Partisipasi Politik Generasi Milenial Pada Pemilihan Presiden 2024 di Kota Padang

Authors

  • Siti Wahyuni Universitas Negeri Padang
  • M. Fachri Adnan Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.53697/iso.v4i2.1831

Keywords:

Generasi Milenial, Partisipasi Politik, Pemilihan Presiden

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecenderungan generasi milenial yang kurang terlibat dalam politik. Meskipun mereka menggunakan hak pilih saat pemungutan suara, keterlibatan dalam diskusi isu-isu pemilu dan sebagai panitia penyelenggara masih minim. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tingkat partisipasi politik generasi milenial serta hubungannya dengan jenis kelamin dan pekerjaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Lokasi penelitian adalah di Kota Padang. Populasi penelitian adalah generasi milenial berusia 28-43 tahun, dengan sampel sebanyak 100 responden yang dipilih melalui teknik Multistage Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket atau kuesioner. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan korelasi Pearson. Hasil menunjukkan bahwa tingkat partisipasi politik generasi milenial pada pemilihan presiden 2024 di Kota Padang hanya 29,48% yang tergolong rendah. Namun, jika dilihat lebih detail partisipasi tertinggi ada pada kegiatan voting, dengan rata-rata 81,62% yang berada pada kategori sangat tinggi. Kemudian, keterlibatan dalam diskusi politik sebesar 41,8% dan kegiatan kampanye sebesar 54,98% dengan kategori sedang. Kemudian keterlibatan sebagai relawan paslon (1%), anggota KPPS (12%), saksi pemilu (13%), dan pengawas TPS (2%) dengan kategori sangat rendah. Selanjutnya hubungan antara jenis kelamin dan partisipasi politik menunjukkan korelasi negatif yang sangat lemah, dengan nilai Pearson Correlation sebesar -0,122. Selain itu, nilai signifikansi sebesar 0,225 menunjukkan bahwa hubungan ini tidak signifikan secara statistik. Kemudian hubungan antara pekerjaan dan partisipasi politik juga menunjukkan korelasi negatif yang sangat lemah dengan nilai Pearson Correlation sebesar -0,003. Ini berarti perubahan dalam jenis pekerjaan hampir tidak mempengaruhi partisipasi politik. Nilai signifikansi sebesar 0,974 menunjukkan bahwa hubungan ini tidak signifikan secara statistik.

References

Balsys, P. (2022). Social Integration of Millenial Generation in the Lithuanian Armed Forces - What Cultural Challenges are Waiting for Organization to Retain Individuals in the Military Service? Challenges to National Defence in Contemporary Geopolitical Situation, 2022(1), 162–168. https://doi.org/10.47459/cndcgs.2022.20

Adnan, M. F., Dalle, J., Malau, H., & Yvanka, V. (2021). The Influence of social media and Public Policy on Public Political Participation in Handling COVID-19 Pandemic: A Study from Indonesian Domestic and Overseas Youngsters’ Perspective. Croatian International Relations Review, 27(87), 133–159. https://doi.org/10.2478/CIRR-2021-0006

Anggraini, M. (2019). Pengaruh Politik Uang Terhadap Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kabupaten Dharmasraya Pada Pilkada Serentak 2015 diakses 28 juni 2022. MENARA Ilmu, 13(9), 72–85. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/1556

Budiwanto, S. (2017). Metode Statistika: Untuk Mengolah Data Keolahragaan. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang 2017, 1–233.

Deliana, Y. (2020). Identification baby boomer and millenial generation in buying dried mango. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management.

Fuchs, C. (2014). Social media and the public sphere. TripleC, 12(1), 57–101. https://doi.org/10.31269/vol12iss1pp57-101

Hilty, D. M. (2018). Social Media/Networking and Psychiatric Education: Competencies, Teaching Methods, and Implications. Journal of Technology in Behavioral Science, 3(4), 268–293. https://doi.org/10.1007/s41347-018-0061-7

Larkin, M. (2014). How the rise of the millenial generation could mean changes in the way veterinarians do business. Journal of the American Veterinary Medical Association, 245(9), 975–981.

Mashuri, M. A. (2019). Motives and construction of independence, competence, and innovation millenial generation in electronic. Opcion, 35, 1556–1571.

