Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Mempertahankan Eksistensi Lembaga Penyiaran Radio di Wilayah Bangka

Authors

  • Safril Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Yera Yulista Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Pebri Yanasari Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Muflihatul Kamila Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2419

Keywords:

Strategi, Eksistensi, Radio

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh lembaga penyiaran radio dalam mempertahankan eksistensinya di wilayah Bangka. Di tengah gempuran era digital yang terus mengalami perkembangan, media tradisional radio ini sedang menghadapi tantangan besar dalam upaya mempertahankan audiensnya.oleh sebab ituy, penting bagi lembaga penyiaran radio untuk menerapkan strategi pemasaran yang efektif sehingga dapat menarik perhatian para pendengar. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah  pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus pada beberapa stasiun radio di wilayah Bangka. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan penyiar, pengelola, staf radio, yang juga disertai dengan dokumentasi yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang efektif dengan melakukan pendekatan yang melibatkan pihak radio dengan klien dan para pendengar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengelola radio dalam merancang strategi pemsaran yang tepat sehingga dapat memeprtahankan eksistensi di tengah persaingan media yang semakin ketat.

References

Amstrong, G., & Kotler, P. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Prenhalindo.

Anastasia, H., & Machmud, S. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Maros FM dalam Meningkatkan Jumlah Pendengar. Journal of Communication Sciences (JCoS), 2(2), 71–79. https://doi.org/10.55638/jcos.v2i2.444

Irmandasari, T., Satvikadewi, A. A. P., & Romadhan, M. I. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Pengiklan M Radio Surabaya. Seminar Nasional Hasil Skripsi, 1(01), 85–90.

Kennedy, J., & Soemanagara, D. (2006). Marketing Communication Taktik and Strategy. Bhuana Ilmu Populer.

Kusuma, A. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Media Radio Melalui Program On-Air. Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 6(1), 20. https://doi.org/10.31764/jail.v6i1.11140

Kusumastuti, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.

Lestari, M., Ritonga, S., Deni, I. F., Islam, U., & Sumatera, N. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Kiis FM Dalam Padang Sidempuan. 2(3), 1063–1072.

MB, S., & Yaqin, A. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran K-Radio Jember dalam mendapatkan Iklan. JURNAL PARADIGMA MADANI: Ilmu Sosial, Politik Dan Agama, 11(1), 18. https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/PAR/article/view/3003

Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Kencana.

Ningrum, F. (2007). Sukses Menjadi Penyiar, Scripwriter, dan Reporter Radio. Lenebar Swadaya.

Priansa. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Pustaka Setia.

Prisgunanto, I. (2006). Komunikasi Pemasaran Strategi & Taktik di Lengkapi Analisis SOSTAC & STOP -SIT. Ghalia Indonesia.

Rosady, R. (2012). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada.

Sari Lubis, M. (2018). Metodologi Penelitian. Deepublish.

Soemanagara. (2006). Strategic Marketing Communication Konsep strategis dan terapan. Alfabeta.

Syauqi, A. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Andika FM Kediri Periode Tahun 2014-2016. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 1(1), 28–58. https://doi.org/10.53429/j-kis.v1i1.119

Syauqi, M. R. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Top FM Cilegon Dalam Meningkatkan Jumlah Pengiklan. 144.

Wibowo, P. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Sharp Indonesia di Era Pandemi COVID-19 dan kenormalan baru. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(1), 40. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jkp/article/view/3003/1558

Yunita, R. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mempertahankan Eksistensi Radio Dangdut Terdepan di Jakarta (Studi Kasus Eksistensi Radio CBB 105,4 FM). Jurnal Komunikasi, 8(1), 4. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/2116

Downloads

Published

2025-05-10

How to Cite

Safril, Yera Yulista, Pebri Yanasari, & Muflihatul Kamila. (2025). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Mempertahankan Eksistensi Lembaga Penyiaran Radio di Wilayah Bangka . Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 5(1), 13. https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2419

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.