Analisis Implementasi Konsep Creating Shared Value dalam Komunikasi CSR PT. Bank Rakyat Indonesia

Authors

  • Muhammad Luthfi Afdhal Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Iman Mukhroman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ikhsan Ahmad Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.53697/iso.v4i2.1878

Keywords:

Analisis, Creating Shared Value, Komunikasi, CSR, BRI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi konsep Creating Shared Value (CSV) dalam upaya komunikasi CSR oleh PT Bank Rakyat Indonesia dalam Program TJSL BRI Peduli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan lebih berfokus pada pemahaman terhadap proses dan dampak yang dihasilkan dari implementasi CSR). Subjek dalam penelitian ini adalah individu-individu yang memenuhi kriteria tersebut. Mereka adalah individu-individu yang terlibat dalam program "Wirausaha Muda BRIliant" PT. Bank Rakyat Indonesia, khususnya dari bagian Public Relations yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan program ini. Dalam penelitian ini, peneliti memilih untuk menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara mendalam (intensive/depth interview). Selain menggunakan wawancara mendalam, peneliti juga menggunakan teknik observasi dalam penelitian ini. Temuan Menunjukkan bahwa PT. Bank Rakyat Indonesia Secara Aktif Mendorong Perluasan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Seluruh Indonesia. Hal ini dicapai, sebagian, melalui program wirausaha muda berprestasi (PMB), salah satu dari berbagai inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaku usaha. Implementasi CSV dalam CSR pada program TJSL BRI Peduli telah menerapkan konsep keberlanjutan pada setiap usaha UMKM. Hal ini menyebabkan UMKM yang mengikuti kegiatan tersebut dapat merasakan dampak peningkatan usahanya.

References

Ardiyanto, I. (2022). Created Shared Value (CSV): Transformasi Baru untuk Pemberdayaan Masyarakat dan Keberlanjutan. Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 232–248. https://doi.org/10.35760/mkm.2022.v6i2.7431

Arifin, M., Hafidhah, H., & Rofik, M.

(2022). Model Komunikasi CSR Perusahaan BUMN di Indonesia; Pendekatan Social Network Analysis. J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah), 5(1), 1–13. https://doi.org/10.52266/jesa.v5i1.1005

Bungin, B. (2016). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Putra Grafika.

Hereyah, Y., & P, H. A. (2019). Corporate

Social Responsibility Program of BRI Peduli for Increasing the Image of PT Bank Rakyat Indonesia. JCommsci - Journal Of Media and Communication Science, 1(3), 120–131.https://doi.org/10.29303/jcommsci.v1i3.51.

Kriyantono, R. (2016). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Perusahaan-Perusahaan di Indonesia Tahun 2017. Scriptura, 9(2), 51–58. https://doi.org/10.9744/scriptura.9.2.51-58

Poerwandari, E. K. (2015). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Psikologi...

Porter, M. E. (2013). Creating Shared Value as Business Strategy. Boston: Shared Value Leadership Summit.

Porter, M. E. (2014). Creating Shared Value: Becoming a Movement. New York: Shared Value Leadership Summit.

Porter, M. E., & Kramer, M. R. (2015). Creating Shared Value: How to Reinvent Capitalism and Unleash A Wave of Innovation and Growth. Boston, MA: Harvard Business Review.

Rijkie, K. M., Alhumaira, B. S. F., Pratama, A. B., & Nur, S. (t.t.-a). Penerapan Konsep Creating Shared Value pada Program Corporate Social Responsibility PT Pertamina EP Donggi Matindok Field. 3(1).

Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 106, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4756).

Untung, H. B. (2008). Corporate Social Responsibility. Jakarta: Sinar Grafika.

Vincent, J. W. (2006). Basics of Community Development. Community Development Council.

Wibisono, Y. (2007). Membedah Konsep & Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility). Jakarta: PT. Gramedia.

Zebua, W. D. A. (2019). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) pada Program Pinkvoice oleh Starbucks Indonesia

Downloads

Published

2024-12-03

How to Cite

Muhammad Luthfi Afdhal, Iman Mukhroman, & Ikhsan Ahmad. (2024). Analisis Implementasi Konsep Creating Shared Value dalam Komunikasi CSR PT. Bank Rakyat Indonesia. Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 4(2). https://doi.org/10.53697/iso.v4i2.1878

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.