Musa Karim, A., Wibawa, A., & Toko Arisanto, P. (2020). Partisipasi Politik Pemilih Pemula Di Media Sosial (Studi Deskriptif Tingkat Dan Pola Politik Partisipatif Gen-Z Kota Yogyakarta Melalui Pemanfaatan Aplikasi Instagram Tahun 2019). Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(2), 116–131. https://doi.org/10.23969/paradigmapolistaat.v3i2.3093

Nur Iqrima, Amrazi Zakso, S. (2019). Tingkat Partisipasi Politik Pemilih Pemula Pada Pilkada Gubernur. Proceedings International Conference on Teaching and Education (ICoTE), 2(2), 256–261.

Pandiangan, A. (2019). Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (Kpps) Pemilu 2019: Tanggungjawab Dan Beban Kerja. The Journal of Society & Media, 3(1), 17. https://doi.org/10.26740/jsm.v3n1.p17-34

Patmisari, A. G. (2019). PENGARUH GENDER TERHADAP KESADARAN POLITIK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. JIPPK, 4, 5–10.

Polii, E. Z. F., Pati, A. B., & Potabuga, J. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Partisipasi Politik Kaum Milenial Dalam Pemilihan Umum di Kecamatan Tareran Kabupaten Minahasa Selatan Tahun 2019. Jurnal Politico, 9(3), 1–7. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/politico/article/view/30759

Riyanti, R., Hukum, F., Pahlawan, U., Tambusai, T., Luthfi, A., Pahlawan, U., Tambusai, T., Rohana, D., Hukum, F., & Krisnadwipayana, U. (2023). Peran Generasi Muda dalam Pendidikan Politik untuk Meningkatkan Partisipasi Politik. Themis: Jurnal Ilmu Hukum, 1(1), 26–31.

Roland, H., Sitorus, P., & Ivanna, J. (2024). Partisipasi Mahasiswa Sebagai Kaum Intelektual Dalam Mencegah Money Politik Pada Pemilu 2024 di Universitas Pendidikan Indonesia. 3, 4696–4702.

Rosalina, et al. (n.d.). BUKU AJAR STATISTIKA (Eliza (Ed.)). CV. MUHARIKA RUMAH ILMIAH.

Salman Farid, A. (2023). Penggunaan Media Sosial Dalam Kampanye Politik Dan Dampaknya Terhadap Partisipasi Politik Dan Persepsi Publik. QAULAN Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 45–50.

Saputro, R. H. (2023). Gaining Millenial and Generation Z Vote: Social Media Optimization by Islamic Political Parties. Res Militaris, 13(1), 323–336.

Sayyed, B. J. W. (2020). Social Media Impact: Generation Z and Millenial on the Cathedra of Social Media. ICRITO 2020 - IEEE 8th International Conference on Reliability, Infocom Technologies and Optimization (Trends and Future Directions), 595–600. https://doi.org/10.1109/ICRITO48877.2020.9197995

Sulistyawati Wiwik, W. & S. T. (2022). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Blended Learning Saat Pandemi Covid-19 (Deskriptif Kuantitatif Di Sman 1 Babadan Ponorogo).

KadikmA, 13(1), 68. https://doi.org/10.19184/kdma.v13i1.31327

Sulistyowati, D., & Yakub, A. (2024). REFLEKSI PARTISIPASI PEMUDA SEBAGAI PENYELENGGARA PEMILU 2019 DI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG MENUJU PEMILU 2024. 6(8).

Sutami, Sultan Afrian, Marlien, W. (2022). Partisipasi Politik Masyarakat Pada Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Tahun 2020. Eksekutif, 2(3), 1–11.

Yolency. (2024). Peran Penting Gen Z dan Milenial Menuju Tatanan Politik Baru pada Pemilu 2024. Https://Tubankab.Go.Id/. https://tubankab.go.id/entry/peran-penting-gen-z-dan-milenial-menuju-tatanan-politik-baru-pada-pemilu-2024#:~:text=Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah,persen pemilih dari generasi milenial

Zheng, Y. (2016). Affordances of social media in collective action: The case of Free Lunch for Children in China. Information Systems Journal, 26(3), 289–313. https://doi.org/10.1111/isj.12096

Zulhendra, J. (2019). Strategi Pelibatan Masyarakat Dalam Pengawasan Pemilu Di Indonesia. 7, 30–37.

Downloads

Published

2024-08-21

How to Cite

Wahyuni, S., & Adnan, M. F. (2024). Partisipasi Politik Generasi Milenial Pada Pemilihan Presiden 2024 di Kota Padang. Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 4(2), 1–18. https://doi.org/10.53697/iso.v4i2.1831

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.