Strategi Cik Uniang Cik Ajo Duta Wisata Dalam Rangka Transformasi Promosi Pariwisata di Kota Pariaman

Authors

  • Lidiya Wahyuni Universitas Negeri Padang
  • Aldri Frinaldi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.53697/iso.v4i1.1822

Keywords:

Strategi, Transformasi Promosi, Duta Wisata

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan transformasi promosi pariwisata di kota Pariaman yang dilakukan oleh Cik Uniang Cik Ajo duta wisata dengan menganalisis strategi serta menetapkan strategi yang tepat. Latar belakang penelitian ini adalah belum optimalnya kegiatan promosi pariwisata yang dilakukan oleh Cik Uniang Cik Ajo duta wisata serta adanya dampak dari perkembangan teknologi dan informasi kegiatan promosi wisata dan juga berdampak pada perubahan perilaku wisatawan. Kualitatif deskriptif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Analisis SWOT digunakan sebagai teknik analisis data dan teknik purposive sampling sebagai teknik pemilihan informan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa dalam rangka pelaksanaan transformasi promosi pariwisata di kota Pariaman, Cik Uniang Cik Ajo telah berupaya melakukan perubahan cara promosi dengan memanfaatkan teknologi dan menyesuaikan dengan perubahan perilaku masyarakat dalam berwisata dan mencari informasi seputar objek wisata. Namun pelaksanaan kegiatan trasnformasi ini belum berjalan dengan optimal, hal ini dlihat dari belum intensifnya pembuatan konten promosi pariwisata oleh Cik Uniang Cik Ajo serta masih kurangnya esksistensi Cik Uniang Cik Ajo sebagai duta wisata duta wisata dan promotor pariwisata di kalangan masyarakat.

References

Asshafa, R. (2014). Peran Duta Wisata Mas dan Mbak Klaten Dalam Memajukan Pariwisata di Kabupaten Klaten (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Buhalis, D., Lin, M. S., & Leung, D. (2022). Metaverse as a driver for customer experience and value co-creation: Implications for hospitality and tourism management and marketing. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 35(2), 701–716. https://doi.org/10.1108/ijchm-05-2022-0631

KBBI. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Mandalia, S., & Santosa, H. (2022). Analisis peran duta wisata dalam mempromosikan pariwisata Kabupaten Dharmasraya. Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry, 1(2), 12-19.

Neuhofer, B., Buhalis, D., & Ladkin, A. (2012). Conceptualising technology-enhanced destination experiences. Journal of Destination Marketing & Management, 1(1–2), 36–46. https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2012.08.001

Neuhofer, B., Buhalis, D., & Ladkin, A. (2013). A typology of technology-enhanced tourism experiences. Tourism, 505(January), 487–505.

Pakilaran, A. U. (2006). Transformasi Bentuk dan Ruang pada Rumah Toko di Kawasan Pecinan Makassar (1970-2005) (Master's thesis, Institut Teknologi Bandung).

Rangkuti, F. (2009). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis (16th ed.). PT Gramedia Pustaka Utama.

Rosmiati, R., Soumena, M. Y., & Said, Z. (2022). Strategi Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata dalam Pengembangan Pariwisata Syariah Kota Parepare. Shi'ar: Sharia Tourism Research, 1(01), 43-60.

Satriawan. (2013). Hakikat Pemilihan Duta Wisata. Surakarta: Cendana Offsett.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Surya, B., Menne, F., Sabhan, H., Suriani, S., Abubakar, H., & Idris, M. (2021). Economic growth, increasing productivity of SMEs, and open innovation. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7(1), 20. https://doi.org/10.3390/joitmc7010020

Syafrudin, M. F., Sigandaru, A. B., & Putra, T. H. (2023). Strategi promosi destinasi wisata yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat. Jurnal Penelitian Mahasiswa Pariwisata, 1(1), 8-14.

Vandora, V. B. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Online di Kabupaten Sintang Kalimantan Barat (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa "APMD").

Wati, E. A. (2021). Analisis Transformasi Digital Sebagai Upaya Meningkatkan Pendapatan Di Era Teknologi Dalam Perspektif Ekonomi Digital (Studi Kasus Pada PT. Pos Indonesia Cabang Utama Kediri) (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Wahyuni, L., & Frinaldi, A. (2024). Strategi Cik Uniang Cik Ajo Duta Wisata Dalam Rangka Transformasi Promosi Pariwisata di Kota Pariaman. Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 4(1), 12. https://doi.org/10.53697/iso.v4i1.1822

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.