Analisis Standarisasi Cover Konten Video Instagram @suaradotcom dalam Meningkatkan Konsistensi dan Brand Awareness Suara.com

Authors

  • Anastasia Liana Triastuti Universitas Negeri Jakarta
  • Menati Fajar Rizki Universitas Negeri Jakarta image/svg+xml
  • Asep Soegiarto Universitas Negeri Jakarta
  • Anggun Nadia Fatimah Universitas Negeri Jakarta
  • Abdul Kholik Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53697/jkomitek.v5i1.2572

Keywords:

Standarisasi Konten, Instagram, Brand Awareness, Suara.com, Identitas Merek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi standarisasi cover konten video Instagram @suaradotcom dalam meningkatkan konsistensi tampilan visual serta membangun brand awareness Suara.com sebagai salah satu portal media berita digital di Indonesia. Latar belakang penelitian ini didasari oleh fenomena meningkatnya penggunaan media sosial, khususnya media sosial Instagram, sebagai salah satu sarana penyebaran informasi dan pembentukan identitas merek di era digital. Suara.com sebelumnya belum memiliki kebijakan standarisasi konten visual yang baku, khususnya pada tampilan cover konten video Instagram @suaradotcom, sehingga membuat tampilan pada feeds Instagram terlihat tidak konsisten yang berpotensi mengurangi kekuatan citra merek di mata audiens. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Informan terdiri dari tim internal Suara.com dan beberapa followers akun Instagram @suaradotcom. Penelitian ini menggunakan teori identitas merek oleh Aditya Wardhana serta teori brand awareness dari David A. Aaker sebagai landasan dalam menganalisis masalah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkannya standarisasi visual sejak Januari 2025—dengan elemen khas seperti overlay warna merah dan ungu, tipografi kapital tebal, dan pencantuman logo Suara.com—terjadi peningkatan dalam konsistensi tampilan feeds dan daya tarik visual. Hal ini berdampak positif terhadap brand awareness, terbukti dari meningkatnya jumlah pengikut serta respons positif dari audiens yang merasa tampilan konten menjadi lebih rapi, menarik, dan mudah dikenali. Penelitian ini menyimpulkan bahwa standarisasi visual yang terencana dan konsisten mampu memperkuat identitas merek dan meningkatkan kesadaran audiens terhadap Suara.com. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi media digital lain dalam merancang strategi komunikasi visual di media sosial.

References

Aaker, D. A. (1991). Managing Brand Equity: Capitalizing on The Value of a Brand Name. Free Press.

Aditya, D., & Antoni, C. (2021). Perbandingan Daya Tarik Pembaca Terhadap Konten Infografis Batam Pos Versi Cetak dan Online. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(01), 179–186.

Ansari, N. F., Samad, A., & Yusmanizar. (2022). Pengaruh Elemen Visual dan Jenis Konten Pada Instagram @Tapada_Id Dalam Meningkatkan Brand Awareness dan Minat Beli di CV. Tapada Berkah Bersama. Journals of Social, Science, and Engineering, 1(1), 17–21.

Ardhana, V. Y. P., Mulyodiputro, M. D., & Hidayati, L. (2024). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND AWARENESS TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN BEAUTY STORE. Jurnal Rekayasa Sistem Informasi Dan Teknologi, 1(3), 150–157. https://doi.org/10.59407/jrsit.v1i3.491

Arifianto, D., Umilasari, R., & Wahyudi, E. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dan Marketplace Untuk Meningkatkan Pemasaran Produksi UMKM Bonpay Dan Arumfood. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 6(2), 155–160.

Astri Rumondang Banjarnahor, & Endang Hariningsih. (2025). TRANSFORMASI DIGITAL MELALUI PENINGKATAN KETERAMPILAN BRANDING DAN PEMBUATAN KONTEN VISUAL BAGI UMKM DI KEBUN JERUK JAKARTA BARAT. Empowerment Journal, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.30787/empowerment.v5i1.1698

Buditomo, N. (2024). PENGARUH KONTEN VISUAL DAN BRAND AWARENESS PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK OURAQILA SKINCARE DENGAN BRAND TRUST SEBAGAI PEMEDIASI [Thesis]. Universitas Muhammadiyah Malang.

Haidar, N. F., & Martadi, M. (2021). Analisis Konten Visual Post Instagram Riliv Dalam Membentuk Customer Engagement. BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 2(2), 121–134.

