Strategi Promosi dan Penjualan Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung di PA.SO.LA Restoran The Ritz-Carlton Pacific Place Jakarta

Authors

  • Graciella Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta
  • Dwi Agus Kristianto Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2579

Keywords:

Hotel dan Restoran, Strategi Promosi, Strategi Penjualan, Kunjungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi dan penjualan yang sudah dilakukan oleh Manajemen Pa.So.La Restoran khususnya oleh Food and Beverage Sales Departement untuk meningkatkan jumlah kunjungan dari tahun 2021 sampai dengan 2023. Metode penelitian ini adalah mix-methode yakni kualitatif deskriptif dengan sumber data berasal dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data penelitiaan yang berupa angka kuantitatiif (data pengunjung) yang didapatkan dari hasil penelitian, kemudian diolah secara statistic untuk mengetahui adanya peningkatan atau tidak. Hasil penelitian  menunjukkan adanya strategi promosi dan penjualan yang dilakukan oleh manajemen Pa.So.La Restoran. Hasil dari strategi tersebut berhasil meningkatkan kunjungan dari tahun 2021 sampai dengan 2023. Hal tersebut berdasarkan data kunjungan yang didapatkan data penelitian yang kemudian diolah secara statistic. Strategi promosi yang dilakukan oleh Food and Beverage Sales Departement dengan cara Sales Call, Sales Blitz, Telemarketing, Posting, dan Broadcast. Kemudian strategi penjualan melalui acara Festive, Encuantro La Pa.So.La Series 1-5, Special Packages, serta Discount and Early Bird. Terbukti dengan startegi tersebut kunjungan meningkat setiap tahunnya, di tahun 2021 sebanyak 32,965, kemudian di tahun 2022 sebanyak 58,257, dan selanjutnya di tahun 2023 sebanyak 65,486 pengunjung. Dengan strategi yang sudah diterapkan, secara statistic kunjungan meningkat dari tahun 2021 ke 2022 meningkat sebesar 76,7% dan tahun 2022 ke 2023 meningkat sebesar 12,4%. Dengan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa strategi yang diterapkan menunjukkan hasil positif dan perlu terus dilakukan untuk meningkatkan jumlah kunjungan setiap tahunnya.

References

Alam, D., Porwani, S., & Hanadya, D. (2023). Strategi Promosi Makanan Tradisional Khas Palembang untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung Pada Rumah Makan Pindang Meranjat Jakabaring Palembang. Jurnal Pariwisata Darussalam, 2(2).

Amelia, V., & Prasetyo, D. (2023). Manfaat Literasi Digital Generasi Z sebagai Preferensi Tujuan Wisata dan Promosi Pariwisata. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(2), 377–386.

Bassi, A., Pramajaya, J., & Rizqi, M. (2022). Peranan Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Di the Excelton Hotel Palembang. MOTIVASI, 7(2), 109–121.

Choirunnisa, N., & Palupiningtyas, D. (2023). Strategi Sukses Menarik Tamu untuk Menginap di Hotel. BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS, 1–64.

Darmawan, K. A. U., Sujatha, D. K., & Sulistyawati, N. L. K. S. (2019). Pengaruh Best Available Rate dan Kepercayaan Terhadap Keadilan Harga Pada Saluran Distribusi Online di The Ritz-Carlton, Bali. Prosiding Seminar Inspire 2019 Seminar Riset Terapan Hospitaliti Dan Kepariwisataan Indonesia, 77.

Dewi, R. P., & Fransiska, F. (2023). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Di Restoran Zushioda Cirebon. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(3), 781–792.

Dwirahma, M. U. (2022). Proposed Marketing Strategy for Wedding Company to Enter to the New Market (Case Study: XYZ Wedding Services). Master of Business Administration School of Business Management Institut Teknologi Bandung.

https://digilib.itb.ac.id/assets/files/2023/MjAyMl9UU19QUF9NdXRoaWEgVWxmYWggRHdpcmFobWEgMjkxMTkxODZfRnVsbCBUZXgucGRm.pdf

Endi, F., & Prasetyo, D. (2020). Factors influencing french tourists to visit Bali. TRJ Tourism Research Journal, 4(1), 25–44.

Firmansyah, M. A. (2023). Pemasaran Produk dan Merek: Planning & Strategy. Penerbit Qiara Media.

Hendriyati, L., & Santoso, I. B. (2021). Strategi Pemasaran Food and Beverage Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Cavinton Hotel Yogyakarta, Indonesia. Journal of Tourism and Economic, 4(1), 60–72.

Kabanga, M. S. (2023). Analisis Penerapan Bauran Pemasaran 7P di Hotel Ima Kupang. Bisman-Jurnal Bisnis & Manajemen, 8(1), 11–26.

Kurniawan, A. R. (2018). Dasar-Dasar Marketing: Segala Hal Tentang Marketing dan Sales. Anak Hebat Indonesia.

Maulidia, D. N., Kurniawan, M. R., & Yasin, M. (2023). Analisis Struktur Industri Unggulan Terhadap Perkembangan Ekonomi Di Kota Pekalongan Jawa Tengah. Student Research Journal, 1(3), 310–324.

Pratiwi, N. K. D., Nadra, N. M., & Antara, D. M. S. (2022). Pelayanan Buffe Dinner Event Chinese New Year pada Kwee Zeen Restaurant Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort. Politeknik Negeri bali.

Rachmawan, R., & Rosiana, N. (2021). Strategi Pemasaran Restoran Sakabe Buffet Jakarta Pusat. MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal), 4(2), 384–404.

Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan usaha umkm di masa pandemi melalui optimalisasi penggunaan dan pengelolaan media digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108–123.

Renda, P. A. D., & Muliadiasa, I. K. (2024). Strategi Promosi dalam Penjualan Restoran pada Masa Pemulihan Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 3(1), 72–79.

Saleh, H. M. Y., & Miah Said, S. E. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran: Marketing Concepts and Strategies (Vol. 1). Sah Media.

Selamet, I. W. A., & Sumadi, I. G. (2021). Peran Reservasi Dalam Meningkatkan Penjualan Kamar Di Tijili Seminyak Hotel. Journey: Journal of Tourismpreneurship, Culinary, Hospitality, Convention and Event Management, 4(2), 321–340.

Suciana, D. A., & Syahputra, E. (2023). Analisis Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pada Resto Dan Pusat Oleh-Oleh Putra Nirwana Magetan Di Era Pandemi Covid. Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce, 2(2), 95–115.

Sudarsono, H. (2020). Manajemen pemasaran. Pustaka Abadi.

Syuhada, R., Isyanto, P., & Yani, D. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Café & Restoran Kokok Petok Di Cimalaya Wetan. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 24(1), 54–65.

Wirawan, P. E., & Octaviany, V. (2022). Pengantar Pariwisata. Nilacakra.

Downloads

Published

2025-06-14

How to Cite

Graciella, & Kristianto, D. (2025). Strategi Promosi dan Penjualan Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung di PA.SO.LA Restoran The Ritz-Carlton Pacific Place Jakarta. Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 5(1), 12. https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2579

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.