Peran Instagram sebagai Media Promosi Pariwisata & Kuliner di Provinsi Lampung (Studi pada akun Instagram @Riobythebeach & Seruitbuklin)
DOI:
https://doi.org/10.53697/iso.v4i2.1943Keywords:
Komunikasi Pemasaran, InstagramAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan media sosial Instagram sebagai sarana promosi untuk Pantai Rio By The Beach dan Kuliner Seruit Buk Lin. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus untuk meneliti Pantai Rio By The Beach dan Kuliner Seruit Buk Lin. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Analisis menunjukkan bahwa faktor yang mendorong penggunaan Instagram sebagai media promosi adalah fitur iklan yang menarik, kemudahan promosi produk, efisiensi biaya, segmentasi pasar yang sesuai, dan minat masyarakat terhadap Instagram yang tinggi. Analisis promosi produk melalui Instagram dengan review pelanggan dan posting menu yang dijual. Instagram efektif digunakan untuk promosi karena merupakan media sosial yang populer di semua kalangan, dilengkapi fitur pencarian lokasi dan produk melalui hashtag.References
Alyas, & Rakib, M. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dalam Penguatan Ekonomi Kerakyatan (Studi Kasus pada Usaha Roti Maros di Kabupaten Maros). Sosiohumaniora, 19(2), 114–120. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v19i2.12249
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Pendidikan Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Atmoko, Dwi Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita
Azeez, S. J. (2019). Contribution of social media in promoting promotion of tourism services (A field study of a sample of tourist companies in the holy city of Karbala). Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 11(1), 1748–1753. https://www.scopus.com/inward/record.uri?partnerID=HzOxMe3b&scp=85071009813&origin=inward
Detik.com. 22 Juni 2024. Pantai Rio By The Beach, Wisata Baru di Lampung Selatan yang Mempesona. https://www.detik.com/sumbagsel/wisata/d-7402960/pantai-rio-by-the-beach-wisata-baru-di-lampung-selatan-yang-mempesona
Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung. 15 November 2023. Lampung tembus 10 Juta Wisnus, Urutan ke-3 Capaian Tertinggi di Sumatera. https://disparekraf.lampungprov.go.id/detail-post/lampung-tembus-10-juta-wisnus-urutan-ke-3-capaian-tertinggi-di-sumatera
Febriyani, A. R. (2023). Analysis of Pracima Tuin’s Tourism Promotion via Instagram (Virtual Ethnographic at @pracima.mn). E3S Web of Conferences, 448. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202344802012
Framuditya Bagas Saputra 1, Amyra Syalsabila 2, Yurni Fadhillah 3, Ricky Firmansyah 4 (2023). Peran Sosial Media Instagram Sebagai Media Komunikasi Bisnis Dalam Peningkatan Penjualan Perusahaan Mangkok Manis. Jurnal Kajian dan Penelitian Umum. Vol.1, No.3 Juni 2023.e-ISSN: 2985-8666; p-ISSN: 2985-9573, Hal 66-77. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v1i3.199
Hendriyani, I. G. A. D. (2023). “Siaran Pers: Menparekraf: Wisata Kuliner Jadi Salah Satu Daya Tarik Utama Destinasi Kota di Indonesia”. https://www.kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-menparekraf-wisata-kuliner-jadi-salah-satu-daya-tarik-utama-destinasi-kota-di-indonesia diakses pada 4 September 2024.
Lopez-Ortiz, D. M. (2023). Tourism Promotion Using Social Networks: A Systematic Review. Proceedings of the International Conference on Tourism Research, 2023, 158–165. https://www.scopus.com/inward/record.uri?partnerID=HzOxMe3b&scp=85178266527&origin=inward
Majid, G. M. (2019). A Study on “Tourism Ambassadors” in Indonesia Content Analysis, Instagram Accounts, and Tourism Promotion Strategy. 5th International Conference on Information Management, ICIM 2019, 317–326. https://doi.org/10.1109/INFOMAN.2019.8714684
Martínez-Rolán, X. (2019). Instagram as a network for the promotion and hypermediation of rural tourism: The case of aldeias históricas. Revista Latina de Comunicacion Social, 74, 1610–1632. https://doi.org/10.4185/RLCS-2019-1401en
Mele, E. (2021). Analyzing cultural tourism promotion on Instagram: a cross-cultural perspective. Journal of Travel and Tourism Marketing, 38(3), 326–340. https://doi.org/10.1080/10548408.2021.1906382
Reliablesoft.com. 25 Februari 2024. What is a Digital Marketing Sales Funnel & How it Works. https://www.reliablesoft.net/digital-marketing-funnel/
Scissons, M. , Sim, H., & Vo, J. 2014. Flashtock’s Instagram Marketing Strategy, E- book.https://instagrampartners.com/wpcontent/uploads/2015/11/Flashstocks- Instagram-Marketing-Strategy-E-book2015-1.pdf
Setiyorini, A., Farida, U., & Kristiyana, N. (2018). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial, Word of Mouth, Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Obyek Wisata Gunung Beruk Karangpatihan Balong. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2(2), 12. https://doi.org/10.24269/iso.v2i2.185
Tresnawati, Yuni, Kurniawan Prasetyo. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bisnis Kuliner. Journal of New Media and Communication April 2022, Vol. 1, No. 1, pp. 43-57.
Tugores-Ques, J. (2023). Promotion of urban tourism: An analysis of customer engagement on Instagram in two Spanish cities. Handbook of Customer Engagement in Tourism Marketing, 86–98. https://doi.org/10.4337/9781802203943.00015
Yusuf, Muhammad. 2017. 1 Jam Membuat Toko Online dengan Joomla Virtuemart, Yogyakarta: Expert
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Selly Nur Fitriani, Ibrahim Besar, Pratiwi Rahma Dea Valentina, Virginia Swastika, Priska Putri Christiane

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.