Analisis Perspektif Pelanggan terhadap Strategi Promosi Jasa Kebersihan di Akun Instagram @Shoesnesia_
DOI:
https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2588Keywords:
Strategi promosi, media sosial, Instagram, layanan cuci sepatuAbstract
Meningkatnya penggunaan Instagram sebagai platform media sosial telah mendorong berbagai bisnis jasa untuk memanfaatkan aplikasi ini sebagai alat promosi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perspektif pelanggan terhadap strategi promosi yang diterapkan oleh layanan cuci sepatu, @shoesnesia_. Penelitian ini juga membantu dalam mengevaluasi efektivitas promosi digital dalam meningkatkan kualitas layanan dan minat pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang dibagikan kepada pelanggan yang pernah menggunakan layanan Shoesnesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pelanggan merasa puas terhadap layanan yang diberikan, terutama dalam hal kemudahan akses informasi, kecepatan respon, dan kualitas hasil cuci sepatu. Promosi digital melalui Instagram dinilai cukup efektif dalam menarik perhatian pelanggan serta mempertahankan loyalitas pelanggan yang sudah ada. Namun, masih terdapat beberapa permasalahan yang belum terselesaikan, seperti rasio harga terhadap kualitas serta kualitas hubungan antara staf dan pelanggan. Temuan ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi Shoesnesia untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan menyempurnakan strategi promosi digital agar dapat memenuhi harapan pelanggan secara optimal.
References
Adnas, D. A. (2023). Analysis and development social media marketing effectiveness on jasa kebersihan in Batam. Jutisi, 12(1), April 2023.
Anggraeni, D. (2023). Analisis minat konsumen dalam menggunakan jasa cuci sepatu. Jurnal Bisnis dan Inovasi, 12(1), 45–60. http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/jbi/article/viewFile/4908/2559
Anggraeni, D. (2023). Penerapan desain UI/UX pada toko penjualan sepatu berbasis digital. J-Innovative. Diakses dari https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/19122
Armstrong, G., Adam, S., Denize, S., & Kotler, P. (2015). Principles of marketing (6th ed.). Pearson Australia.
Buana, D. B. C. (2023). Penerapan metode service quality di bisnis jasa cuci sepatu “BISA” (Skripsi, Universitas Islam Sultan Agung). http://repository.unissula.ac.id/32610/1/Manajemen_30401900076_fullpdf.pdf
Candy, C., & Surbakti, A. A. B. (n.d.-b). Penerapan Strategi Promotion Mix di dream max cleaning shoes. ConCEPt - Conference on Community Engagement Project. https://journal.uib.ac.id/index.php/concept/article/view/4920
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage Publications.
Daffa, A., & Rahmi. (2025). Analisis kepuasan pelanggan pada jasa cuci sepatu Fastbreak Bekasi menggunakan metode service quality dan importance performance analysis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(5), 1665–1668. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i5.1084
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate data analysis (7th ed.). Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.
Lasono, J. P., & Siswomihardjo, S. W. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Distoe Shoe Care and Bag Cleaning. Jurnal Manajemen, 15(2), 123–135. https://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/169182
Malhotra, N. K. (2010). Marketing research: An applied orientation (6th ed.). Pearson.
Mangold, W. G., & Faulds, D. J. (2009). Social media: The new hybrid element of the promotion mix. Business Horizons, 52(4), 357–365. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.03.002
Nugroho, A., & Santoso, B. (2021). Pengaruh persepsi harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada industri jasa. Jurnal Manajemen Pemasaran, 10(2), 112–120. https://doi.org/10.1234/jmp.v10i2.7890
Nugroho, R. (2025). Pengaruh persepsi harga, sales promosi, kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan laundry sepatu di Bekasi. Gunadarma Library. Diakses dari https://library.gunadarma.ac.id/repository/read/SG1mc3lSZGZyVkEwVWl5WHhZSUJHMmgwcVViTWhhbU9DbVFXQWJlSHFJYVNHOVNNd2RIUkRlU0J6RGhyZWp2cExjSFg3d0ZOWUx2ZTdGYW9wZE5TaFFGR2d1RXV6Y2s4YmN3Nm5UMVJ3Uk1xY1VMaCs3VnZHYm9hWE5jdFFSYll5Ujl5WjBjM0RYdW5GTVZzQk8yTTVxcnJqK1FzM2tnaXlLeDRVRUNVdWNhdUNIamVGNXd4VGpjdDh5Sm1DOGJVcm43VTlrQUVVc0ZrR1MxQ0d4bjE1UT09
Putra, A. R., & Sari, N. M. (2023). Pengaruh kemudahan proses pemesanan terhadap kepuasan pelanggan pada layanan online. Jurnal Manajemen dan Bisnis Digital, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.1234/jmbd.v5i1.5678
Putri, V. K., & Halik, A. (2024). Pengaruh media sosial Instagram, kualitas layanan terhadap keputusan penggunaan jasa laundry sepatu yang dimediasi oleh variabel e-WOM pada TYM.Wash di Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan. Musytari: Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 6(10), 1–10. https://doi.org/10.8734/musytari.v6i10.4641
Rahman, F., & Lexianingrum, S. R. P. (2024). Peran media sosial Instagram dalam meningkatkan dampak pemasaran UMKM Mascot Lada Palembang. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 559–566. http://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/8512
Santoso, B., & Wulandari, D. (2022). Pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada jasa layanan cuci sepatu. Jurnal Manajemen dan Pemasaran, 9(3), 150–160. https://doi.org/10.1234/jmp.v9i3.7891
Satria Aranda, R. (2023). Analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada bisnis cuci sepatu Safa Shoecare (Skripsi, Universitas Pakuan). Universitas Pakuan Repository. https://eprints.unpak.ac.id/8343/
Sugiyono. (2017). Metode penelitian: Kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Cet. ke-25). CV Alfabeta. https://www.scribd.com/document/391327717/Buku-Metode-Penelitian-Sugiyono
The application of the Net Promoter Score (NPS) method in measuring customer satisfaction in the retail industry in Medan. (2023). Jurnal Ekonomi, 12(4), 1556–1561. https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi/article/view/3250
Tjiptono, F. (2017). Strategi Pemasaran. Andi Publisher.
Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2017). Social media marketing (3rd ed.). Sage Publications.
Wicaksono, U. B., & Apsari, A. E. (2025). Analisis perancangan perbaikan kualitas layanan dan beban kerja reparasi apparel sepatu menggunakan metode SERVQUAL (Service Quality) dan WLA (Work Load Analysis): Studi kasus pada UMKM Max Cleaning. Jurnal Ilmiah Research Student (JIRS), 2(1), 311–318. https://doi.org/10.61722/jirs.v2i1.3648
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2018). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm (7th ed.). McGraw-Hill Education.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kevin Bariklana Agustian, Desfin Setyaningrum, Widuri Fitriyani, Nabilla Ayudya Larasati, Oktavia Vabriana Simarmata, Sharma Rizky Eviana, Joko Tri Nugraha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.