Analisis Manajemen Strategi Harian Kompas dalam Menghadapi Transformasi Digital

Authors

  • Rinaya Triananda Saradewi Universitas Padjadjaran
  • Pandan Yudhapramesti Universitas Padjadjaran
  • Abie Besman Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.53697/jkomitek.v5i1.2432

Keywords:

Manajemen Strategi, Transformasi Digital, Media Cetak, Harian Kompas

Abstract

Koran Harian Kompas merupakan salah satu media cetak terbesar di Indonesia yang telah eksis selama hampir enam dekade. Dalam menghadapi tantangan era digital yang membawa perubahan perilaku konsumen dan pesatnya perkembangan teknologi, Harian Kompas dituntut untuk bertransformasi agar tetap relevan dan berdaya saing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen strategi yang diterapkan Harian Kompas dalam menghadapi transformasi digital, serta bagaimana Kompas mampu mempertahankan eksistensinya di tengah persaingan media daring. Penelitian ini menggunakan konsep manajemen strategi media oleh Sylvia M. Chan-Olmsted, dengan pendekatan kualitatif melalui analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harian Kompas menghadapi tantangan baik dari faktor eksternal, seperti perubahan karakteristik khalayak dan kompetisi media digital, maupun faktor internal seperti adaptasi teknologi dan pengelolaan sumber daya manusia. Untuk menjawab tantangan tersebut, Kompas menerapkan berbagai strategi inovasi seperti transformasi konten ke platform digital, pengembangan Kompas.id, serta penyesuaian budaya kerja di ruang redaksi. Dengan langkah-langkah tersebut, Harian Kompas berhasil mempertahankan eksistensinya sebagai media terpercaya di era digital.

References

About Us - Kompas.com. (n.d.). https://inside.kompas.com/about-us

APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. (2024). 07 February 2024. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–3.

Cetak Di Era Konvergensi. Prosisko: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, 4(1).

Chan-Olmsted, S. M. (2006). Handbook of Media Management and Economics.

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan transformasi teknologi digital. Jurnal Ilmiah Infokam, 15(2).

Erwin, E., Pasaribu, A. W., Novel, N. J. A., Thaha, A. R., Adhicandra, I., Suardi, C., ... & Syafaat, M. (2023). Transformasi Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Handbook of Media Management and Economics. https://doi.org/10.4324/9781410615589

Haq, A. D., & Fadilah, E. (2018). Transformasi Harian Kompas Menjadi Portal Berita Digital Subscription Kompas.Id. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(2).

Hutomo, M. S. (2020). Bertahan untuk hidup: konvergensi pers cetak dalam industri digital media. CARAKA: Indonesia Journal of Communication, 1(1).

Khaer, A., Khoir, N., & Hidayati, Y. A. (2021). Senjakala Media Cetak: Tantangan Jurnalisme Cetak di Era Digital. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 2(3), 324–331. https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i3.3080

Khalid, I. (2019). Kredibilitas media cetak dan media online. Jurnal Penelitian.

Maulana, A. H., & Prasetijowati, T. (2022). Analisis Bisnis Media Online “Kompas.Com.” Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper “Peran Perempuan Sebagai Pahlawan Di Era Pandemi” PSGESI LPPM UWP, 9(01), 223–232. https://doi.org/10.38156/gesi.v9i01.148

Mr. Koneru Tatikonda. (2023). Print Media v/s Electronic Media: A Need for Introspection. Apricus Journals, 2(3), 1–9. https://doi.org/10.1080/14241277.2013.785883

Nahla Hutama, D., & Asriwandari, H. (n.d.). The Existence of Print Newspaper in the Middle of Media Digitalization in Two Newspaper Companies in Pekanbaru (Vol. 10).

Nic Newman with Richard Fletcher, Kirsten Eddy, Craig T. Robertson, and R. K. N. (2023). Reuters Institute Digital News Report. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Oktaviani, E., Asrinur, A., Prakoso, A. W. I., & Madiistriyatno, H. (2023). Transformasi Digital Dan Strategi Manajemen. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis, 16(1), 16–26.

Panggabean, A. N. (2021). Memahami dan mengelola transformasi digital.

Sejarah Kompas - Korporat. (n.d.). https://korporasi.kompas.id/tentang-kompas/sejarah-kompas/

Sembiring, J., & Fatihudin, D. (2020). Manajemen Strategi. www.google.com

Siswanto, S. (2017). Efek Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi (ICT) Pada Media Sosial Keagamaan, 9, 84–105. www.ejournal.annadwahkualatungkal.ac.id

Suhadi, A. (2022). Eksistensi Koran Cetak Di Tengah Digitalisasi Media Pada Dua Perusahaan Koran Di Pekanbaru. JOM FISIP, 9(2), 1–15.

Sularto, S. (Ed.). (2007). Kompas: Menulis dari Dalam. Kompas Media Nusantara.

Widagdhaprasana, M., Syahadin, A., Dahana, B., Malang, K., Depok, K., Sleman, K., & Yogyakarta, D. I. (2024). Transformasi Model Bisnis Media Di Era Digital: Dari Konvergensi ke Digitalisasi. Jurnal Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas BSI Bandung, 11(2), 9–10.

Downloads

Published

2025-05-10

How to Cite

Rinaya Triananda Saradewi, Pandan Yudhapramesti, & Abie Besman. (2025). Analisis Manajemen Strategi Harian Kompas dalam Menghadapi Transformasi Digital. Jurnal Komputer, Informasi Dan Teknologi, 5(1), 10. https://doi.org/10.53697/jkomitek.v5i1.2432

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.