Peran Komunikasi Word of Mouth Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Tentang Pentingnya Pendidikan di Kelurahan 13 Ulu Palembang
DOI:
https://doi.org/10.53697/iso.v5i1.2372Keywords:
Komunikasi Word of Mouth, Kesadaran Masyarakat, Pendidikan, Kelurahan 13 Ulu PalembangAbstract
Penelitian ini berjudul “Peran Komunikasi Word Of Mouth Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Tentang Pentingnya Pendidikan Di Kelurahan 13 Ulu Palembang”. Komunikasi memiliki peran penting dalam membangun kesadaran masyarakat mengenai berbagai isu sosial, termasuk pentingnya pendidikan. Salah satu bentuk komunikasi yang efektif dalam menyebarkan informasi adalah komunikasi word of mouth, yang terjadi secara alami melalui interaksi antar individu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana peran komunikasi word of mouth dalam meningkatkan kesadaran masyarakat kelurahan 13 ulu Palembang tentang pentingnya pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan warga dan tokoh masyarakat. Selain itu, observasi langsung dilakukan untuk memahami bagaimana WOM bekerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi word of mouth berperan signifikan dalam meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya pendidikan. Informasi yang disampaikan oleh individu yang dipercaya lebih mudah diterima dan berdampak pada perubahan pola pikir serta sikap terhadap pendidikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa komunikasi word of mouth dapat menjadi strategi komunikasi yang efektif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pendidikan.
References
Abdilah, F., & Burhanuddin, Y, (2019). “Al-Qur’an Hadis Madrasah Ibtidaiyah Kelas VI”, Jakarta, 2019
Amorrista, A. (2023). “Apa Itu Filsafat? Menelisik Ilmu Filsafat Yang Kerap Dianggap Istimewa Dan Induk Dari Semua Ilmu Pengetahuan”, Yogyakarta: PT Anak Hebat Indonesia, 2023
Fahrurrozi, A. W. (2023). “Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar”, Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca, 2023
Hasanah, H., Syahfitri, F., Pujahadi, T. (2021). “Sosialisasi Tentang Pentingnya Pendidikan Tingkat Perguruan Tinggi Kepada Masyarakat Desa Jaring Halus”, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 2 No. 1, April 2021Syamsiah, H., & Utami, M. P. (2023). “Pendekatan Emosional Masyarakat Desa Negara Batin II Untuk Meningkatkan Kesadaran Pentingnya Pendidikan Bagi Anak”, Jurnal Diajar, Vol. 2 No. 1, Januari 2023
Hidayat, T. (2021). “Filsafat Pendidikan”, Sumatera Barat: Insan Cendikia Mandiri, 2021
Khafidah, W. (2023). “Ulumul Hadist”, Jawa Tengah: PT Nasya Expanding Management, 2023
Khairuddin, A., & Nasution, T. (2023). “Pengantar Sosiologi Pendidikan”, Medan: Merdeka Kreasi Group, 2023
Kharimah, I. N. (2024). “Peran Komunikasi Persuasif Dalam Membina Kedisiplinan Siswa Di SMPN 17 Oku Desa Marga Mulya Kabupaten Ogan Komering Ulu”, Skripsi, UIN Raden Fatah Palembang, 2024
Koesomowidjojo, S. R. M. (2021). “Dasar-Dasar Komunikasi”, Jakarta: Penerbit Bhuana Ilmu Populer, 2021
Kotler, P. (2017). “Marketing 4.0: Moving From Taditional To Digital”, Canada: Simultaneously, 2017
Latief, R. (2018). “Word Of Mouth Communication Penjualan Produk”, Surabaya: Media Sahabat Cendikia, 2018
Mardalis. (2020). “Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal”, Jakarta: Bumi Aksara, 2020
Masruroh, L. (2020). “Komunikasi Persuasif Dalam Dakwah Konteks Indonesia”, Surabaya: PT Scopindo Media Pustaka, 2020
Milyane, T. M. (2022). “Pengantar Ilmu Komunikasi”, Bandung: Penerbit Widina Bhakti Persada, 2022
Moleong, L. J. (2022). “Metodologi Penelitian Kualitatif”, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2022
Muhsin, N. (2020). “Hadis Tarbawi”, Banda Aceh: Ar-Raniry Press, 2020
Pujileksono, S. (2016). “Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif”, Malang: Intrans Publishing, 2016
Rakhmat, J. (2019). “Retorika Modern Pendekatan Praktis”, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2019
Sastrawijaya, A. T. (2018). “Pengembangan Program Pengajaran”, Jakarta: Rineka Cipta, 2018
Silviani, I. (2020). “Komunikasi Organisasi”, Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2020
Soemirat. (2018). “Pengertian Komunikasi Persuasif”, Jakarta: Rajawali Pers, 2018
Sugiyono. (2021).“Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R Dan D”, Bandung: Alfabeta, 2021
Suhartono, A., Lestari, B. B. (2020). “Peningkatan Kesadaran Pentingnya Pendidikan Keluarga Melalui Pelatihan Parenting Di Desa Kauman Kecamatan Sedayu Kabupaten Gresik”, Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 16 No. 1, Juni 2020
Suranto. (2005). “Komunikasi Perkantoran: Prinsip Komunikasi Untuk Meningkatkan Kinerja Perkantoran”, Yogyakarta: Media Wacana, 2005
Suwarno. (2020). “Pengantar Umum Pendidikan”, Jakarta: PT Rineka Cipta Gramedia, 2020, Cet. Ke-2
Syamsiah, H., & Utami, M. P. (2023). “Pendekatan Emosional Masyarakat Desa Negara Batin II Untuk Meningkatkan Kesadaran Pentingnya Pendidikan Bagi Anak”, Jurnal Diajar, Vol. 2 No. 1, Januari 2023
Syatriani, S. (2023). “Ilmu Kesehatan Masyarakat”, Makassar: Rizmedia Pustaka Indonesia, 2023
Thoib, I. (2019). “Pembelajaran Filsafat Pendidikan Islam: Membangun Muslim Berkarakter Kritis”, Mataram: Insan Madani Institute, 2019
Tubagus, S. (2021). “Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Yang Efektif Dalam Pembentukan Karakter Siswa”, Sumatera Barat: Insan Cendikia Mandiri, 2021
Undang-Undang Republik Indondesia Nomor 20 Tahun 2003, “Tentang Sistem Pendidikan Nasional”, Bab II, Pasal 3
Vries, L. D. (2017). “Effects Of Traditional Advertising And Social Messages On Brand-Building Metrics And Customer Acquisition”, Journal Of Marketing, Vol. 81 No. 05, September 2017
Waluya, B. (2020). “Sosiologi: Menyelami Fenomena Sosial Di Masyarakat”, Bandung: PT Setia Purna Inves, 2020
Wijaya, A. (2020). “Sosiologi: Menyingkap Fenomena Sosial Di Masyarakat”, Medan: Merdeka Kreasi Group, 2020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suryati, Muslimin, Nadia Sal Sabillah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.