The Pengaruh Motivasi Berwirausaha, Penggunaan Media Sosial, Kepribadian, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember

Authors

  • Nur Faizah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Akhmad Suharto Universitas Muhammadiyah Jember
  • Yohanes Gunawan Wibowo Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.53697/emak.v6i3.2672

Keywords:

Motivasi, Social Media, Lingkungan Internal, Personality

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Berwirausaha, Penggunaan Media Sosial, Kepribadian, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat berwirausaha pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang telah menempuh mata kuliah kewirausahaan. Metode analisis data digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS Versi 26. Adapun Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa Motivasi Berwirausaha, Penggunaan Media Sosial, Kepribadian, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat berwirausaha pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember, dengan Tingkat kontribusi pengaruh sebesar 0,84,4 atau 84,4% hasil dari Uji Koefisien Determinasi R2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel motivasi Berwirausaha, Kepribadian, dan Lingkungan Keluarga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, variabel Penggunaan Media Sosial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat berwirausaha

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, V.R., Maryam, S. and Daeng, A. (2024) ‘The Influence of Family Environment, Social Media Utilization, Confidence, Motivation on Entrepreneurial Interest in Generation Z in Mataram City’, 2(03), pp. 464–475.

Agustina, D. et al. (2024) ‘Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Kepribadian, Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Strata Satu (S1) Angkatan 2021 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau’, 3(2), pp. 220–228.

Aini, Q. and Oktafani, F. (2020) ‘Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Komunikasi Dan Bisnis Telkom University’, Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), pp. 151–159. Available at: https://doi.org/10.31849/jieb.v17i2.3845.

Ajzen, I. (1991) The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes. Available at: https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T.

Astuti, M.E. (2021) ‘Pengaruh Keluarga, Etnis, Kepribadian, Gender, Dan Teman Sebaya Terhadap Minat Berwirausaha’, Jurnal Bina Manajemen, 9(2), pp. 162–183. Available at: https://doi.org/10.52859/jbm.v9i2.155.

Berliawan, F.B., Suharto, A. and Tyas, W.M. (2024) ‘Kepribadian, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Generasi Z Banyuwangi’, Journal of Management and Bussines (JOMB), 6(1), pp. 72–83. Available at: https://doi.org/10.31539/jomb.v6i1.7090.

Djaali (2021) ‘PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA’. Available at: https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/viewFile/41027/pdf.

Erren Setyaki and Sugiyanto Sugiyanto (2023) ‘Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha’, Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(4), pp. 277–294. Available at: https://doi.org/10.58192/profit.v2i4.1388.

Fauzan, A. and Ikhwan, K. (2023) ‘Analisis Pengaruh Kepribadian, Motivasi, dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Tidar)’, Jurnal Riset dan Inovasi Manajemen, 1(2), pp. 74–87.

Gultom, E. (2021) ‘Pengaruh E-Commerce, Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Program S1 Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau Pekanbaru)’, Journal of Business and Economics Research (JBE), 2(2), pp. 40–46. Available at: http://ejurnal.seminar-id.com/index.php/jbe/article/view/788/524.

Gunawan Wibowo, Y. (2021) ‘Analisa Literasi Digital Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Makanan Islami Dalam Kemasan’, Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 7(1), p. 128. Available at: http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JMBI/article/view/5072.

Indraswati, D. et al. (2021) ‘Pengaruh Penggunaan Media Sosial Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pgsd Universitas Mataram’, Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 9(1), pp. 17–34. Available at: https://doi.org/10.26740/jepk.v9n1.p17-34.

Julindrastuti, D. and Karyadi, I. (2022) ‘Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa’, Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), pp. 7–20. Available at: https://doi.org/10.55182/jtp.v2i1.98.

Luthfiyah, A. et al. (2024) ‘Tren Penelitian Minat Wirausaha di Lingkungan Pendidikan dan Masyarakat Tahun 2019 - 2024: Systematic Literature Review’, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), pp. 763–772. Available at: https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2182.

McClelland, D.C. (1961) The Achieving Society. NY: Van Nostrand.

Murniati, M., Sulistyo, S. and Yudiono, U. (2019) ‘Pengaruh Kepribadian, Pengetahuan Kewirausahaan, Kreativitas Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha’, Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 4(2), pp. 1–6. Available at: https://doi.org/10.21067/jrpe.v4i2.3908.

Owoseni, O.O. (2014) ‘The influence of some personality factors on entrepreneurial intentions’, International Journal of Business and Social Science, 5(1), pp. 278–284.

Patta Rapanna, Y.F. (2018) Menembus Badai Ekonomi. SAH MEDIA.

Permatasari, A.G. dan D. (2024) ‘JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)’, Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 6(1), p. 595.

Rachmawati, H. and Subroto, W.T. (2022) ‘Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan, Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa’, Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), p. 56. Available at: https://doi.org/10.33603/ejpe.v10i1.6236.

Relwandani, Henry Eryanto, C.W.W. (2023) ‘Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Negeri 40 Jakarta’. Available at: https://transpublika.co.id/ojs/index.php/Transekonomika/article/download/446/357.

Sariade, L. et al. (2022) ‘Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Unidayan Baubau’, Akademik Pendidikan Ekonomi, 9(124), pp. 1–6.

Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sumerta, I.K. et al. (2020) ‘Pengaruh Tingkat Penggunaan Media Sosial dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Perguruan Tinggi di Kota Denpasar’, Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 7, pp. 627–652.

Telaumbanua, R. (2023) ‘Pengaruh Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Uniraya’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 6(1), pp. 143–152.

Downloads

Published

2025-07-09

How to Cite

Faizah, N., Akhmad Suharto, & Yohanes Gunawan Wibowo. (2025). The Pengaruh Motivasi Berwirausaha, Penggunaan Media Sosial, Kepribadian, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan, 6(3), 15. https://doi.org/10.53697/emak.v6i3.2672

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.