Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Kawasan Wisata Carocok Painan
DOI:
https://doi.org/10.53697/iso.v4i1.1776Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Loyalitas, Pengunjung, Pantai CarocokAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung dalam mengatasi permasalahan penurunan angka kunjungan pengunjung ke obyek wisata Carocok Painan serta kerusakan sarana prasarana yang dapat menganggu pengunjung. Penyebab penelitian ini adalah penurunan angka kunjungan pengunjung ke obyek wisata Carocok Painan serta sarana dan prasarana yang sudah rusak parah dan menyebabkan pengunjung enggan untuk mengunjungi objek wisata Pantai Carocok sehingga diperlukan perbaikan baik dalam sarana dan prasarana maupun dalam kualitas pelayanan untuk meningkatkan kepuasan pengunjung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Teknik analisis data menggunakan SEM Partial Least Square (PLS) dengan aplikasi Smart PLS 3.0. Pemilihan sampel dalam penelitian ini didasarkan pada pengunjung yang pernah mengunjungi minimal 1 kali ke Kawasan Wisata Carocok Painan. Data yang diperoleh melalui kuisioner yang dibagikan kemudian diolah dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung.
References
Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS): Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) Dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: C.V Andi Offsct.
Adhika Sugato Kalyana Puthijjana, I. W. S. & N. M. O. karini. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan terhadap loyalitas wisatawan yang berkunjung ke bounty. Jurnal Analisis Pariwisata, 20(1), 49–61.
Agarwal, R., & Dhingra, S. (2023). Factors influencing cloud service quality and their relationship with customer satisfaction and loyalty. Heliyon, 9(4), e15177. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15177
Aryani, D., & Rosinta, F. (2010). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, 17(2), 114–126. https://doi.org/10.20476/jbb.v17i2.632
Aristiani, P. N. ;, & Yenita. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Penumpang Dan Dampak Terhadap Loyalitas Penumpang Pengguna Jasa Transportasi Kereta Api Pelabuhan Merak - Rangkasbitung. Jurnal Perkeretaapian Indonesia (Indonesian Railway Journal), 7(1), 32–38.
Asmar, Y. (2016). Di Kawasan Wisata Goa Selomangleng Kota Kediri Dengan Pendekatan Loyalty With the Services in the Tourist Area Selomangleng Cave Kediri. Statistika, Jurusan Matematika, Fakultas Ilmu, D A N Alam, Pengetahuan.
Arya Pering, I. M. A. (2020). Kajian Analisis Jalur Dengan Structural Equation Modeling (Sem) Smart-Pls 3.0. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 3(2), 28–48. https://doi.org/10.47532/jis.v3i2.177
Bishnu Prasad Lamsal, & Anil Kumar Gupta. (2021). Citizen Satisfaction with Public Service: What Factors Drive? Policy & Governance Review. https://doi.org/10.30589/pgr.
Chiu, M., & Lin, C. (2022). Journal of Innovation. Journal of Innovation & Knowledge, 7(4), 100264. https://doi.org/10.1016/j.jik.2022.100264
Hair, J. F. H., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2018). The Results of PLS-SEM Article information. European Business Review, 31(1), 2–24.
Hati, S. W., & Juliati, A. (2019). Analisis Pengaruh Logistics Service Quality Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Perusahan Logistik Jalur Nugraha Ekakurir (Jne). JURNAL AKUNTANSI, EKONOMI Dan MANAJEMEN BISNIS, 7(2), 240–249. https://doi.org/10.30871/jaemb.v7i2.1592
Harsoyo, H., & Suparno, S. (2021). Public Satisfaction With Public Services (Study At The Department Of Population nd Civil Registration Of Semarang City). Jurnal Sosial Humaniora, 14(1), 123. https://doi.org/10.12962/j24433527.v14i1.8447
Hidayah, R. T., & Utami, E. M. (2023). Peningkatan Intensi Loyalitas Wisatawan Melalui Pengalaman Berwisata Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark. Jurnal Riset Entrepreneurship, 6(1), 1. https://doi.org/10.30587/jre.v6i1.5076
Joseph F. Hair et al., “When to Use and How to Report the Results of PLS-SEM,” European Business Review 31, no. 1 (2019): 2–24, https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203.
Karim, H., & Abror, A. (2019). Pengaruh dimensi kualitas jasa terhadap minat mengunjungi kembali wisatawan pada objek wisata pantai carocok Painan. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 8(1). https://doi.org/10.24036/jkmb.10884500
Kuntoro, A. Y., Hasan, M. A., Saputra, D. D., & Riana, D. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Fixpay Menggunakan SEM Dengan PLS. Jurnal Informatika, 6(1), 122–133. https://doi.org/10.31311/ji.v6i1.5527
Lara. (2022). Faktor Penentu Loyalitas Pelanggan PT Nabawi Mulia Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif Menggunakan PLS SEM. Jurnal IKRAITH-ABDIMAS, 5(2), (8.5.2017), 2003–2005. www.aging-us.com
Mahyardiani, R. R., Hartoyo, H., & Krisnatuti, D. (2020). Menguji Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Rsia Budi Kemuliaan Menggunakan Bauran Pemasaran. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.17358/jabm.6.1.1
Noval, T. G., & Komaini, A. (2020). Tingkat kepuasan pengunjung di objek wisata Pantai Carocok Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Stamina, 3(7), 612–626. http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/588
Pratama, I. P., & Helma, H. (2019). Analisis Kepuasan Pengunjung Terhadap Pelayanan Wisata Pantai Tan Sirdano Kabupaten Pesisir Selatan Menggunakan Customer Satisfaction Index Dan Importance Performance Analysis. UNP Journal of Mathematics, 2(4), 12–17. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/mat/article/view/7917
Pujiastuti, E. E. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Memorable Tourism Experience Terhadap Kepuasan Serta Loyalitas Wisatawan Pada Kondisi Menuju New Normal. Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2), 269. https://doi.org/10.52423/bujab.v7i2.28969
Pujiastuti, E. E. (2020). Pengaruh Pengalaman Wisatawan Terhadap Kepuasan Dan Kepercayaan Serta Niat Berkunjung Kembali. DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 5(2), 185–201. https://doi.org/10.36636/dialektika.v5i2.465
Rahadi, D. R. (2023). Pengantar Partial Least Squares Structural Equation Model (PLS-SEM). CV. Lentera Ilmu Madani, August.
Septyarani, T. A., & Nurhadi, N. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 7(2), 218–227. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v7i2.15877
Siregar, Syofian. (2012). Statistik Deskriptif Untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Depok: Rajawali Pers, Ed-1, kw-3.
Sugiyono (2013) Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian . Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ciyeng Aprilorenza, Iip Permana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.