Dampak Adopsi QRIS terhadap Pendidikan dan Pendapatan Gaya Hidup Hedonis di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.53697/emba.v4i1.1708Keywords:
QRIS, Sistem Pembayaran, Faktor Adopsi, Gaya Hidup Hedonis, Regresi Linier BergandaAbstract
Studi ini menyelidiki dampak gaya hidup hedonis, tingkat pendidikan, dan tingkat pendapatan terhadap adopsi Standar Indonesia Respons Cepat (QRIS), yang mengkonsolidasikan berbagai kode QR dari berbagai penyedia layanan pembayaran. Dengan ukuran sampel sebanyak 152 pengguna QRIS, data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda dalam SPSS V.26. Temuan menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara gaya hidup hedonis, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, dan keputusan untuk menggunakan QRIS. Penelitian ini mengatasi kesenjangan dalam pemahaman faktor-faktor yang memengaruhi adopsi QRIS, menawarkan wawasan berharga bagi dunia akademis dan industri dalam membentuk strategi dan kebijakan sistem pembayaran.
References
Adiyanti, A. I. (2015). Pengaruh Pendapatan, Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Daya Tarik Promosi, dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan Layanan E-Money (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, 3(1), 1–13. Retrieved from https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/1590/1456
Arianti, B. F. (2020). Pengaruh Pendapatan Dan Perilaku Keuangan Terhadap Literasi Keuangan Melalui Keputusan Berinvestasi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, 10(1), 13–36. https://doi.org/10.33369/j.akuntansi.10.1.13-36
Asja, H. J., Susanti, S., & Fauzi, A. (2021). Pengaruh Manfaat, Kemudahan, dan Pendapatan terhadap Minat Menggunakan Paylater: Studi Kasus Masyarakat di DKI Jakarta. Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Manajemen, 2(4), 309–325. https://doi.org/10.35912/jakman.v2i4.495
Atmosudirjo, P. (2004). Pokok pokok materi teori pengambilan keputusan. Jakarta, Indonesia: Ghalia Indonesia.
Audi, G. (2019). 10 Kawasan Industri di Jawa Timur. Jatimnet.com.
Bank Indonesia. (2020). Sistem Pembayaran. Jakarta, Indonesia.
Fadilla, A. N. (2022). Preferensi Konsumen Terhadap Penggunaan Sistem Pembayaran Non Tunai QR CODE Indonesia Standard (QRIS): Studi Kasus di Kota Tegal. Sosio e-Kons, 14(3), 293. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v14i3.13654
Febriyani, F. R., & Muhammad, S. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Lingkungan Sosial Dimoderasi Tingkat Pendidikan Terhadap Penggunaan Qris Pada Pelaku Umkm Di Kota Surakarta. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Kewirausahaan, 11(1), 21–36. https://doi.org/10.26740/jepk.v11n1.p21-36
Hair, E., et al. (2010). Multivariate Data Analysis Seventh Edition. England: Prentice Hall.
Hermawan, S., & Sarwenda, B. (2019). Akuntansi Keprilakuan. Pertama. Sidoarjo, Indonesia: Indomedia Pustaka.
Kakunsi, E., Pangemanan, S., & Pontoh, W. (2017). Pengaruh Gender Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di Wilayah Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tahuna. Going Concern Jurnal Riset Akuntansi, 12(2), 391–400. https://doi.org/10.32400/gc.12.2.17771.2017
Ketut, N., Ratna, S., Wijaya, P. Y., Dian, M., & Agustina, P. (2022). Determinants of Behavioral Intention and Use Behavior Using Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). July, 5(July), 1206–1210.
Nurdin, Restiti, D., & Amalia, R. (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Pengetahuan Tentang Quick Response Code Indonesian
Standard (QRIS). Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, 3(2), 157–173. https://doi.org/10.24239/jipsya.v3i2.55.157-173
Parmitasari, R. D. A., Alwi, Z., & S., S. (2018). Pengaruh Kecerdasan Spritual dan Gaya Hidup Hedonisme terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Kota Makassar. Jurnal Minds Manajemen Ide dan Inspirasi, 5(2), 147. https://doi.org/10.24252/minds.v5i2.5699
Rahmawati, Y. D., & Yuliana, R. Y. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet. Econbank Jurnal Ekonomi dan Perbankan, 2(2), 157–168. https://doi.org/10.35829/econbank.v2i2.100
Safura Azizah, N. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Pada Perilaku Keuangan Pada Generasi Milenial. Prism. (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(2), 92–101. https://doi.org/10.30871/prism.v1i2.1222
Saputri, O. B. (2020). Consumer preference in using the Indonesian standard quick response code (QRIS) as a digital payment instrument. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Mulawarman, 17(2), 237–247.
Sari, S. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Dan Tingkat Pendapatan Terhadap Keputusan Nas Menggunakan Produk Asuransi Jiwa Syariah BumiPutera Cabang Iskandar Muda.
Sugiyono, P. D. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, Indonesia: Alfabeta.
Susanti, A., Ismunawan, I., Pardi, P., & Ardyan, E. (2018). Tingkat Pendidikan, Literasi Keuangan, dan Perencanaan Keuangan terhadap Perilaku Keuangan UMKM di Surakarta. Telaah Bisnis, 18(1), 45–56. https://doi.org/10.35917/tb.v18i1.93
Syaifuddin, A. F., Rahman, K., Baru, G., Kantor, I., Bank, P., & Solo, I. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Qris Sebagai Metode Pembayaran Pada Masa Pandemi. Asjif, 1(1), 1–21.
Wardani, L., & Masdiantini, P. R. (2022). Pengaruh Ekspektasi Kinerja, Ekspektasi Usaha, Faktor Sosial Budaya, Motivasi Hedonis Dan Nilai Harga Terhadap Minat Penggunaan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS). Jurnal Ilmiah Akuntansi, 12(1), 254–263.
Wijaya, A. P., & Yuniarinto, A. (2016). Pengaruh Hedonisme dan Materialisme terhadap Kecenderungan Pembelian Kompulsif di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, 4(1), 1–23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putri Irda Asri Lestari, Fityan Izza Noor Abidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.