Analisis Minat Pengguna Aplikasi Bank Saqu Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model di Kota Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.53697/jkomitek.v5i1.2586Keywords:
Bank Saqu, Technology Acceptance Model, WarpPLS, Minat Penggunaan, Kepercayaan, Kendali PerilakuAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi minat penggunaan aplikasi Bank Saqu menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) yang diperluas dengan variabel eksternal, yaitu Trust (TR), Subjective Norm (SN), dan Perceived Behavioral Control (PBC). Bank Saqu merupakan layanan perbankan digital baru yang diluncurkan pada 20 November 2023 dan telah menarik jutaan pengguna dalam waktu singkat, meskipun fiturnya masih terbatas dibandingkan bank digital lainnya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner yang disebarkan kepada 400 responden di wilayah Surabaya. Analisis data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak WarpPLS. Model penelitian ini mencakup tujuh konstruk utama: Perceived Ease of Use (PEOU), Perceived Usefulness (PU), Attitude Toward Using (ATU), Trust (TR), Subjective Norm (SN), Perceived Behavioral Control (PBC), dan Intention to Use (ITU). Hasil analisis menunjukkan bahwa PEOU memiliki pengaruh signifikan terhadap PU dan ATU, PU berpengaruh signifikan terhadap ATU, serta TR dan PBC memiliki pengaruh signifikan terhadap ITU. Sebaliknya, PU, ATU, dan SN tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap ITU. Uji validitas konvergen dan diskriminan juga menunjukkan bahwa seluruh konstruk memenuhi kriteria validitas, dengan nilai outer loading ≥ 0,70 dan AVE ≥ 0,50. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan pengguna dan persepsi kendali diri dalam menggunakan aplikasi merupakan faktor kunci dalam mendorong minat penggunaan Bank Saqu, lebih dominan dibandingkan sikap pengguna atau tekanan sosial. Hasil ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi layanan digital dan peningkatan adopsi aplikasi bank digital
References
Bosnjak, M., Ajzen, I., & Schmidt, P. (2020). The theory of planned behavior: Selected recent advances and applications. Europe’s Journal of Psychology, 16(3), 352–356. https://doi.org/10.5964/ejop.v16i3.3107
Citra, A. P., & Kuswantoro, A. (2020). Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Administrasi Desa/SMARD. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 348–365. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.38999
Cochran Wiliam G. (1977). Sampling Techniques, Third Edition, by John Wiley & Sons. In Published in Canada (pp. 77–728).
Crystle Rampen, D. E., & Sihotang, J. I. (2021). Analisis Penggunaan Layanan Mobile Banking Terhadap Transaksi Pembayaran Menggunakan Metode Extended TAM. CogITo Smart Journal, 7(1), 85–95. https://doi.org/10.31154/cogito.v7i1.303.85-95
Desita, W., & Dewi, G. A. K. R. S. (2022). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, Promosi dan Fitur Layanan terhadap Minat Menggunakan Transaksi Non Cash pada Aplikasi Dompet Elektronik (E-Wallet). Jurnal Akuntansi Profesi, 13(1), 115–124.
Farhan, F. (2024). Pengaruh sikap, norma subyektif, persepsi kontrol perilaku, dan religiositas pada niat menggunakan layanan bank syariah. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 5(2), 197–210.
Fuady, I., Prasanti, D., & Indriani, S. S. (2020). Penerapan Teori Plan Behavior: Faktor yang Mempengaruhi Niat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jurnal Berkala Kesehatan, 6(1), 24. https://doi.org/10.20527/jbk.v6i1.8638
Handayani, S., & Saputera, S. A. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Penggunaan Sistem Kkn Online Dengan Pendekatan Tam. Journal of Technopreneurship and Information System (JTIS), 2(2), 53–58. https://doi.org/10.36085/jtis.v2i2.313
Herawaty, N., & Ovami, D. C. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Auditor Switching Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Indonesian Journal of Business Analytics, 1(2), 227–236. https://doi.org/10.54259/ijba.v1i2.76
Iskandar, J., Prasetya, A., Sari, Y. K., & Cahyono, T. A. (2022). Analisis Penerimaan Sistem Informasi Akademik Universitas Bhinneka Pgri Menggunakan Integrasi Model Tpb Dan Tam. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 7(1), 254–263. https://doi.org/10.29100/jipi.v7i1.2739
Istianah, I., Mailawati Ningrum, A., & Studi Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan dan Teknologi Universitas Binawan, P. (2023). Analisis Peningkatan Pengetahuan, Sikap, Norma Subjektif Tentang Stunting Pada Ibu Balita Dengan Media Audiovisual Tahun 2020. Jurnal Pangan Gizi Dan Kesehatan, 3(2), 57–64.