Hanindharputri, M. A., & Pradnyanita, A. A. (2021). Konten visual instagram sebagai strategi pemasaran umkm baru.

Haryati, N., Irwandi, P., Wibowo, R. H., Wavi, M. N., Syarif, H. D., Nurirozak, M. Z., Lasitya, D. S., & Ifanida, B. I. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN KONTEN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MENGEMBANGKAN DIGITAL BRANDING PADA USAHA MINUMAN TRADISIONAL. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(2), 2154. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i2.21913

Hasan, Z. I., & Nisa, F. (2024). Penerapan Strategi Manajemen Media Sosial untuk Optimalisasi Brand Awareness, Loyalitas dan Penjualan pada UMKM di Bandung, Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 4(4), 1087–1096. https://doi.org/10.54082/jamsi.1302

Li, Y., & Mat, R. C. (2023). The Impact of Visual Image on Brand Communication: A Multi-Dimensional Interaction Model Analysis. Journal of Logistics, Informatics and Service Science, 10(4), 250–266.

Mardhiyanto, R., & Muttaqien, M. (2023). Strategi Promosi Portal Berita Serayunews Dalam Membangun Brand Awareness. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 15(1), 1–26.

Natalya, D., Bedjo, B., & Kurniawan, D. (2017). PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS KOSMETIK TLOAC-CLAINE. Jurnal DKV Adiwarna, 6(2).

Natasha, V., Rahmadianto, S. A., & Pratama, B. P. P. (2023). PERANCANGAN VISUAL BRAND IDENTITY BAGI VERNON EDUCATION MALANG UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi, 4(1), 32–42. https://doi.org/10.33479/sb.v4i1.255

Pratama, K. A., Wahyuningtiyas, E., Wulandari, T. A., & Pradana, B. C. S. A. (2024). ANALISIS KOMUNIKASI VISUAL PADA FEED DAN INSTASTORY INSTAGRAM @GRANDE_GARDENCAFE DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi (e-ISSN: 2807-6818), 4(03), 19–29. https://doi.org/10.69957/relasi.v4i03.1614

Shao, Z., & Ngai, C. S. (2023). Why and How Effective Brand Logo Contributes to Marketing? Advances in Economics, Management and Political Sciences, 13(1), 17–22. https://doi.org/10.54254/2754-1169/13/20230661

Siregar, L. V. C., Situmorang, S. H., & Sembiring, B. K. F. (2024). The Effectiveness of Instagram Visual Campaigns on Brand Awareness Among Gen Z. International Journal of Economics and Management Sciences, 2(1), 32–58. https://doi.org/10.61132/ijems.v2i1.392

Suara.com. (2024). Tentang Kami.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (1st ed.). ALFABETA.

Suriani, Yuda, R., & Ghifari, M. (2024). Perancangan Maskot SMK Grafika Iss Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Brand Awareness. IKONIK : Jurnal Seni Dan Desain, 6(1), 42–48. https://doi.org/10.51804/ijsd.v6i1.16438

Suyanto, B., & Candias, M. R. (2024). Perancangan Visual Brand Identity Desa Sungsang. Magenta | Official Journal STMK Trisakti, 8(2), 1253–1264. https://doi.org/10.61344/magenta.v8i2.187

Wardhana, A. (2024). BRAND MANAGEMENT IN THE DIGITAL ERA – EDISI INDONESIA (M. Pradana, Ed.). CV. Eureka Media Aksara.

Widianingsih, W., & Pertiwi, A. B. (2025). Perancangan Feed Instagram Berbasis Model AIDA untuk Branding Produk Cheesecake in Jar “Baketoskool.” Jurnal Visual Ideas, 5(1), 48–59. https://doi.org/10.33197/visualideas.vol5.iss1.2025.2625

Yumna, S., Musfiana, M., Razak, A., & Mustofa, A. (2023). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Marketing Dalam Membangun Brand Awareness Pada Toko Lyradyba Di Kota Banda Aceh. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 6(1), 20–28.

Downloads

Published

2025-06-10

How to Cite

Triastuti, A. L., Rizki, M. F., Soegiarto, A., Fatimah, A. N., & Kholik, A. (2025). Analisis Standarisasi Cover Konten Video Instagram @suaradotcom dalam Meningkatkan Konsistensi dan Brand Awareness Suara.com. Jurnal Komputer, Informasi Dan Teknologi, 5(1), 15. https://doi.org/10.53697/jkomitek.v5i1.2572

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.