Analisis Rantai Nilai (Value Chain) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif (Studi Kasus Pada UMKM Kripik Tempe Pecah 1000 di Desa Kaliboto Lor, Lumajang)

Authors

  • Lailatul Rosaida Universitas Muhammadiyah Jember
  • Bayu Wijayantini Universitas Muhammadiyah Jember
  • Maheni Ika Sari Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.53697/emak.v6i3.2693

Keywords:

Analisis Rantai Nilai, Keunggulan Kompetitif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis strategi apa yang diambil melalui analisis rantai nilai (value chain) dalam upaya meningkatkan keunggulan kompetitif pada UMKM kripik tempe pecah 1000 di Desa Kaliboto Lor, Lumajang. Penelitian yang dilakukan pada karya ilmiah ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, studi pustaka. Teknik pengambilan sampel snowball sampling, yang dimana melibatkan pemilik UMKM. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang mencangkup hasil wawancara, dan analisis data. Hasil penelitian strategi peningkatan keunggulan kompetitif UMKM Kripik Tempe Pecah 1000 melalui rantai nilai berfokus pada penguatan aktivitas utama dan pendukung melalui diferensiasi produk, efisiensi operasional, dan kemitraan. Analisis nilai tambah operasional produksi menunjukkan nilai tambah sebesar 5.812,22, hal tersebut dikarenakan hasil nilai tambah yang tertinggi diperoleh dari aktivitas penjualan dan pemasaran, sehingga UMKM disarankan menyesuaikan harga dan berat produk untuk meningkatkan nilai tambah bagi konsumen

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad Arifin, Moh. Halim, A. M. (2020). Penentuan biaya strategis melalui analisis value chain. Journal of Business, Management and Accounting, 2(1), 127–139.

Anisa Nur Jannah, Endang Siti Rahayu, S. M. H. (2022). Analisis rantai nilai (value chain) ikan bawis (Siganus canaliculatus) di Kota Bontang. Agrista, 10(1), 131–142. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jurnal IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Bayu Dwi Cahyo, Maheni Ika Sari, H. H. (2023). Analisis SWOT untuk pemasaran di Toko Bangunan “Bima Jaya.” Jurnal Ekonomi Bisnis GROWTH, 21(1), 1–11.

Damayanti, N. A., Probowulan, D., & Nastiti, A. S. (2021). Analisis rantai nilai sebagai upaya untuk meningkatkan keunggulan kompetitif (Studi kasus pada UD. Ijen Batik Bondowoso). Jurnal Akuntansi Terapan dan Bisnis, 1(1), 12–24. https://doi.org/10.25047/asersi.v1i1.2687

Hasan, M. A., & Budiarto, M. B. (2022). Eksplorasi etnomatematika budaya masyarakat Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(3), 562–573. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/25554/23429

Hasanah, H. (2016). Teknik-teknik observasi. 21–46.

Hendri, H. (2021). Supply chain management dan value chain analysis produksi ampelas. Jurnal PASTI, 14(3), 310. https://doi.org/10.22441/pasti.2020.v14i3.008

Kiki Sapmala Marbun, Hasian Romadon Tanjung, S.Pd., M.Pd., Anni Rahima, S.Pd., M. P. (2021). Kesalahan berbahasa pada penulisan media luar ruang di Barus Tapanuli Tengah. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 2775–4693.

Kusumawati, A., & Santosa, P. B. (2013). Rantai nilai (value chain) agribisnis labu di Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. 2(4).

Lihawa, A., Uloli, H., & Rasyid, A. (2021). Analisis rantai nilai (value chain) pada komoditas jagung. Jambura Industrial Review (JIREV), 1(2), 94–103. https://doi.org/10.37905/jirev.1.2.94-103

Mouwn Erland. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March).

Muchendar, A., Aliudin, A., & Anggraeni, D. (2020). Peran sektor pertanian dalam perekonomian Provinsi Banten. Jurnal Agribisnis Terpadu, 13(2), 298–314. https://doi.org/10.33512/jat.v13i2.9875

Nugraheni, D. D., Oktyajati, N., & Widananto, H. (2022). Pemetaan dan analisis rantai nilai (value chain) produk batik pada sentra industri batik di Bayat, Klaten. Journal Industrial Engineering & Management (JUST-ME), 3(1), 28–35. https://doi.org/10.47398/just-me.v3i1.727

Nurdiani, N. (2014). Teknik sampling snowball dalam penelitian lapangan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1110. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2427

Pratama, S., Yuniar, T., Hendrawan, W. P., & Noviyanti, I. (2024). Pengaruh strategi inovasi terhadap penggunaan teknologi informasi dalam industri UMKM. Jurnal Bintang Manajemen (JUBIMA), 2(2), 50–60.

Pratiwi, Nuning. (2017). Penggunaan media video call dalam teknologi komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1(2), 202–224.

Puspitasari, A. I., Susbiyani, A., & Fitriya, E. (2020). Analisis rantai nilai (value chain analysis) sebagai upaya untuk meningkatkan keunggulan kompetitif bagi perusahaan (Studi empiris pada PT Indoroti Prima Cemerlang Cabang Jember). Jurnal Ekonomi, 2, 1–16.

Salim, A. S., Munzir, & Rahmat, Z. (2022). Peran guru pendidikan jasmani terhadap pembelajaran kepramukaan di SMAN 1 Baitussalam Aceh Besar (Vol. 3).

Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep populasi dan sampling serta pemilihan partisipan ditinjau dari penelitian ilmiah pendidikan. Jurnal IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55

Suseno, A., Arifin, J., & Sutrisno, S. (2020). Analisis value chain management pada usaha mikro kecil dan menengah di Indonesia. Go-Integratif: Jurnal Teknik Sistem dan Industri, 1(1), 24–33. https://doi.org/10.35261/gijtsi.v1i01.4294

Veronisa, V., Wati, N. L., & Halawa, S. O. (2022). Collaborative governance dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Teluk Sasah, Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia melalui corporate social responsibility. Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(2), 50–54. https://doi.org/10.59188/jcs.v1i2.11

Wijaya, M. (2019). Analisis rantai nilai dalam meningkatkan kinerja dan keunggulan kompetitif perusahaan. Media Informatika, 18(3), 122–128.

Wijiharjono, N. (2021). Manajemen Strategik: Pemikiran Michael Porter dan implikasinya bagi pengembangan ekonomi kreatif. Manajemen Pemasaran.

Zakia Harun, M., Manossoh, H., Diana Latjandu, Lady, Akutansi, J., Ekonomi dan Bisnis, F., Sam Ratulangi, U., & Kampus Bahu, J. (2023). Analisis biaya produksi dengan menggunakan metode variable costing dalam menentukan harga pokok produksi per jenis produk pada UD Lyvia Nusa Boga. Jurnal Riset Akuntansi, 18(2), 78–87. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/gc/article/download/49932/43516/117022

Downloads

Published

2025-06-29

How to Cite

Lailatul Rosaida, Bayu Wijayantini, & Maheni Ika Sari. (2025). Analisis Rantai Nilai (Value Chain) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif (Studi Kasus Pada UMKM Kripik Tempe Pecah 1000 di Desa Kaliboto Lor, Lumajang). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan, 6(3), 15. https://doi.org/10.53697/emak.v6i3.2693

Issue

Section

Articles