Strategi Social Media Marketing Penerbit Grasindo dalam Meningkatkan Brand Equity Melalui Key Opinion Leader (KOL) di Instagram
DOI:
https://doi.org/10.53697/jkomitek.v5i1.2676Keywords:
Social Media Marketing, Key Opinion Leader (KOL), Instagram, Brand Equity, VisCAPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi social media marketing yang dijalankan oleh Penerbit Grasindo dalam meningkatkan brand equity melalui kolaborasi dengan Key Opinion Leader (KOL) di platform Instagram. Seiring meningkatnya peran media sosial dalam pemasaran digital, Grasindo memanfaatkan Instagram sebagai media utama promosi dan komunikasi dengan audiens, khususnya melalui konten yang melibatkan Key Opinion Leader (KOL). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi konten Instagram, dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling, sedangkan keabsahan data diperoleh melalui teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Grasindo menerapkan strategi social media marketing berdasarkan empat elemen dari Gunelius (2011), yaitu content creation, content sharing, connecting, dan community building. KOL dipilih berdasarkan model VisCAP (Visibility, Credibility, Attraction, Power) untuk memastikan kesesuaian karakter dengan citra merek. Strategi ini berkontribusi terhadap peningkatan brand equity, seperti brand awareness, membentuk asosiasi merek yang positif (brand association), memperkuat persepsi kualitas (perceived quality), serta mendorong loyalitas pembaca terhadap produk Grasindo (brand loyalty). Temuan ini menunjukkan bahwa kolaborasi dengan KOL melalui media sosial berperan dalam mendukung upaya meningkatkan dan mempertahankan brand equity,, khususnya di industri penerbitan yang semakin kompetitif dan digital
References
Aaker, D. A., & Aris, A. (Translator). (1997). Manajemen Ekuitas Merek = Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of a Brand Name (1st ed.). Mitra Utama.
Andriana, A. N., Hijrah, L., Putri, D. A., Putri, W. U., Fauziah, S., & Darus, C. O. (2022). Pelatihan Strategi Social Media Marketing Menggunakan Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Online. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1477. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7336
Asia, N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Awareness Terhadap Minat Produk Merek Scarlett Di Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 2(1), 76–90.
Baharsyam, S., & Wahyuti, T. (2022). Strategi Penggunaan Key Opinion Leader (Kol) Di Media Sosial Untuk Meningkatkan Brand Awareness Produk Sania Royale Soya Oil. Konvergensi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 3(1), 244–256. https://doi.org/10.51353/kvg.v3i1.612
Chandra, F. (2022). SOCIAL MEDIA MARKETING. DIVA Press.
Digital 2025 - We are Social Indonesia. (2025). We Are Social Indonesia. https://wearesocial.com/id/blog/2025/02/digital-2025/
Faisa, A., & Sri, A. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Activities dan Brand Experience Terhadap Brand Loyalty. Diponegoro Journal Of Management, 10(1), 1–15.
Felix, A., Livaro, I., Young, F. M., Wijaya, W., & Jonathan, A. (2023). Analisis Penggunaan Social Media Marketing dan Influencer Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Gelato dengan Konsep Unik. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(2), 279–287.
Fiantika, Wasil M., Jumiyati, Honesti, Wahyuni, Jonata, E. A. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
Firdaus, A. S. P. B., & Swarnawati, A. (2025). Social Media Marketing pada UMKM dengan Memanfaatkan E-Commerce. 123–133.
Gunelius, S. (2011). 30-Minute Social Media Marketing: Step-By-Step Techniques To Spread the Word About Your Business Fast and Free.
Hanjaya, B. S., Budihardjo, B. S., Hellyani, C. A., & Malang, K. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap. 1(3), 92–101.
Hutajulu, M. (2020). Pengaruh Brand Loyalty, Brand Trust Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Roti Ganda Di Kecamatan Siantar Marimbun. 01(02), 142–152. https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/21877
Kasiha, W. N. T., Lumanauw, B., & Raintung, M. C. (2023). Pengaruh Brand Experience, Affective Commitment, dan Brand Trust terhadap Brand Loyalty pada Konsumen Cafe Ngopi Jo Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(3), 644–655. https://doi.org/10.35794/emba.v11i3.49963
Kemp, S. (2025). Digital 2025: Indonesia. DataReportal. https://datareportal.com/reports/digital-2025-indonesia
Megasari, P., Sufa, S. A., & Ratnasari, E. (2022). BRAND EQUITY MOTHER OF PEARL DALAM AKUN INSTAGRAM @MOP.BEAUTY. 5(2), 319–333.
