Analisis Perspektif Pelanggan terhadap Strategi Promosi Jasa Kebersihan di Akun Instagram @Shoesnesia_

Authors

  • Kevin Bariklana Agustian Universitas Tidar
  • Desfin Setyaningrum Universitas Tidar
  • Widuri Fitriyani Universitas Tidar
  • Nabilla Ayudya Larasati Universitas Tidar
  • Oktavia Vabriana Simarmata Universitas Tidar
  • Sharma Rizky Eviana Universitas Tidar
  • Joko Tri Nugraha Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2588

Keywords:

Strategi promosi, media sosial, Instagram, layanan cuci sepatu

Abstract

Meningkatnya penggunaan Instagram sebagai platform media sosial telah mendorong berbagai bisnis jasa untuk memanfaatkan aplikasi ini sebagai alat promosi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perspektif pelanggan terhadap strategi promosi yang diterapkan oleh layanan cuci sepatu, @shoesnesia_. Penelitian ini juga membantu dalam mengevaluasi efektivitas promosi digital dalam meningkatkan kualitas layanan dan minat pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang dibagikan kepada pelanggan yang pernah menggunakan layanan Shoesnesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pelanggan merasa puas terhadap layanan yang diberikan, terutama dalam hal kemudahan akses informasi, kecepatan respon, dan kualitas hasil cuci sepatu. Promosi digital melalui Instagram dinilai cukup efektif dalam menarik perhatian pelanggan serta mempertahankan loyalitas pelanggan yang sudah ada. Namun, masih terdapat beberapa permasalahan yang belum terselesaikan, seperti rasio harga terhadap kualitas serta kualitas hubungan antara staf dan pelanggan. Temuan ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi Shoesnesia untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan menyempurnakan strategi promosi digital agar dapat memenuhi harapan pelanggan secara optimal.

References

Adnas, D. A. (2023). Analysis and development social media marketing effectiveness on jasa kebersihan in Batam. Jutisi, 12(1), April 2023.

Anggraeni, D. (2023). Analisis minat konsumen dalam menggunakan jasa cuci sepatu. Jurnal Bisnis dan Inovasi, 12(1), 45–60. http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/jbi/article/viewFile/4908/2559

Anggraeni, D. (2023). Penerapan desain UI/UX pada toko penjualan sepatu berbasis digital. J-Innovative. Diakses dari https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/19122

Armstrong, G., Adam, S., Denize, S., & Kotler, P. (2015). Principles of marketing (6th ed.). Pearson Australia.

Buana, D. B. C. (2023). Penerapan metode service quality di bisnis jasa cuci sepatu “BISA” (Skripsi, Universitas Islam Sultan Agung). http://repository.unissula.ac.id/32610/1/Manajemen_30401900076_fullpdf.pdf

Candy, C., & Surbakti, A. A. B. (n.d.-b). Penerapan Strategi Promotion Mix di dream max cleaning shoes. ConCEPt - Conference on Community Engagement Project. https://journal.uib.ac.id/index.php/concept/article/view/4920

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage Publications.

Daffa, A., & Rahmi. (2025). Analisis kepuasan pelanggan pada jasa cuci sepatu Fastbreak Bekasi menggunakan metode service quality dan importance performance analysis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(5), 1665–1668. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i5.1084

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate data analysis (7th ed.). Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.

Lasono, J. P., & Siswomihardjo, S. W. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Distoe Shoe Care and Bag Cleaning. Jurnal Manajemen, 15(2), 123–135. https://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/169182

Malhotra, N. K. (2010). Marketing research: An applied orientation (6th ed.). Pearson.

Mangold, W. G., & Faulds, D. J. (2009). Social media: The new hybrid element of the promotion mix. Business Horizons, 52(4), 357–365. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.03.002

Nugroho, A., & Santoso, B. (2021). Pengaruh persepsi harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada industri jasa. Jurnal Manajemen Pemasaran, 10(2), 112–120. https://doi.org/10.1234/jmp.v10i2.7890

Nugroho, R. (2025). Pengaruh persepsi harga, sales promosi, kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan laundry sepatu di Bekasi. Gunadarma Library. Diakses dari https://library.gunadarma.ac.id/repository/read/SG1mc3lSZGZyVkEwVWl5WHhZSUJHMmgwcVViTWhhbU9DbVFXQWJlSHFJYVNHOVNNd2RIUkRlU0J6RGhyZWp2cExjSFg3d0ZOWUx2ZTdGYW9wZE5TaFFGR2d1RXV6Y2s4YmN3Nm5UMVJ3Uk1xY1VMaCs3VnZHYm9hWE5jdFFSYll5Ujl5WjBjM0RYdW5GTVZzQk8yTTVxcnJqK1FzM2tnaXlLeDRVRUNVdWNhdUNIamVGNXd4VGpjdDh5Sm1DOGJVcm43VTlrQUVVc0ZrR1MxQ0d4bjE1UT09

Putra, A. R., & Sari, N. M. (2023). Pengaruh kemudahan proses pemesanan terhadap kepuasan pelanggan pada layanan online. Jurnal Manajemen dan Bisnis Digital, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.1234/jmbd.v5i1.5678

Putri, V. K., & Halik, A. (2024). Pengaruh media sosial Instagram, kualitas layanan terhadap keputusan penggunaan jasa laundry sepatu yang dimediasi oleh variabel e-WOM pada TYM.Wash di Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan. Musytari: Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 6(10), 1–10. https://doi.org/10.8734/musytari.v6i10.4641

Rahman, F., & Lexianingrum, S. R. P. (2024). Peran media sosial Instagram dalam meningkatkan dampak pemasaran UMKM Mascot Lada Palembang. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 559–566. http://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/8512

Santoso, B., & Wulandari, D. (2022). Pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada jasa layanan cuci sepatu. Jurnal Manajemen dan Pemasaran, 9(3), 150–160. https://doi.org/10.1234/jmp.v9i3.7891

Satria Aranda, R. (2023). Analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada bisnis cuci sepatu Safa Shoecare (Skripsi, Universitas Pakuan). Universitas Pakuan Repository. https://eprints.unpak.ac.id/8343/

Sugiyono. (2017). Metode penelitian: Kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Cet. ke-25). CV Alfabeta. https://www.scribd.com/document/391327717/Buku-Metode-Penelitian-Sugiyono

The application of the Net Promoter Score (NPS) method in measuring customer satisfaction in the retail industry in Medan. (2023). Jurnal Ekonomi, 12(4), 1556–1561. https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi/article/view/3250

Tjiptono, F. (2017). Strategi Pemasaran. Andi Publisher.

Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2017). Social media marketing (3rd ed.). Sage Publications.

Wicaksono, U. B., & Apsari, A. E. (2025). Analisis perancangan perbaikan kualitas layanan dan beban kerja reparasi apparel sepatu menggunakan metode SERVQUAL (Service Quality) dan WLA (Work Load Analysis): Studi kasus pada UMKM Max Cleaning. Jurnal Ilmiah Research Student (JIRS), 2(1), 311–318. https://doi.org/10.61722/jirs.v2i1.3648

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2018). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm (7th ed.). McGraw-Hill Education.

Downloads

Published

2025-06-18

How to Cite

Agustian, K. B., Setyaningrum, D., Fitriyani, W., Ayudya Larasati, N., Vabriana Simarmata, O., Rizky Eviana, S., & Nugraha, J. T. (2025). Analisis Perspektif Pelanggan terhadap Strategi Promosi Jasa Kebersihan di Akun Instagram @Shoesnesia_ . Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 5(1), 13. https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2588

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.