik, Harga Tiket, dan Fasilitas Pelayanan Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung di Curug Goa Jalmo Kabupaten Pasuruan. Malia (Terakreditasi), 12(1), 125–136. https://doi.org/10.35891/ml.v12i1.2392

Utama, i G. B. R. (2017). Pemasaran Pariwisata. In A. A. C (Ed.), Majalah Bisnis & IPTEK (Vol. 14, Issue 2). Yogyakarta: CV. Andi Offset. https://doi.org/10.55208/bistek.v14i2.231

Wulandari, D. A., Riyanto., Eka, A., & Nugraha, A. E. P. (2023). Pengaruh Daya Tarik, Fasilitas, Harga, Tiket dan Pelayanan Objek Wisata terhadap Minat Kunjungan ke Pantai Caruban Kabupaten Rembang. Seminar Nasional ke-Indonesiaan VIII, 1295-1303.

Downloads

Published

2025-05-29

How to Cite

Sevi Tasari, Feti Fatimah, & Jekti Rahayu. (2025). Analisis Pengaruh Daya Tarik, Aksesbilitas, Harga, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Pulau Merah Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan, 6(3), 15. https://doi.org/10.53697/emak.v6i3.2480

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.