Michelle, Wahyudi, O. B., & Goenawan, F. (2021). Tingkat Brand Awareness Masyarakat Surabaya Terhadap Kollabora. Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra, 9(2), 1–9.
Mileva, L. (2018). Pengarus Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 3(1).
Mulyadi, H., Purwanto, O. E., Theresia, V., & Chandrasari, A. (2024). Eksplorasi Brand Equity Smartphone Samsung: Insight dan Tantangan di Wilayah Jakarta. 6(3), 460–475.
Murdani, K. M., & Merta, I. K. M. (2023). Effect Brand Image Dan Social Media Marketing Terhadap Purchase Intention Umkm Kain Endek Gianyar Bali. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 6(1), 100–124. https://doi.org/10.47532/jis.v6i1.679
Muthohar, M. (2023). Pengaruh Brand Equity terhadap Niat Beli Konsumen: Studi pada Konsumen Samsung. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 02(05), 178–193.
Nashrullah, M., Fahyuni, E. F., Nurdyansyah, N., & Untari, R. S. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan. https://doi.org/10.21070/2023/978-623-464-071-7
Nofriyanti, A. R. (2017). Brand Loyalty Terhadap Brand Equity Pengguna. Ekonomi Bisnis, 22(2), 130–142.
Pandiangan, K., Masiyono, M., & Dwi Atmogo, Y. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Brand Equity. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 471–484. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.459
Ramadhani, N. L., & Isnawati, S. I. (2022). Efektivitas Influencer dalam Meningkatkan Brand Equity Produk Fashion Hijab di Instagram Butik Jenneira Scarf Semarang. Jurnal Teknologi Busana Dan Boga, 10(2), 159–167.
Salsabilla, S., Dai, R. M., & Muttaqin, Z. (2024). Strategi Social Media Marketing dalam Membangun Brand Awareness pada Instagram Kece Entertainment. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 9204–9210. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5309
Saputra, H. H., Fadli, U. M., & Khalida, L. R. (2022). Penerapan Strategi Brand Equity Sebagai Identitas Produk Keripik. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(1), 203–208. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i1.2145
Seo, E.-J., & Park, J.-W. (2018). A study on the effects of social media marketing activities on brand equity and customer response in the airline industry. Journal of Air Transport Management, 66, 36–41.
Sholawati, R. L., & Tiarawati, M. (2022). Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Awareness Terhadap Niat Beli Produk di Restoran Fast Food. Jurnal Ilmu Manajemen, 10, 1098.
Sony, J. H., & Barkah, C. S. (2024). Analisis Strategi Social Media Marketing dalam Mempertahankan Brand Awareness pada Dotato Donat Kampung. Jurnal Riset Ilmu Laboratorium, 13(3), 1513–1525. https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i3.1199
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/
Taan, H., Radji, D. L., Rasjid, H., & Indriyani. (2021). Social Media Marketing untuk Meningkatkan Brand Image. Journal of Management & Business, 4(1), 315–330. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i1.1268
Tresna, P. W., Chan, A., & Herawaty, T. (2021). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian. AdBispreneur, 6(1), 1. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v6i1.26473
Utami, P. P., Wilona, K., & Tabitha, C. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Ekuitas Merek E-Commerce Sociolla. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(1), 223–238. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/index
Widiyanti, W. (2021). Analisis Brand Equity Produk Fashion Hijab Merek Elzatta. Jurnal Perspektif, 19(1), 73–82. https://doi.org/10.31294/jp.v19i1.9824
Yandes, J. (2022). Perbandingan Brand Equity Antara Produk Lama dengan Produk Pendatang Baru. Margin: Jurnal Bisnis Islam Dan Perbankan Syariah, 1(1), 35–43. https://doi.org/10.58561/margin.v1i1.20
Yuliana, L. (2023). Peran Key Opinion Leader Terhadap Keputusan Pembelian. 07(2021), 169–180.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anita Firdaus, Menati Fajar Rizki, Asep Soegiarto, Anggun Nadia Fatimah, Muria Putriana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.