Kampanye Politik Food Vlogger Ubaidilah PKS dalam Memenangkan Pemilihan Legislatif DPRD Kota Depok 2024

Authors

  • Marsya Zusrieka Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Anggrelita Mutiara Salsabila Dewi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Andzi Salwa Salsabila Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Muhammad Sulthan Fatih Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Giras Agung Jagratara Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Abdul Ghofur Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2589

Keywords:

Kampanye Digital, Food Vlogger, PKS, Edutainment, UMKM, Komunikasi Politik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi kampanye digital inovatif yang dilakukan oleh Ubaidilah, calon legislatif DPRD Kota Depok dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), melalui perannya sebagai food vlogger. Pendekatan ini digunakan untuk menyampaikan pesan politik secara halus, membangun citra otentik, dan memperkuat dukungan publik, khususnya dari pemilih muda dan pelaku UMKM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara semi-terstruktur terhadap Ubaidilah serta studi dokumen dari berbagai sumber media dan akademik. Data dianalisis menggunakan pendekatan tematik untuk mengidentifikasi pola-pola komunikasi politik yang muncul. Analisis data dilakukan dengan pendekatan tematik, yaitu suatu metode analisis kualitatif yang fleksibel dan sistematis dalam mengidentifikasi pola, tema, dan makna dalam data. Tahapan analisis ini dimulai dengan pengurangan data, penyajian data, dan akhirnya penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi edutainment yang menggabungkan konten kuliner dengan pesan politik terbukti efektif dalam membangun keterhubungan emosional dengan audiens. Keaslian konten, konsistensi nilai politik, dan kolaborasi dengan influencer lokal memperkuat daya jangkau kampanye. Selain itu, pendekatan ini juga berdampak langsung pada peningkatan visibilitas UMKM yang menunjukkan adanya kontribusi ekonomi di luar fungsi politik. Studi ini menyimpulkan bahwa strategi kampanye yang mengintegrasikan budaya populer, seperti food vlogging, mampu membentuk komunikasi politik yang lebih inklusif, persuasif, dan relevan di era digital. Penggabungan antara konten populer dengan pesan politik dalam kampanye Ubaidillah menunjukkan potensi komunikasi yang inovatif dan beresonansi secara budaya dapat membentuk kembali keterlibatan publik dalam proses pemilu. Temuan ini menawarkan alternatif terhadap metode kampanye konvensional dan merekomendasikan pengembangan strategi berbasis kedekatan kultural dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih.

References

Adri, A. (2024). Setelah 20 Tahun Berkuasa, Mengapa PKS Tumbang di Pilkada Depok? Kompas.Id. https://www.kompas.id/artikel/berakhir-dominasi-pks-di-depok

Adzra Bela Yumna, Ari Fadiati, & Cucu Cahya. (2023). Minat Kuliner Nusantara Pada Generasi Z (Studi Tentang Hubungan Keterpaan Informasi pada Konten Food Vlogger Youtube dengan Minat Kuliner Nusantara pada Generasi Z). Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(2), 01–11. https://doi.org/10.55606/jumbiku.v3i2.2198

Agustian, K., Hidayat, R., Zen, A., Sekarini, R. A., & Malik, A. J. (2023). The Influence of Influencer Marketing in Increasing Brand Awareness and Sales for SMEs. Technology and Society Perspectives (TACIT), 1(2), 68–78. https://doi.org/10.61100/tacit.v1i2.54

Alfath, M. (2025). Peran Influencer dalam Kampanye Politik di Era Digital. Askara. https://www.askara.co/read/2025/03/11/54192/peran-influencer-dalam-kampanye-politik-di-era-digital

Arsyad Arsyad, Rifma Ghulam Dzaljad, Mia Nurmiarani, & Safutra Rantona. (2024). Media Sosial sebagai Agen Transformasi Politik: Analisis Pengaruh terhadap Proses Komunikasi Politik. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis), 2(2), 240–251. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i2.1593

Baghel, D. (2023). THE ROLE OF INFLUENCER AUTHENTICITY AND BRAND TRUST IN SHAPING CONSUMER BEHAVIOR : STRATEGIES TO ENGAGE GENERATION Z. 4, 1259–1271. https://doi.org/10.29121/shodhkosh.v4.i1.2023.332

