Strategi Kampanye Humas Kementerian Perhubungan dalam Menyosialisasikan Program Mudik Gratis pada Angkutan Lebaran Tahun 2025

Authors

  • Arum Amanda Indrayati Universitas Negeri Jakarta
  • Menati Fajar Rizki Universitas Negeri Jakarta
  • Wina Puspita Sari Universitas Negeri Jakarta
  • Anggun Nadia Fatimah Universitas Negeri Jakarta
  • Muria Putriana Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2634

Keywords:

Strategi Kampanye Humas, Model Kampanye Ostergraad, Sosialisasi, Program Mudik Gratis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses prakampanye, proses pengelolaan kampanye, dan hasil evaluasi kampanye oleh Kementerian Perhubungan. Penelitian ini menggunakan konsep Strategi kampanye Public Relations berdasarkan Model Kampanye Ostergaard. Pendekatan yang digunakan mengacu pada model strategi kampanye Public Relations menurut Ostergaard, dengan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling, sementara validitas data diuji melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kampanye ini disusun secara bertahap dan terencana. Tahap prakampanye berangkat dari urgensi ketidakseimbangan antara lonjakan kebutuhan transportasi saat lebaran dengan ketersediaan sarana angkutan umum. Pada tahap pengelolaan, Kemenhub melakukan perancangan, pelaksanaan, hingga evaluasi program. Evaluasi kampanye keseluruhan dilakukan secara teknis dan komunikatif. Secara keseluruhan, strategi kampanye ini tidak hanya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya transportasi massal yang aman, tetapi juga memperkuat citra positif pemerintah. Penelitian ini menyarankan agar Humas Kemenhub lebih maksimal dalam memanfaatkan media digital interaktif yang bervariasi serta memperkaya isi pesan dengan pendekatan emosional dan edukatif, seperti narasi pengalaman pemudik atau cerita keselamatan, guna menjangkau audiens yang lebih luas dan memperdalam dampak pesan yang disampaikan

References

Agussalim, Akhyari, M. F., & Ubabuddin. (2024). Implementasi Konsep Sosialisasi dalam Kehidupan Bermasyarakat. Edunomi: Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 1(01), 30–40.

Akmalrazak, R., & Primasari, I. (2023). Analisis Strategi Komunikasi Humas NXG Indonesia Dalam Meningkatkan Awareness Literasi Digital Analysis of NXG Indonesia’s PR Communication Strategy in Increasing Digital LiteracyAwareness. 10(3), 1780.

Alamsyah, A., & Sumarni, L. (2024). Kampanye Public Relations ( Edukasi dan Kolaborasi ) dalam Tingkat Kesadaran Masyarakat Akan Penggunaan Air Bersih ( Studi Deskriptif Kualitatif Pada Sobat Air Jakarta ) Azzahra Alamsyah kehidupannya . Air sangat berperan dalam berbagai kebutuhan dan pema. Harmoni: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 2(3), 331–345.

Diniati, A., & Rachman, D. A. (2022). Strategi Kampanye Public Relations Indonesia Stock Exchange dalam Program Yuk Nabung Saham. Jurnal Ilmu Komunikasi, 20(2), 221. https://doi.org/10.31315/jik.v20i2.5529

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Fitria, De., & Utari, S. A. (2024). Kampanye Public Relations Bravetogether Komunitas Universitas Indonesia Sehat Mental Mengenai Perubahan Stigma Kesehatan Mental Remaja Indonesia. SABER : Jurnal Teknik Informatika, Sains Dan Ilmu Komunikasi, 2(2), 197–207. https://doi.org/10.59841/saber.v2i2.994

Heryanto, G. G. (2021). Strategi Literasi Politik.