Junianto, D., & Sabtohadi, J. (2020). Pengaruh Sistem Perjanjian Kerja Waktu Tertentu Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Industri Pabrik Gula. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 9(1). https://doi.org/10.35906/je001.v9i1.423
Kurnia, R. A., & Tandijaya, T. N. B. (2023). Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Security Dan Trust Terhadap Intention To Use Aplikasi Jago. Jurnal Manajemen Pemasaran, 17(1), 64–72. https://doi.org/10.9744/jmp.17.1.64-72
Maulidiyah, N. F. A., Singasatia, D., & Sunandar, M. A. (2022). Analisis Pengaruh User Experience Terhadap Kepuasan Pengguna Mobile Application VLive Menggunakan Model SCSI. MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 2(2), 28–34. https://doi.org/10.57152/malcom.v2i2.398
Mirantika, N. (2022). Analisis Penerimaan Teknologi M-Commerce Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Pada Penjualan Retail di Kabupaten Kuningan. Nuansa Informatika, 16(1), 161–171. https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i1.5236
Munir, A., Cahya Ramadina, I., Hemelia Syahputri, D., & Dwi Hendrawan, T. (2022). Penerapan Model Utaut Untuk Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Dan Perilaku Penggunaan Sistem Informasi Eksekutif Di Pt Hibex Indonesia. Nilai, 1(1), 50–55.
Nurdin, N., Musyawarah, I., Nurfitriani, N., & Jalil, A. (2020). Pengaruh Pelayanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Palu). Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 2(1), 87–104. https://doi.org/10.24239/jipsya.v2i1.24.87-104
Pradita, L. A., & Munari. (2021). Pengaruh Attitude, Subjective Norms, Perceived Behavioral Control, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Subsidy Terhadap Minat Penggunaan Financial Technology Pada E-Commerce. Equilibrum, 10(1), 9–23.
Prasetya, H., & Putra, S. E. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat Dan Risiko Pada Minat Penggunaan E-Money Di Surabaya. Jurnal Dinamika Ekonomi Dan Bisnis, 17(02), 151–158.
Sari HR, G. I., Fermayani, R., & Harahap, R. R. (2020). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Kota Padang). Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian Dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 6(2). https://doi.org/10.31869/me.v6i2.1816
Sari, N. P. (2020). Pengaruh Modal Intelektual Terhadap Kinerja Bisnis Pada UKM di Kabupaten Sidoarjo (Studi Empiris pada UKM di Bidang Industri). Jurnal Akuntansi Unesa, 8(3), 1–8.
Sodik, F., Nur Zaida, A., & Zulmiati, K. (2022). Analisis Minat Penggunaan pada Fitur Pembelian Mobile Banking BSI: Pendekatan TAM dan TPB. Journal of Business Management and Islamic Banking, 1(1), 35–53. https://doi.org/10.14421/jbmib.2022.011-03
Sutisna, N., & Sutrisna. (2023). Implementasikan Sistem Informasi dalam Mendukung Perilaku Pembelian Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 20–30. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i1.343
Vahlevi, R., & Indra Vitaharsa, L. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Di Bank Bni Kcu Daan Mogot. Jurnal Sosial Sains, 2(9), 1060–1069. https://doi.org/10.36418/jurnalsosains.v2i9.480
Wirawan, R., Mildawati, T., & Suryono, B. (2022). Determinan Pengambilan Keputusan Investasi Berdasarkan Norma Subjektif, Kontrol Perilaku, Dan Perilaku Heuristik. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 6(1), 43–57. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2022.v6.i1.5163
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Septia Dea Rosita, Lisa Dwi Anggraini, Fiona Christina Subianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.