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Dinata, R. A., & Andriyani, L. (2022). Strategi Kampanye Politik Partai Keadilan Sejahtera Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 Di Kota Depok. INDEPENDEN: Jurnal Politik Indonesia Dan Global, 3(1), 37. https://doi.org/10.24853/independen.3.1.37-46

Effendy, R., Wulandari, P. A., Setiyaningsih, L. A., & Mariani, A. (2021). Mengglobalkan Makanan Tradisional Lewat Media Sosial Youtube sebagai Budaya Tandingan (Studi Food Vlogger Nex Carlos sebagai Media Promosi Kuliner Lokal). Jurnal Nomosleca, 7(2), 148–159. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v7i2.6581

Fadilah, F., & Setiadi, T. (2025). Strategi Personal Branding Budiono Sukses sebagai Food Vlogger dalam Memperkuat Brand Image ( Studi Kasus pada Akun YouTube Budiono Sukses ). The Commercium, 09(1), 157–156.

Fakazis, E., & Fürsich, E. (2023). The Political Relevance of Food Media and Journalism: Beyond Reviews and Recipes. In The Political Relevance of Food Media and Journalism: Beyond Reviews and Recipes. https://doi.org/10.4324/9781003283942

Hasan, K., & Johri, D. S. M. (2017). Political Campaign In The Era Of Internet : Politics Of Like , Comment And Share In Bihar Election 2015 to vote for a particular candidate or party it is also about. International Journal of Innovative Research and Advanced Studies (IJIRAS), 4(7).

Hurriyah, & Rakhmani, I. (2024). Reflecting on the changing use of social media in political campaigns: Lessons from Indonesia’s 2024 election. Melbourne Asia Review. https://doi.org/10.37839/mar2652-550x19.2

Ismail Fani, R. (2024). Pileg 2024, Ini 5 Besar Caleg DPRD Kota Depok dengan Suara Tertinggi di 6 Dapil, PKS Unggul. Galamedianews. https://galamedia.pikiran-rakyat.com/news/pr-357778738/pileg-2024-ini-5-besar-caleg-dprd-kota-depok-dengan-suara-tertinggi-di-6-dapil-pks-unggul

Kampanye Digital. (2021). Pks.Id. https://pks.id/content/kampanye-digital

Marquerette, L. U., Wasi, L., & Hamidah, S. F. (2023). Pengaruh Food Vlogger Terhadap Persepsi Konsumen. Innovative, 3(6), 6748–6757.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). Sage Publications, Inc.

Pera Irawan, E. (2023). Strategi Kampanye Politik Politisi Muda Pks Dalam Merebut Dukungan Konstituen Political Campaign Strategy of Young Pks Politicians in Seeking Constituent Support. 6(1), 1–8.

PKS Banten Perkuat Strategi Digital untuk Pemenangan Pilkada 2024. (2024). Pks.Id. https://pks.id/content/pks-banten-perkuat-strategi-digital-untuk-pemenangan-pilkada-2024?

Program Wirausaha Baru Pemkot Depok Dinilai Berhasil Tekan Angka Pengangguran. (2022). Berita.Depok.Go.Id. https://berita.depok.go.id/program-wirausaha-baru-pemkot-depok-dinilai-berhasil-tekan-angka-pengangguran

Williandro, J. (2025). Keren! Billboard Pecel Lele di Depok jadi Sorotan, Anggota DPRD Ubaidillah Siapkan Hadiah Bagi yang Bisa Tebak Lokasinya. Radar Depok. https://www.radardepok.com/metropolis/94614871667/keren-billboard-pecel-lele-di-depok-jadi-sorotan-anggota-dprd-ubaidillah-siapkan-hadiah-bagi-yang-bisa-tebak-lokasinya

Zempi, C. N., Kuswanti, A., & Maryam, S. (2023). Analisis Peran Media Sosial Dalam Pembentukan Pengetahuan Politik Masyarakat. Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 116–123. https://doi.org/10.33822/jep.v6i1.5286

Downloads

Published

2025-06-13

How to Cite

Zusrieka, M., Dewi, A. M. S., Salsabila, A. S., Fatih, M. S., Jagratara, G. A., & Ghofur, A. (2025). Kampanye Politik Food Vlogger Ubaidilah PKS dalam Memenangkan Pemilihan Legislatif DPRD Kota Depok 2024. Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 5(1), 10. https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2589

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.