Ilmiyah, F., W, S. N. A., N, I. A. Q., & Zunaidi, A. (2022). Sosialisasi Penanggulangan Tingginya Angka Pernikahan Dini di Desa Tambakrejo-Wonotirto-Blitar. Komatika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 29–33. https://doi.org/10.34148/komatika.v2i2.508

Japarudin, J. (2023). Fenomena dan Nilai-Nilai Tradisi Mudik Lebaran. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(3), 2034. https://doi.org/10.35931/aq.v17i3.2202

Kanzulfikar, A. (2022). Strategi Kampanye Humas Pemerintah Provinsi Lampung Dalam Gerakan Hari Jum’At Minum Kopi Sebagai Branding Produk Kopi Lokal. Jurnal Tapis: Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam, 18(2), 1–18. https://doi.org/10.24042/tps.v18i2.13559

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. (n.d.). Profil Kementerian Perhubungan. Ppid.Dephub.Go.Id.

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. (2022). Tugas Pokok dan Fungsi. Dephub.Go.Id.

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. (2024). Potensi Pergerakan Masyarakat Selama Lebaran 2024 Mencapai 193,6 juta Orang, Pemerintah Terapkan Kebijakan Efektif Untuk Antisipasi. Dephub.Go.Id. https://www.dephub.go.id/post/read/potensi-pergerakan-masyarakat-selama-lebaran-2024-mencapai-193,6-juta-orang,-pemerintah-terapkan-kebijakan-efektif-untuk-antisipasi%0A

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. (2025). Menhub Dudy: Kemenhub Tetap Selenggarakan Program Mudik Gratis pada Angkutan Lebaran 2025. Dephub.Go.Id.

Kurniawan, R., & Azwar Ferdian. (2024). Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia Masih Didominasi Sepeda Motor. Kompas.Com.

Kurniawan, R., & Ferdian, A. (2025). Kemenhub Catat Angka Kecelakaan Lalu Lintas Turun Selama Lebaran 2025. 23/04/2025, 14:19 WIB. https://otomotif.kompas.com/read/2025/04/23/141959515/kemenhub-catat-angka-kecelakaan-lalu-lintas-turun-selama-lebaran-2025

Nugraha, H. A., & Manggalou, S. (2024). Program Pelayanan Bantuan Mudik Bareng Gratis Puspa Argo. Pengabdian Masyarakat Pelita Nusantara, Vol.2 No., 56–61.

Restia, F. S., & Fuad, A. (2024). Strategi Kampanye Public Relations Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Dalam Mensosialisasikan Program Diet Kendaraan Pribadi. Reputation Jurnal Hubungan Masyarakat, 7(2), 179–202. https://doi.org/10.15575/reputation.v7i2.30705

Rumondang, N. (2024). Kecelakaan Arus Mudik Lebaran 2024: Motor Tertinggi 73%, Bus 12%, Mobil 2%. Detiknews.

https://news.detik.com/berita/d-7289746/kecelakaan-arus-mudik-lebaran-2024-motor-tertinggi-73-bus-12-mobil-2

Sari, W., & Rizki, M. (2021). KAMPANYE PUBLIC RELATIONS.

Sari1, N. P., & Widiyanti2, N. (2023). Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial Peran Agen Sosialisasi dalam lingkungan anak. 2, 2024–2062.

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.

Sugiyono, P. D. (2023). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF.

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49

Venus, A. (2020). MANAJEMEN KAMPANYE.

Wahyudin, U. (2018). Sosialisasi Zakat Untuk Menciptakan Kesadaran Berzakat Umat Islam. Jurnal Masyarakat Dan Filantropi Islam, 1(1), 17–20. http://jurnal.unpad.ac.id/jmfi/article/view/19201

Downloads

Published

2025-06-19

How to Cite

Indrayati, A. A., Rizki, M. F., Sari, W. P., Fatimah, A. N., & Putriana, M. (2025). Strategi Kampanye Humas Kementerian Perhubungan dalam Menyosialisasikan Program Mudik Gratis pada Angkutan Lebaran Tahun 2025. Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 5(1), 15. https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2634

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.